Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruMotor Tidak Bisa Diselah, Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Motor Tidak Bisa Diselah, Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Motor tidak bisa diselah menjadi masalah yang sering dihadapi oleh pemiliknya. Sepeda motor memang mampu membantu semua orang lebih cepat sampai tujuan.

Selain itu, kendaraan roda dua ini juga cocok Anda kenakan pada area jalan yang sering macet. Banyaknya komponen yang berada pada sepeda motor berperan penting guna membuat kendaraan bisa optimal.

Semua komponen memiliki masa penggunaan yang tidak sama. Kendala yang sering mengganggu semua pengendara sepeda motor pun beda. Salah satunya yang sering terjadi yaitu pada bagian starter.

Sistem starter merupakan sebuah rangkaian elektronik yang berfungsi untuk memutar poros engkol. Sehingga menimbulkan pembakaran pertama pada bagian mesin kendaraan.

Dengan adanya sistem inilah, proses menghidupkan mesin bisa terjadi. Namun sayangnya, komponen tersebut tidak bisa terlepas dari namanya masalah. Sehingga sepeda motor akan tetap mati meski kita starter.

Jika sudah terjadi seperti ini, Anda harus engkol atau motor diselah. Jika sudah Anda lakukan juga tidak nyala, tentu ada masalah lain yang terjadi. Masalah yang timbul akibat hal ini cukup beragam.

Beberapa faktor penyebab tersebut harus Anda ketahui. Sehingga cara mengatasinya pun bisa lebih cepat.

Baca Juga : Perawatan Motor Setelah Turun Mesin Agar Kendaraan Kembali Prima

Apalagi jika tidak segera teratasi, justru mengakibatkan masalah baru timbul. Dari ringan malah semakin parah.

Penyebab Umum Motor Tidak Bisa Diselah

Secara umum kendaraan roda dua seperti sepeda motor memiliki dua sistem untuk menghidupkan. Semua itu sudah ada dari pabrikan sepeda motor. Sistem untuk menyalakan motor bisa dengan starter dan engkol atau selah.

Jika semua komponen masih berfungsi, tentu starterlah menjadi pilihan utama yang kita gunakan. Cara pertama ini banyak pengguna pilih karena lebih mudah tanpa harus mengeluarkan tenaga.

Namun sayangnya, starter tidak terus bisa berfungsi dengan sempurna. Sehingga motor tidak akan menyala. Jalan kedua yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan selah atau engkol.

Akan tetapi, jika motor tetap tidak bisa menyala, sebaiknya segera cek kondisi keduanya. Bisa mengatasi masalah tersebut jika penyebabnya sudah Anda ketahui. Berikut ini ada beberapa penyebab motor tidak bisa diselah.

Baca Juga : Perawatan Motor Matik Saat Musim Hujan

Bensin Tidak Turun

Penyebab motor tidak bisa diselah yang pertama bisa karena bensin tidak turun. Bagi kendaraan yang masih menggunakan karburator pada sistem bahan bakar konvensional, masalah ini bisa saja terjadi.

Posisi tangki bensin yang lebih tinggi membuat bensin akan mengalir secara otomatis dan masuk pada ruang karburator.

Namun ketika kendaraan hanya kita biarkan saja dalam waktu lama, mampu membuat selang bensin berisi udara.

Sehingga tidak dapat memompa bensin yang menghambatnya untuk turun ke ruang karburator. Hal ini membuat mesin tidak bisa nyala.

Untuk mengatasinya, Anda cukup lepas selang radiator dan tunggu hingga bensin mengalir seperti biasa.

Aki Melemah

Salah satu yang sering menjadi penyebab motor tidak bisa diselah yaitu karena aki. Bisa saja aki yang lemah membuat arus listrik tidak bisa mengalir. Ketika aki lemah, membuat masalah ini muncul.

Baca Juga : Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan, Akibat Kurangnya Perawatan

Sehingga jika pembakaran akan bisa terjadi, tentu Anda harus melakukan proses engkol atau selah. Anda harus memutar poros engkol kurang lebih 450 RPM.

Jika kurang dari itu, kemungkinan besar mesin tidak bisa menyala. Selain itu, ketika aki lemah, banyak sistem kelistrikan yang tidak berfungsi. Mulai dari lampu dan klakson yang tidak bisa berfungsi secara optimal.

Klep Kotor

Sebenarnya masalah yang satu ini jangan anggap sepele. Seperti sebagian besar pemilik motor. Padahal jika tidak bisa kita lakukan, tentu tak akan hidup.

Klep yang kotor bisa mengakibatkan engkol macet sehingga motor sulit diselah. Sebab, klep memiliki fungsi untuk mengatur keluar masuknya gas dalam proses pembakaran.

Sehingga klep juga berfungsi sebagai tempat keluarnya sisa hasil pembakaran. Dari sinilah kotoran keluar dari sisa pembakaran.

Karena alasan inilah sebagai pemilik sepeda motor, Anda harus rutin membersihkannya. Jangan sampai penyebab ini menjadi masalahnya. 

Kotoran yang menumpuk itu pun bisa mengakibatkan kompresi. Kompresi yang mengalami kebocoran akan menghasilkan tekanan rendah. Sehingga bisa menjadi penyebab motor tidak bisa diselah. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -