Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruMengapa Olahraga Harus Pagi Hari, Kenali Alasannya

Mengapa Olahraga Harus Pagi Hari, Kenali Alasannya

Mengapa olahraga harus pagi hari merupakan pertanyaan yang masih sering orang lontarkan. Banyak orang yang masih bingung menyangkut waktu terbaik melakukan aktivitas fisik ini. Karena itu penting mengenali alasan dan manfaat olahraga pagi hari.

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting dan menjadi anjuran untuk kesehatan tubuh. Banyak orang yang melakukan olah fisik ini pada pagi hari namun tak sedikit pula yang waktu lainnya. Seperti pada sore atau malam hari.

Baca juga: Beda Manfaat Olahraga Pagi dan Malam yang Wajib Anda Tahu

Namun banyak orang yang beranggapan bahwa pagi hari adalah waktu yang sibuk. Hal inilah yang membuat mereka sering melewatkan momen untuk berolahraga.

Padahal jika anda rutin melakukan aktivitas fisik pada pagi hari, banyak sekali manfaat sehat yang bisa anda dapatkan. Baik untuk kesehatan fisik, mental, hingga manajemen waktu yang terorganisir.

Olahraga yang kita lakukan pada pagi hari memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Mulai dari kualitas udara yang baik hingga waktu yang cukup senggang.

Selain itu dengan menjalankan aktivitas tersebut, anda pun akan mendapatkan banyak kesempatan berharga untuk merencanakan aktivitas. Pasalnya olahraga saat pagi membuat anda bangun lebih awal.

Ini Alasan Mengapa Olahraga Harus Pagi Hari

Banyak keutamaan melakukan aktivitas fisik secara rutin pada pagi hari. Salah satunya tentu saja waktu terasa lebih senggang jika setiap hari anda bangun lebih pagi.

Nah, bagi anda yang masih enggan melakukan aktivitas fisik saat pagi, berbagai alasan mengapa olahraga harus pagi hari ini ini semoga bisa menambah keinginan anda untuk melakukan aktivitas sehat ini.

Kualitas Udara Masih Baik

Salah satu manfaat olahraga pagi hari adalah karena pada waktu tersebut udara belum terpapar polusi kendaraan maupun asap pabrik. Hal ini akan berdampak pada tubuh yang lebih sehat dan pikiran yang lebih segar.

Baca juga: Manfaat Menggeliat saat Bangun Tidur Pagi Hari untuk Kesehatan

Selain itu metabolisme tubuh akan aktif 4 sampai 10 jam setelah melakukan olahraga. Dari udara yang berkualitas inilah sistem kerja organ tubuh terutama jantung akan bekerja lebih optimal. Sehingga aktivitas Anda akan lebih lancar.

Baik Untuk Tulang

Sinar matahari pagi memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik bagi tulang. Hal inilah yang membuat mengapa olahraga harus pagi hari karena sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang.

Sehingga baik untuk balita, anak-anak hingga lansia. Bagi yang masih dalam tahap pertumbuhan, olahraga pagi ini bermanfaat membentuk tulang agar tubuh lebih tinggi dengan lebih cepat.

Selain itu ketika kita menghirup udara pagi yang masih segar, tubuh akan mendapatkan endorphin dalam jumlah yang cukup. Endorphin terutama berfungsi untuk meningkatkan semangat dalam melakukan aktivitas.

Meningkatkan Fokus

Suasana pagi masih terbilang sepi dan belum banyak polusi. Hal ini berdampak baik untuk meningkatkan fokus. Fokus yang meningkat akan membuat pikiran terbebas dari stress sehingga olahraga dapat kita lakukan dengan dan lebih tenang.

Dampak maupun manfaat olahraga pagi hari ini tentunya kita menjadi lebih fokus bekerja atau berfikir. Dari segi psikis pun konsentrasi dan kestabilan emosi mampu terjaga karena pikiran yang lebih fokus.

Tidak Mengganggu Aktivitas

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan segala aktivitas anda setiap harinya. Jika Anda mengawali dengan olahraga maka aktivitas anda yang lain pun tidak terganggu.

Baca juga: Manfaat Bangun Pagi Setiap Hari yang Banyak Orang Belum Tahu

Berbeda dengan yang olahraga pada waktu sore maupun malam hari. Bisa jadi pada waktu tersebut ada aktivitas yang harus kita korbankan.

Karena itulah mengapa olahraga harus pagi hari karena merupakan waktu yang paling baik dan tidak mengganggu aktivitas anda.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Seseorang yang memiliki kebiasaan tidur lebih awal akan bangun lebih pagi. Hal ini pun berlaku bagi yang kerap melakukan olahraga pada pagi hari. Karena bangun lebih pagi secara otomatis pada malam hari akan tidur lebih awal.

Tentu saja resiko insomnia akan terminimalisir karena kebiasaan olahraga tersebut. Berbeda dengan yang sering tidur larut biasanya akan sulit untuk bangun pagi dan kualitas tidurnya pun jauh lebih buruk.

Demikianlah berbagai alasan mengapa olahraga harus pagi hari. Selain ada banyak manfaat olahraga pagi, aktivitas dan pekerjaan kantor akan jauh lebih baik. Hal ini akan membentuk kebiasaan hidup sehat yang lebih menyeluruh. (R11/HR-Online)