Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruMengatasi Selangkangan Gatal dan Hitam dengan Obat Alami

Mengatasi Selangkangan Gatal dan Hitam dengan Obat Alami

Mengatasi selangkangan gatal dan hitam bisa menggunakan berbagai obat, baik yang alami maupun dari apotek. Namun agar efektif sebaiknya kenali juga faktor yang menyebabkan gangguan gatal tersebut.

Masalah gatal pada bagian selangkangan sebenarnya termasuk jenis gangguan yang sering terjadi. Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah karena jamur.

Gangguan ini jika kita biarkan bisa membuat si penderita tidak akan nyaman. Terlebih masalah ini biasanya kita alami dengan timbulnya rasa gatal.

Jika rasa gatal itu kita garuk maka bisa menimbulkan lecet, sehingga akan menyebabkan munculnya ruam pada kulit tersebut. Apabila sudah menjadi ruam, maka lama kemudian akan menghitam dan bisa meluas ke area lain.

Pada bagian selangkangan yang gatal akan terlihat warna coklat kemerahan dan berbentuk lapisan kulit yang mengembang.

Ternyata bukan hanya selangkangan saja yang menjadi terasa gatal. Tetapi bagian lipatan kulit sekitarnya juga mengikutinya. Bahkan tak jarang biasanya akan timbul juga pada sekitar bokong hingga ke paha.

Baca Juga: Mr P Gatal? Mungkin Ini Penyebabnya dan Obat Alami untuk Mengatasinya

Cara Mengatasi Selangkangan Gatal dan Hitam

Jamur merupakan salah satu penyebab selangkangan gatal dan menghitam. Oleh karena itu penting kita harus segera mengatasinya. 

Nah, berikut ini ada beberapa obat alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi selangkangan gatal dan hitam.

Bayam Duri

Bayam duri termasuk obat tradisional yang cukup populer bagi masyarakat kita dalam memberantas jamur pada selangkangan anda.

Cara pengolahannya juga mudah. Cucilah 5-10 bayam duri, lalu potong menjadi beberapa bagian sesuai selera saja. Selanjutnya bayam duri kita rendam menggunakan air bersih.

Setelah itu barulah kita rebus selama 20 menit. Tambahkan sedikit garam dan aduklah hingga merata. Air rebusan tadi bisa kita terapkan sebagai bahan mengompres pada daerah selangkangan yang terasa gatal.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Penyakit Jamur Kulit pada Tubuh

Daun Sirih

Daun sirih memang terkenal sebagai obat daerah kewanitaan, termasuk untuk mengatasi selangkangan gatal dan hitam.

Cara yang perlu kita lakukan adalah dengan mencuci bersih daun sirih sebanyak 10 lembar. Sebanyak 5 lembar kita gunakan untuk daerah selangkangan yang gatal. Sedangkan 5 lembar sisanya kita rebus selama 5 menit.

Cara penerapannya cukup mudah. Ambil selembar daun sirih kita gunakan untuk sekali gosok pada daerah gatal tersebut. Setelahnya buang daun sirihnya dan ganti dengan daun sirih yang baru. Lakukan begitu secara berkelanjutan.

Setelah itu, segera cuci bersih selangkangan dengan rebusan dari daun sirih. Cara ini perlu kita aplikasikan agar rasa gatal pada selangkangan dapat menghilang.

Asam Gelugur dan Asam Kandis

Ada asam gelugur dan asam kandis yang juga bisa Anda gunakan sebagai obat alami untuk mengatasi selangkangan gatal dan hitam. Herbal ini sangat efektif yang mampu mengatasi jamur pada kulit tersebut.

Baca Juga: Penyebab Pusar Bau dan Cara Mengatasinya, Penting untuk Diperhatikan

Cara pengolahannya dengan menyiapkan asam gelugur dan asam kandis yang masih coklat secukupnya. Setelah itu, rebuslah campuran air dari asam tersebut selama 10 menit.

Setelah agak hangat barulah kita oleskan pada jamur kulit ke bagian selangkangan. Aplkikasikan dengan rutin dan teratur cukup 2 sampai 3 kali sehari agar hasilnya optimal.

Daun Kecubung dan Minyak Kelapa

Cara selanjutanya adalah menggunakan daun kecubung dan minyak kelapa. Untuk caranya, silahkan ambillah 25 gram daun kecubung.

Langkah selanjutnya dengan menumbuk daun kecubung tersebut hingga terasa halus. Lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Setelah selesai tinggal kita panaskan campuran ramuan tadi sekitar 5 menit saja.

Lalu oleskan ramuan itu selagi hangat ke selangkangan yang sedang gatal. Terapkan cara ini secara rutin 2 atau 3 kali dalam sehari dan berkelanjutan hingga sembuh.

Bawang Putih, Lengkuas dan Cuka

Cara mengatasi selangkangan gatal dan hitam selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran bawang putih, lengkuas dan cuka.

Untuk aturan membuatnya adalah dengan mencuci terlebih dahulu bawang putih dan lengkuas secukupnya saja.

Jika perlu, giling hingga halus atau cukup kita tumbuk. Campurkan cuka ke dalamnya, lalu semua bahan kita aduk hingga seperti pasta. Terakhir oleskan pada daerah selangkangan sampai merata.

Itulah beberapa cara mengatasi selangkangan gatal dan hitam dengan menggunakan obat alami. Untuk mendapatkan hasil optimal, pilih salah satu herbal yang paling cocok dan lakukan secara rutin. (R11/HR-Online)