Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruMengatasi Tenggorokan Kering dan Radang, Ini Cara Alami yang Ampuh

Mengatasi Tenggorokan Kering dan Radang, Ini Cara Alami yang Ampuh

Mengatasi tenggorokan kering tidaklah sulit. Ada banyak bahan alami maupun makanan yang bermanfaat dalam mengatasi gangguan pada tenggorokan. Termasuk untuk Anda yang mengalami peradangan tenggorokan.

Peradangan pada tenggorokan merupakan jenis gangguan kesehatan yang sangat umum dan sering terjadi pada sebagian besar orang. Gangguan ini juga bukanlah penyakit serius yang dapat mengancam nyawa penderitanya.

Sebagian besar orang yang mengalami gangguan kesehatan berupa radang tenggorokan biasanya mengeluhkan beberapa gejala.

Seperti misalnya tenggorokan yang terasa kering atau suara parau. Karena itu banyak orang menyebutnya tenggorokan kering.

Namun kondisi ini bisa berkembang hingga menyebabkan iritasi dan peradangan. Pada kondisi ini tandanya yang muncul antara lain bersin-bersin, demam, pembengkakan pada kelenjar leher, bintik putih pada amandel, dan berbagai jenis gejala lainnya.

Tenggorokan yang mengalami peradangan memiliki istilah medis faringitis. Ini merupakan suatu gangguan kesehatan seperti rasa nyeri, iritasi, dan rasa gatal.

Gangguan yang terjadi pada tenggorokan ini juga akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada saat menelan ataupun berbicara.

Baca Juga : Penyebab Tenggorokan Kering Tak Selalu Karena Dehidrasi

Cara Mengatasi Tenggorokan Kering

Sekarang ini Anda bisa menemukan berbagai macam obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi radang atau tenggorokan yang kering.

Jika Anda penasaran, berikut ini beberapa cara dan bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi tenggorokan kering dan peradangan.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah gangguan tenggorokan maka Anda bisa menggunakan beberapa cara ini untuk menghilangkan dan mengatasinya secara alami.

Air Garam

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati radang atau tenggorokan kering secara alami adalah dengan air garam.

Jenis bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki sifat antiseptic. Sehingga akan berperan penting dalam membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan radang tenggorokan.

Baca Juga : Menghilangkan Lendir Tenggorokan dengan Cara Alami yang Aman

Untuk menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu melarutkan 1 sendok garam dalam satu gelas air hangat.

Kemudian gunakan sebagai air kumur. Bisa juga Anda minum larutan air garam tersebut namun sebaiknya jangan berlebihan.

Bawang Putih

Cara mengatasi tenggorokan kering selanjutnya yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan bawang putih. Bumbu dapur ini terkenal memiliki kandungan senyawa allicin yang sangat baik.

Senyawa ini ternyata berperan penting untuk membunuh bakteri yang menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan iritasi.

Untuk penggunaannya juga cukup mudah. Anda bisa mengunyah bawang putih yang masih mentah kemudian berkumurlah menggunakan air hangat.

Lemon Madu

Cara lainnya yang juga bisa Anda praktekkan untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan adalah dengan menggunakan lemon dan madu. Buah ini sendiri terkenal sangat kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan.

Baca Juga : Gejala Tenggorokan Sakit Saat Menelan dan Langkah Mengatasinya

Untuk menggunakannya Anda perlu memeras satu buah lemon untuk kita ambil airnya. Kemudian campurkan dengan satu gelas air hangat. Minumlah selagi hangat.

Anda juga bisa menambahkan madu sesuai selera agar terasa lebih enak. Setelah itu minumlah campuran madu dan lemon tersebut secara teratur hingga tenggorokan terasa lega dan tidak kering lagi.

Sup Ayam

Pilihan lain cara mengatasi tenggorokan kering adalah dengan mengonsumsi masakan sup ayam. Selain nikmat dan lezat, makanan ini ternyata juga mampu mengatasi gangguan tenggorokan yang kita alami.

Sup ayam menjadi obat yang paling enak untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan. Apalagi jika Anda tidak suka obat kimia, maka Anda bisa memakan sup ayam sebagai gantinya.

Kuah hangat dari sup ayam akan membantu meringankan gejala radang tenggorokan. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam sup ayam juga sangat lengkap sehingga akan membantu meningkatkan imun tubuh Anda.

Jahe

Obat alami radang tenggorokan lainnya untuk membantu mengatasi gangguan pada tenggorokan adalah dengan menggunakan jahe.

Rimpang ini merupakan salah satu jenis rempah yang sudah terkenal luas akan khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

Jahe sendiri memiliki kandungan senyawa zingiberen yang berperan penting untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Jenis herbal yang satu ini juga berkhasiat meringankan tenggorokan yang kering dan mengalami peradangan.

Demikianlah beberapa cara mengatasi tenggorokan kering dan peradangan dengan bahan alami. Selain murah dan mudah mendapatkannya, obat herbal ini juga terbilang ampuh untuk melegakan tenggorokan yang terganggu. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -