Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita TerbaruMenggunakan Ban Mobil Lebih Lebar untuk Harian, Ini Nilai Plus Minusnya

Menggunakan Ban Mobil Lebih Lebar untuk Harian, Ini Nilai Plus Minusnya

Menggunakan ban mobil lebih lebar untuk aktifitas harian memang memiliki beberapa kelebihan. Namun bukan berarti tidak ada kekurangannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda ketahui dulu nilai plus minusnya sebelum memutuskan untuk mengganti ban standar dengan yang lebih lebar.

Banyak pemilik mobil melakukan modifikasi pada bagian eksterior dengan menggunakan pelek yang berdiameter lebih besar. Tentu saja ukuran ban pun harus menyesuaikan menjadi lebih lebar.

Apalagi ditambah dengan bodi kendaraan yang dibikin lebih ceper supaya tampilannya bisa lebih ganteng maksimal.

Jika Anda menggunakan ban yang lebih lebar dari aslinya, ada sejumlah kelebihan serta kekurangan yang harus Anda cermati. Ini penting untuk Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan ban mobil lebih lebar. Termasuk juga dengan peleknya.

Disebut ban lebih lebar karena memang ukuran lebarnya lebih dari standar. Contohnya, kalau ban standar lebarnya antara 200-215 mm, sedangkan ban lebar ukurannya bisa sampai mencapai antara 225-245 mm.

Baca Juga : Ban Mobil Tanpa Udara dan Cara Kerjanya, Tak Perlu Lagi Isi Angin

Tentu saja dengan penambahan lebar itu terdapat beberapa faktor yang harus mengalami peningkatan, serta beberapa faktor lainnya juga mengalami penurunan.

Mengutip dari Deltalube, jika menggunakan ban yang lebih lebar, Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan. Berikut ini detailnya;

Konsekuensi Menggunakan Ban Mobil Lebih Lebar

Nilai Plus Memakai Ban Lebar

Dalam kondisi jalan yang kering maupun basah, ban dengan ukuran lebih lebar mampu mereduksi jarak saat pengereman mobil.

Hal itu karena terdapat peningkatan hambatan pada rolling resistance (gulir) serta grip ban. Sehingga mobil bisa berhenti meski dalam jarak yang lebih pendek.

Baca Juga : Fungsi Alur pada Ban Kendaraan Sesuai dengan Jenisnya

Nilai plus lainnya jika menggunakan ban mobil lebih lebar yaitu, ban tersebut mampu memberikan performa pengendalian lebih baik. Ini karena traksi ban yang lebih besar ketimbang ban berukuran lebih pipih.

Bahkan ketika menikung cepat, pergeseran bodi mobil akan lebih minim. Selain itu, pada saat mengangkut barang dengan jumlah banyak, maka pengendalian mobil pun akan lebih terjaga.

Termasuk dalam akselerasi, traksi ban yang lebih besar juga bisa membuat ban mampu mencengkram aspal jalan lebih baik. Dengan begitu, mobil menjadi lebih cepat bergeraknya.

Nilai Minus Penggunaan Ban Lebar

Selain nilai plus, menggunakan ban mobil lebih lebar juga ada nilai minusnya. Misalnya saat hujan dandi jalan terdapat genangan air.

Baca Juga: Ban Mobil Tanpa Udara dan Cara Kerjanya, Tak Perlu Lagi Isi Angin

Jika kondisinya demikian, maka gejala aquaplaning akan muncul saat kecepatan mobil lebih rendah. Itu karena friksi ban ke jalan bisa lebih cepat hilangnya, sehingga lebih cepat juga mobil akan kehilangan pengendalian.

Nilai minus selanjutnya jika menggunakan ban mobil lebih lebar yaitu, ban cenderung akan menghasilkan suara yang lebih bising pada saat melaju.

Suara bising tersebut membuat kenyamanan ketika berkendara menjadi berkurang. Namun jika Anda tepat dalam memilih pelek, maka suara bising itu bisa lebih ditekan.

Terkadang ukuran ban yang lebih lebar melebihi ruang pada spakbor mobil. Supaya tidak terjadi gesekan, Anda harus melipat atau menggulung bibir spakbor. Hal ini agar gerakan kekiri dan kanan serta naik-turun ban tidak akan terganggu.

Nilai minus lainnya menggunakan ban mobil lebih lebar yaitu, radius putar kendaraan juga bisa lebih lebar lantaran pada saat ban bergerak kekiri dan kanan, berhentinya menjadi lebih awal. (R3/HR-Online)

- Advertisment -