Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita CiamisMitos Cai Mulang di Ciamis, Airnya Mengalir dari Hilir ke Hulu

Mitos Cai Mulang di Ciamis, Airnya Mengalir dari Hilir ke Hulu

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Mitos cai mulang di Blok Karag, Desa Gereba, Kecmatan Cipaku, Kabupaten Ciamis masih banyak warga yang mempercayainya, meski zaman sudah modern.

Pada umumnya, air mengalir dari hulu ke hilir. Namun di lokasi tersebut konon justru sebaliknya yang mana airnya mengalir dari hilir ke hulu.

Air yang bersumber dari Rungkun Gereba Menak tersebut terkenal dengan cai mulang oleh masyarakat setempat.

Akim, sesepuh setempat, membenarkan masih banyak warga yang meyakini air di lokasi tersebut mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

“Biasanya ada yang mengambil untuk mandi. Setelah itu secara perlahan katanya penyakitnya akan sembuh sendiri,” ujarnya kepada HR Online, Kamis (18/11/2021).

baca juga: Mitos Jembatan Cihambirung Ciamis, Pantang Dilewati Calon Pengantin

Selain bisa menyembuhkan penyakit, warga juga ada yang meyakini airnya bisa mengembalikan guna-guna.

Sehingga, ia pun tak heran bila melihar banyak orang pada malam tertentu datang ke lokasi tersebut untuk mengambil air.

Usman Ali, perangkat desa, juga mengatakan hal senada. Meski saat ini zaman sudah modern, namun masih banyak warga yang mempercayai mitos cai mulang.

Warga sekitar, lanjutnya, menyebutnya sebagai Kerajaan Ipri yang mana penghuninya adalah seekor ular hitam buntung yang kerap menjelma manjadi manusia.

“Soal ini kita kembalikan ke masing-masing, apakah benar atau tidak. Yang jelas, mitos ini sudah menjadi cerita turun temurun,” pungkasnya. (Eji/R6/HR-Online/Editor Muhafid)

- Advertisment -