Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruMenu Sarapan Pagi yang Sehat, Praktis dan Murah

Menu Sarapan Pagi yang Sehat, Praktis dan Murah

Menu sarapan pagi yang sehat sangat penting untuk mendukung berbagai aktivitas yang kita lakukan selama seharian. Selain untuk menyuplai energi, makanan yang tepat juga berguna untuk melindungi tubuh terhadap berbagai virus dan bakteri.

Sarapan pagi adalah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh pertama kali pada waktu pagi hari. Hal ini tentu saja menjadi penting sebab tubuh membutuhkan sumber energi untuk memulai aktivitas setiap harinya.

Maka dari itu setiap hari Anda jangan sesekali melewatkan sarapan pagi. Dalam melakukan makan pagi tentu saja ada kaitannya dengan menyiapkan menu yang sehat-sehat.

Ketika akan memilih menu yang sehat untuk sarapan pagi Anda juga tidak perlu bingung. Ada banyak jenis makanan yang bisa menjadi pilihan yang murah, praktis, dan juga enak.

Pilihan Menu Sarapan Pagi yang Sehat

Sebelum membahas tentang menu sarapan pagi yang sehat, ada beberapa tips dalam membuat atau memilih menu makan yang tepat.

Ketika Anda akan melakukan sarapan pagi, pilihlah hidangan atau menu makanan yang tidak terlalu kenyang dari berbagai jenis makanan berat.

Baca Juga : Menu Sarapan Sehat, Inspirasi Makanan yang Simpel dan Enak

Kalaupun dengan nasi, sebaiknya makan secukupnya saja. Karena hal ini bisa menyebabkan Anda menjadi tidak semangat dalam melakukan aktivitas.

Malah justru sebaliknya, Anda akan menjadi mudah lelah dalam melakukan aktivitas dan juga mudah mengantuk.

Agar Anda bisa terhindar dari hal tersebut Anda perlu memilih menu sarapan pagi yang tepat. Nah, berikut ini pilihan menu sarapan sehat bisa menjadi rekomendasi untuk Anda bersama keluarga tercinta.

Roti Tawar dan Susu

Menu sarapan pagi yang sehat pertama adalah roti tawar dan susu. Makan pagi dengan roti tawar semakin populer dan banyak yang menyukainya.

Meski ini lebih meniru gaya hidup kebaratan namun sangat praktis, mudah membuatnya, dan juga cukup mengenyangkan.

Apalagi saat ini ada banyak bentuk roti tawar yang bisa kita beli dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca Juga : Hindari Sarapan Kopi Sambil Makan Gorengan, Ini Bahayanya untuk Kesehatan

Namun agar memberikan asupan nutrisi, Anda bisa mengkombinasikan roti dengan mentega dan toping yang Anda sukai. Seperti meses atau yang lainnya. Bisa juga Anda menggunakan telur mata sapi.

Sedangkan untuk minumnya bisa dengan susu yang akan menjadi sajian lengkap. Ini juga merupakan menu sarapan pagi yang praktis dan menyehatkan.

Menu ini sangat mudah dan simpel, terutama apabila Anda bangun kesiangan serta tidak sempat dalam menyiapkan masakan atau hal lainnya. Menu ini juga bisa menjadi variasi jika Anda bosan dengan menu lainnya.

Karbohidrat dan kalsium yang terkandung pada roti tawar dan susu tidaklah kecil. Nutrisi pada makanan ini juga mampu memenuhi kebutuhan tubuh dan meningkatkan energi tubuh secara maksimal.

Sereal dan Susu

Pilihan lainnya menu sarapan pagi yang sehat adalah dengan mengonsumsi sereal dan susu. Menu ini juga termasuk menu makan pagi yang paling mudah dan cepat penyajiannya.

Baca Juga : Hindari Sarapan Kopi Sambil Makan Gorengan, Ini Bahayanya untuk Kesehatan

Cukup hanya dengan menyiapkan sereal dalam mangkuk lalu susu tinggal kita tuangkan ke dalam mangkuk yang telah berisi sereal tersebut. Setelah itu langsung bisa Anda jadikan sarapan pagi yang enak dan sehat bersama keluarga.

Nasi Omelet

Menu sarapan pagi yang satu ini juga sangat mudah. Apalagi kalau nasi sudah tersedia tapi lauknya belum siap.

Anda langsung saja membuat omelet atau telur yang kita goreng menjadi menu makan pagi yang praktis.

Dalam membuat omelet alangkah baiknya kita mengolahnya dengan menggoreng setengah matang. Ini penting agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak ketimbang dengan menggoreng matang.

Minuman Bernutrisi

Untuk menu yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi minuman yang bernutrisi. Pada era modern seperti sekarang ini banyak sekali minuman bernutrisi yang rasanya bermacam-macam dan banyak tersedia di pasaran.

Dengan begitu bisa menjadi pilihan Anda bila tidak sempat menikmati sarapan pagi. Cukup dengan segelas minuman bernutrisi sebagai pengganti sarapan untuk menunjang energi dalam tubuh.

Demikian beberapa pilihan menu sarapan pagi yang sehat dan bisa Anda siapkan untuk Anda bersama keluarga.

Selain cukup praktis, menu makan ini juga murah dan mengandung gizi yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -