Selasa, Januari 25, 2022
BerandaBerita TerbaruMotor Tidak Bisa Dikunci Stang, Atasi dengan Tepat untuk Keamanan

Motor Tidak Bisa Dikunci Stang, Atasi dengan Tepat untuk Keamanan

Motor tidak bisa dikunci stang menjadi masalah tersendiri yang harus segera dihadapi. Jika masalah ini Anda hadapi, bisa lakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Sepeda motor banyak sekali masyarakat pilih saat ini.

Tidak hanya kaum pria saja yang menggunakan kendaran tersebut untuk berbagai aktivitas. Akan tetapi, banyak juga kaum wanita yang memilih menggunakan sepeda motor.

Dengan kemudahan yang bisa Anda lakukan, membuat penggunaan sepeda motor cukup membantu. Namun dengan kemudahan yang Anda dapatkan, tentu tidak terlepas dari yang namanya perawatan.

Sebaiknya sebagai pemilik kendaraan selalu memberikan perawatan secara berkala. Bahkan segera ganti komponen yang sudah tidak layak untuk digunakan.

Mengingat kebutuhan sepeda motor semakin besar, membuat setiap perusahaan berlomba-lomba untuk memberikan fitur canggih dan modern. Salah satu yang cukup utama yaitu dari segi keamanan.

Kunci kontak menjadi fitur keamanan pada sepeda motor. Namun ada juga masalah yang bisa terjadi, termasuk motor tidak bisa dikunci stang.

Meski sudah ada kunci pengaman magnet modern, nyatanya juga tidak bisa terlepas dari yang namanya masalah. Saat kondisi ini Anda hadapi, segera cari tahu bagaimana cara untuk mengatasinya.

Baca Juga : Fungsi CDI Motor pada Sistem Pengapian Lengkap dengan Komponennya

Mengatasi Motor Tidak Bisa Dikunci Stang

Meski saat ini banyak perusahaan sepeda motor dengan berbagai fitur menarik, namun semua tidak bisa lepas dari masalah.

Walau sudah mengantongi teknologi canggih, akan tetapi tidak luput dari kerusakan. Salah satu yang bisa menimbulkan permasalahan yaitu pada bagian kunci stang.

Biasanya kunci stang macet atau justru tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika masalah tersebut Anda alami, jangan sampai panik. Pastikan Anda tahu masalah ini lebih awal.

Sehingga mengatasinya pun akan lebih cepat. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi motor tidak bisa dikunci stang.

Ketika shutter tidak bisa terbuka dan anak kunci tak dapat ke arah lock, tentu mempersulit Anda. Faktor yang menyebabkan munculnya masalah ini cukup beragam. Namun cara untuk mengatasinya hampir sama.

Mengatasi motor tidak bisa dikunci stang hampir sama dengan ketika kunci macet. Bahkan terkadang pemilik kendaraan memaksanya agar bisa berfungsi dengan sempurna.

Baca Juga : Keunggulan Powder Coating untuk Komponen Kendaraan Bermotor

Padahal jika hal ini terjadi, tentu akan merusak komponen tersebut. Hingga akhirnya kunci tidak bisa berfungsi dengan sempurna. Bahkan bisa terjadi kunci patah akibat Anda paksa.

Apalagi jika kunci motor sudah berusia lama. Jangan sampai Anda melakukan hal tersebut. Berikut ini ada langkah mudah mengatasi motor bermasalah.

Cara Mengatasi Kunci Stang Bermasalah dengan Minyak Goreng

Saat kunci mengalami macet atau tidak bisa berfungsi sempurna, Anda bisa gunakan langkah pertama yaitu menggunakan minyak goreng. Anda cukup celupkan kunci kontak motor ke dalam minyak goreng.

Jika tidak, Anda juga bisa mencobanya menggunakan pelumas sejenis minyak goreng. Pastikan hanya pada anak kuncinya saja.

Setelah langkah pertama Anda lakukan, saatnya coba masukkan anak kunci ke dalam lubangnya.

Anda bisa mencoba mengulanginya beberapa kali. Setelah itu, coba memutar anak kunci dari posisi lock ke off. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali dengan memutarnya.

Jika kunci Anda putar dan terasa ringan lancar, bisa saja masalah tersebut teratasi. Anda bisa mencoba melakukannya berulang sehingga kunci berfungsi kembali. Cara ini cukup aman untuk mengatasi motor tidak bisa dikunci stang.

Baca Juga : Gas Motor Tersendat, Kenali Penyebab yang Timbul pada Teknologi Injeksi

Fungsi Kunci Stang pada Sepeda Motor

Kunci menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan. Salah satunya sebagai alat untuk membuka dan menutup stang kendaraan. Ketika Anda hendak menggunakan kendaraan tersebut, bisa membuka kunci stang motor.

Namun sebaliknya jika Anda hendak memarkirkan kendaraan, kunci stang menjadi cara yang aman. Sehingga risiko terjadinya pencurian sepeda motor akan berkurang.

Fungsi dari kunci stang membuat kendaraan tidak bisa bergerak secara bebas. Namun jika kunci stang tidak berfungsi, tentu akan membuat Anda merasa was-was.

Agar masalah ini tidak membuat Anda panik, sebaiknya segera atasi dengan langkah di atas. Sehingga motor tidak bisa dikunci stang dapat Anda perbaiki dengan cepat. Hal ini akan membantu kendaraan tetap terjaga keamanannya. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -