Kamis, November 25, 2021
BerandaBerita TerbaruMenghilangkan Lendir Tenggorokan dengan Cara Alami yang Aman

Menghilangkan Lendir Tenggorokan dengan Cara Alami yang Aman

Menghilangkan lendir tenggorokan bisa kita lakukan dengan berbagai cara maupun bahan. Baik dengan obat yang kita beli dari apotek maupun menggunakan herbal alami. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Lendir yang terdapat pada tenggorokan pastinya sangatlah mengganggu. Terdapatnya sekumpulan lendir yang ada dalam tenggorokan ini bisa terjadi oleh berbagai macam faktor.

Faktor penyebab gangguan ini antara lain bisa terjadi karena adanya infeksi dari virus atau bakteri, debu, faktor cuaca, asap rokok, dan berbagai macam faktor lainnya.

Gangguan lendir yang ada pada tenggorokan juga merupakan masalah yang sangat umum terjadi pada banyak orang. Mulai dari anak-anak bahkan hingga orang tua. Tak sedikit juga artis penyanyi yang mengalaminya.

Gangguan lendir yang terkumpul dalam tenggorokan tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Gangguan ini juga bisa menyebabkan timbulnya rasa pahit pada mulut yang berujung pada menurunnya nafsu makan.

Jika terjadi pada anak-anak biasanya gangguan ini akan menyebabkan anak menjadi kurus. Karena itu sebagai orang tua kita perlu memberikan penanganan yang tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga : Obat Radang Tenggorokan Alami, Ini Pilihan yang Efektif

Cara Menghilangkan Lendir Tenggorokan yang Aman

Meskipun terlihat sepele, namun gangguan lendir yang terdapat pada tenggorokan akan sangat mengganggu aktivitas keseharian Anda. Jika Anda biarkan tentunya akan berujung pada produktivitas yang menurun.

Nah, berikut ini beberapa pilihan cara menghilangkan lendir tenggorokan dengan bahan alami. Selain mudah kita lakukan, cara ini juga aman dan bisa Anda lakukan dari rumah saja.

Minuman Jahe

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghalau lendir pada tenggorokan adalah dengan konsumsi minuman jahe.

Jenis tanaman herbal yang satu ini memang sudah terkenal secara luas untuk mengobati gangguan pada saluran pernapasan, termasuk gangguan tenggorokan.

Untuk melakukannya Anda perlu membuatnya dengan cara merebus jahe dalam air hingga mendidih. Setelah itu saring dan minum selagi hangat. Anda juga bisa mencampurkan jahe ke dalam susu ataupun the agar lebih nikmat.

Baca Juga : Sakit Tenggorokan Sebelah Kanan, Kenali Penyebabnya

Jeruk Nipis

Cara menghilangkan lendir tenggorokan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan jeruk nipis.

Buah yang rasanya asam ini terkenal kaya dengan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengusir bakteri.

Untuk menggunakannya, siapkan satu buah jeruk nipis. Kemudian potong dua bagian dan peraslah untuk kita ambil airnya. Setelah itu campurkan dengan satu gelas air hangat.

Anda juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis. Selanjutnya minum air perasan jeruk nipis ini selagi hangat untuk menghilangkan lendir pada tenggorokan.

Ramuan Kunyit

Cara menghilangkan lendir tenggorokan selanjutnya yang juga bisa Anda praktekkan yaitu dengan menggunakan ramuan kunyit. Rimpang ini sendiri merupakan suatu tanaman herbal yang sifatnya dapat membunuh kuman.

Siapkanlah beberapa ruas kunyit kemudian parut. Setelah itu peraslah hingga keluar airnya dan campurkan dengan segelas air hangat, lalu minumlah secara teratur untuk menghilangkan gangguan lendir pada tenggorokan Anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Berdasarkan Penyebabnya

Daun Mint

Daun mint juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan lendir yang ada pada tenggorokan. Metode ini sebenarnya termasuk popular dalam pengobatan tradisional masyarakat kita.

Daun mint terkenal sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk bisa melegakan tenggorokan, dan sering kita gunakan sebagai ramuan pengencer dahak.

Untuk menggunakannya, siapkan beberapa lembar daun mint yang telah Anda cuci bersih. Kemudian masukkan dalam air panas dan diamkan. Tunggu hingga hangat kemudian Anda bisa meminumnya.

Bawang Putih

Bahan dapur juga bisa menjadi bahan herbal sebagai alternatif yang cukup efektif untuk menghilangkan lendir tenggorokan yang sering mengganggu.

Rimpang bawang ini sendiri terkenal sebagai bumbu masak yang sering kita temukan di dapur. Tanaman ini mengandung antibiotik yang memiliki peran penting untuk membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan.

Anda bisa mengkonsumsinya dengan menelannya secara langsung begitu saja. Bisa juga Anda mencampurkan dalam masakan yang Anda konsumsi.

Selain itu, Anda juga bisa menggosokkannya ke sekitar leher untuk melegakan tenggorokan.

Itulah beberapa alternatif cara menghilangkan lendir tenggorokan yang bisa Anda lakukan. Apabila Anda sedang mengalami masalah lendir tenggorokan, Anda bisa memilih dan mempraktekkan beberapa bahan herbal yang ada tersebut. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru