Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruMenghilangkan Kutu Rambut Dengan Herbal, Ini Pilihannya

Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Herbal, Ini Pilihannya

Menghilangkan kutu rambut sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya dengan menggunakan herbal. Ada banyak tanaman berkhasiat yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi gangguan pada kulit kepala ini.

Kutu rambut merupakan salah satu jenis gangguan yang termasuk umum terjadi. Utamanya jika anda kurang menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala tentu akan menimbulkan banyak masalah.

Anda akan terus membiarkan kutu rambut tersebut hidup dan berkembang jika tidak segera menanganinya dengan cepat dan tepat.

Hal ini karena cara berkembang biak kutu rambut sangatlah cepat. Jadi, hati-hati bagi anda yang bersih dari kutu bisa saja tertular oleh rambut yang mengalami gangguan kutu.

Untuk Anda yang ingin menghilangkan kutu rambut dengan cepat sebenarnya caranya cukup mudah. Hanya saja ini membutuhkan usaha yang rutin dalam proses perawatannya.

Salah satu alternatifnya Anda bisa menjemur kulit kepala di bawah sinar matahari langsung. Ini akan membuat kutu rambut merasa kepanasan dan naik ke permukaan rambut. Gunakan hair dryer untuk menghancurkan kutu-kutu tersebut.

Baca Juga : Hati-hati, Anak Sering Main Tablet Mudah Terkena Kutu Rambut

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Obat Alami

Sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sering menggunakan metode alami dalam pengobatan kesehatan. Begitupun membasmi kutu rambut, banyak herbal yang terpercaya ampuh untuk mengatasinya.

Ini dia berbagai bahan alami yang bisa menjadi obat pembasmi untuk menghilangkan kutu rambut yang bisa Anda gunakan. Pilih saja yang mudah dan sesuai dengan kondisi rambut maupun masalah kutu yang Anda alami.

Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa bermanfaat dalam mengobati kutu rambut yang berlebih. Bahan herbal ini juga telah menjadi tradisi dalam masyarakat kita untuk perawatan rambut indah.

Cara untuk melakukannya juga cukup mudah yaitu mengoleskan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala. Setelahnya tutuplah dengan shower cup, tunggulah hingga beberapa jam kemudian.

Selanjutnya tinggal membilas menggunakan shampo supaya kutu rambut dapat hilang. Terapkan secara berkelanjutan sampai kutu rambut Anda bersih seketika.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok, Ketombe dan Kutu Secara Permanen

Dengan Bawang Merah

Siapa yang tak mengenal bawang merah. Ya, salah satu bumbu masakan yang populer ini juga berfungsi penting dalam melenyapkan kutu rambut. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi gangguan rambut Anda.

Cara yang satu ini sangat ampuh yang sudah terpercaya sejak dulu. Ini karena kandungan pada bawang putih ternyata tidak disukai kutu rambut.

Proses pembuatannya juga mudah, yaitu bawang merah kita haluskan dengan menumbuknya. Setelah itu oleskan pada rambut sampai terlihat merata. Aplikasikan pengobatan ini secara berulang hingga kutu menghilang.

Menggunakan Cuka Putih

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah menggunakan cuka. Bahan alami ini sangat berguna dalam membasmi kutu rambut.

Gunakan cuka putih yang akan membuat telur kutu rambut tidak dapat menetas. Sehingga ini bisa untuk pencegahan agar pertambahan kutu yang semakin banyak kita halangi.

Baca Juga : Manfaat Air Cucian Beras untuk Kesehatan Rambut Lebih Berkilau

Anda cukup menerapkan dengan dioleskan cuka putih ke seluruh permukaan rambut. Diamkan selama 2 jam supaya cuka dapat bekerja untuk mematikan telur kutu yang akan menetas. Keramaslah setelahnya dengan shampo biasa.

Dengan Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Jeruk nipis yang kita padukan dengan minyak kayu putih cukup efektif menghilangkan kutu rambut. Begitu pula cara yang kita lakukan terbilang sederhana.

Langkah pertama sebaiknya Anda siapkan 4 sdm perasan air jeruk nipis. Kemudian tambahkan dengan minyak kayu putih. Setelah itu aduklah sampai merata campurannya.

Selanjutnya Anda bisa oleskan pada rambut. Diamkan obat ramuan tersebut bekerja hingga 2 jam. Setelah itu barulah Anda bilas dengan keramas seperti biasa. Lakukan dengan rutin agar optimal.

Dengan Minyak Zaitun

Sudah lama minyak zaitun menjadi cara pengobatan yang tradisional sebagai obat alami mengatasi kutu rambut. Herbal ini juga bermanfaat untuk merawat rambut agar indah dan sehat.

Cukup mudah pula dalam melakukannya. Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke area kulit kepala. Lakukan sambil dengan memijit ringan agar nutrisinya meresap.

Hal ini akan mengakibatkan kutu rambut terasa lemas sehingga mematikan telur kutu. Terapkan cara ini setiap malam selama satu minggu secara rutin dan konsisten.

Demikian cara yang dapat anda coba untuk membunuh para kutu pada rambut kepala. Untuk bisa menghilangkan kutu rambut secara efektif hingga tuntas lakukan secara teratur. Perawatan rambut yang rutin juga perlu Anda lakukan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -