Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruMenundukkan Pandangan Bagi Wanita Hal Penting Harus Diperhatikan

Menundukkan Pandangan Bagi Wanita Hal Penting Harus Diperhatikan

Menundukkan pandangan bagi wanita nyatanya masih saja dan terus menjadi pembahasan yang penting. Mengapa selalu wanita yang diatur dalam Islam? Sebenarnya tidak demikian. Tapi dalam Islam, perempuan mempunyai banyak aturan.

Mengapa harus perempuan? Kalau keluar harus menutup aurat, tak boleh sedikitpun ada yang tampak.

Memang betul jika perempuan itu harus menjaga auratnya. Pasalnya, jika tidak, maka akan menyebabkan kerugian untuk dirinya sendiri dan orang yang mereka sayang.

Siapakah dia? Tepat sekali ayah. Bukankah Islam itu mengajarkan satu helai rambut saja yang keluar, maka sama dengan kita memberi satu langkah jalan untuk ayah kita sendiri ke neraka?

Seharusnya kita sebagai perempuan, dapat merasakan kasih sayang Allah SWT. Pasalnya, Allah SWT sangat memuliakan kaum Hawa. Bahkan sampai mulianya perempuan itu dalam Al-Qur’an memiliki satu surat khusus.

Banyak terdapat ayat yang menjelaskan tentang kewajiban sebagai perempuan, yang harus begini, begitu. Hanya untuk memberi perlindungan karena mereka itu mutiara yang harus senantiasa terjaga kemurniannya.

baca juga: Keistimewaan Siti Khadijah Jadi Inspirasi untuk Para Wanita Muslimah

Kewajiban Menundukkan Pandangan Bagi Wanita

Dengan tujuan menjadi dan memberi perlindungan kepada manusia, maka Allah SWT menurunkan perintah untuk menundukkan pandangan bagi wanita. Sebagaimana dalam firman Allah SWT Al-Qur’an surat An-Nur ayat 30-31 menjelaskan tentang hal tersebut.

Jika pada ayat 30 memberi perintah kepada kaum laki-laki beriman supaya menjaga pandangannya.

Kemudian pada ayat 31, memberikan perintah kepada kaum perempuan untuk tetap menundukkan pandangannya, menjaga kemaluan, jangan menampakkan perhiasannya yang sudah terbiasa terlihat, serta menutupkan kain kerudung.

Mengacu dari surat An-Nur ayat 31 tersebut, sudah mewakili semua perintah untuk wanita. Salah satunya adalah tetap menundukkan pandangan.

Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi penyebab bertambahnya dosa. Dalam Islam, menundukkan pandangan itu juga mempunyai persamaan gadhul bashar.

Pernahkah Anda mendengar suatu peribahasa yang mengatakan bahwa mata itu merupakan jendela hati. Jadi, barang siapa yang menjaga matanya, akan bagus juga hatinya.

Suatu pandangan juga akan melintaskan pikiran. Kemudian akan kita lintaskan pikiran tersebut sebagai ucapan atau lainnya. Nah, sebenarnya itulah yang akan menjadi penyebab bertambahnya dosa kita karena syahwat.

Sedangkan untuk syahwat sendiri itu ada sebab terdapat keinginan yang menuntun kita kepada perwujudan nyata.

Dengan adanya hal ini, harapannya sudah tidak ada pertanyaan kenapa harus menundukkan pandangan bagi wanita. Sebab laki-laki juga demikian, dengan tujuan untuk melindungi.

baca juga: Istri Nabi Ayyub, Wanita Sholehah Setia pada Pasangan yang Jadi Teladan

Gadhul Bashar dalam Islam

Dalam bahasa Arab, gadhul bashar berasal dari kata Gadda serta Basara. Gadda yang artinya adalah menundukkan, merendahkan, memejamkan, atau tidak mengindahkan.

Sedangkan kata basara artinya adalah menerobos penglihatan atau pengetahuan terhadap suatu hal.

Mengenai hal ini, M. Quraish Shihab juga menuliskan bahwa menahan pandangan berarti kita mengalihkan pandangan serta tak memantapkan pandangan tersebut dalam waktu lama terhadap suatu hal terlarang maupun kurang baik.

Dengan alasan pembahasan mengenai menundukkan pandangan bagi wanita, maka apa saja hal-hal yang terlarang bagi wanita itu?

Teramat banyak. Salah satunya adalah lawan jenis. Sebagai suatu yang wajar jika wanita itu memiliki ketertarikan terhadap lawan jenis. Namun dalam hal ini, para wanita salah menafsirkan.

Padahal jika tidak memiliki kaitan hubungan sebagai mahram, itu akan menimbulkan banyak dosa. Setiap wanita juga akan melihat atau mengatakan ketampanan laki-laki apabila memang ia adalah tampan.

Kata tampan ini memiliki banyak definisi. Ada yang tampan itu sebab dia putih, hidungnya mancung, ataupun tidak merokok. Ada juga tampan itu karena pandai ngaji dan memiliki pengetahuan tentang agama.

Nah, dalam hal ini, perempuan sering lupa sebenarnya apa yang harus dilakukan. Padahal sudah sangat jelas Allah SWT memberi peringatan guna menundukkan pandangan bagi wanita.

baca juga: Wanita Harus Biasakan Melakukan Ini Sebelum Tidur Malam

Untuk Melindungi Diri Sendiri

Jika kita mengacu kepada kehidupan wanita zaman sekarang ini, banyak yang tidak mengamalkan QS. An-Nur. Justru mereka melihatnya dengan begitu puasnya terhadap apa yang terlarang untuknya. Hal itu bisa juga kita lihat dari cara pacaran pada sekarang ini.

Apa yang kita lakukan selaku saudara sesama muslim jika mendapati penampakan yang demikian? Sebisa mungkin kita menasihatinya bahwa dalam ajaran agama kita itu terdapat perintah untuk menundukkan pandangan bagi wanita dan laki-laki.

Namun apakah itu mudah? Tidak, mereka seolah menutup telinga untuk hal ini. Lebih tepatnya, sudah masuk perangkap setan. Padahal apa tujuan Allah memberikan perintah tersebut?

Ya, kembali ke penjelasan awal, hanya untuk melindungi diri kita sendiri dari hal-hal yang akan berdampak buruk. Baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat. Untuk itu, marilah kita sadari akan pentingnya menundukkan pandangan bagi wanita dan laki-laki. (Muhafid/R6/HR-Online/ Editor Muhafid)

- Advertisment -