Kamis, November 25, 2021
BerandaBerita TerbaruObat Radang Tenggorokan Alami, Ini Pilihan yang Efektif

Obat Radang Tenggorokan Alami, Ini Pilihan yang Efektif

Obat radang tenggorokan alami bisa menjadi pilihan yang efektif. Selain harganya lebih murah, untuk mendapatkannya juga mudah karena banyak terdapat di dapur kita. Masyarakat juga sering menggunakan herbal ini sejak lama.

Radang tenggorokan merupakan jenis penyakit yang terjadi karena bakteri bernama Streptococcus. Bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh dan menyerang saluran pernapasan, terutama bagian tenggorokan.

Dalam dunia medis, radang tenggorokan juga terkenal dengan istilah faringitis. Bagi anda yang terkena atau mengalami penyakit tersebut biasanya akan mengalami beberapa tanda yang bisa kita rasakan.

Gejala tersebut antara lain seperti kelenjar leher membengkak atau demam tinggi melebihi 38 derajat. Kita juga akan merasakan sakit ketika menelan dan tenggorokan bagian belakang berwarna merah dengan munculnya bercak putih.

Ada banyak jenis obat radang tenggorokan alami yang bisa kita gunakan. Untuk mengobati radang tenggorokan tergantung bagaimana usaha anda dalam menyembuhkan gangguan ini.

Jika anda tidak mau menghindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan radang tenggorokan, maka penyakit tersebut akan sulit sembuh.

Namun sebaliknya, anda perlu menjauhi berbagai makanan penyebab radang tenggorokan. Ini penting agar anda bisa dengan mudah mengobati penyakit tenggorokan dengan konsumsi obat dari dokter.

Baca Juga : Obat Herbal Daun Sirsak yang Berkhasiat Usir Kanker hingga Asam Urat

Pilihan Obat Radang Tenggorokan Alami

Ada banyak obat herbal sakit radang tenggorokan yang bisa kita gunakan. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami ini untuk mengatasi sakit tersebut. Cara membuatnya juga cukup mudah.

Nah, berikut ini berbagai obat radang tenggorokan alami yang bisa menjadi pilihan yang murah namun efektif.

Tapi jika gangguan radang tersebut kerap anda alami, maka sebaiknya anda segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Minum Teh

Untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan, minumlah teh hangat secara rutin. Teh hangat terpercaya mampu untuk meredakan radang pada tenggorokan.

Namun jika ingin lebih manjur, anda bisa menggunakan teh berjenis chamomile. Karena teh jenis ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat mengurangi rasa sakit yang karena peradangan.

Baca Juga : Obat Herbal untuk Penyakit Hernia yang Cepat dan Efektif

Minum Madu dan Lemon

Perpaduan antara madu dan lemon juga merupakan obat untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami yang efektif. Kedua herbal ini mampu menenangkan tenggorokan yang sakit. Madu memiliki banyak manfaat, kemudian anda padukan dengan lemon atau jahe.

Lemon berfungsi untuk mengencerkan lendir sedangkan jahe berfungsi sebagai penenang. Kedua bahan ini bisa menjadi campuran yang tepat untuk mengobati radang tenggorokan.

Caranya cukup mudah. Campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan lemon. Tambahkan sedikit air hangat kemudian anda minum 3 kali sehari secara rutin.

Makan Bawang Putih

Meskipun terasa sedikit aneh, tetapi memakan bawang putih banyak yang percaya dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Ini merupakan obat herbal sakit radang tenggorokan yang sudah terkenal dalam pengobatan tradisional.

Pada jenis rempah-rempah ini, bawang putih mengandung allicin yang dapat membunuh bakteri penyebab radang. Senyawa ini juga mampu melawan kuman yang menyebabkan sakit dan iritasi.

Untuk pembuatannya, iris bawang putih kemudian hisap hingga keluar sarinya. Anda bisa lakukan setidaknya sekali dalam sehari untuk dapat mengobati radang tenggorokan yang Anda alami.

Baca Juga : Alasan Memilih Obat Herbal yang Berkhasiat Tanpa Efek Samping

Membuat Teh Jahe

Minuman nikmat sejenis teh jahe juga dapat menjadi obat radang tenggorokan alami. Selain menghangatkan tubuh, minuman ini juga melegakan tenggorokan.

Hal ini karena jahe memiliki fungsi yang dapat melonggarkan dan mengeluarkan lendir pada sistem pernapasan.

Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan oksigen ke sel-sel yang akan mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan.

Menghirup Uap Panas

Cara sederhana ini telah menjadi tradisi sejak zaman dulu sebagai obat tradisional yang dapat mengatasi radang tenggorokan. Caranya rebus air terlebih dahulu hingga mendidih. Kemudian air rebusan tersebut anda sandingkan depan anda.

Gunakan handuk untuk menutup kepala agar uap tidak menyebar kemudian hirup uap tersebut melalui hidung dan juga sesekali menggunakan mulut. Cara ini tergolong efektif dan mudah untuk mengatasi radang tenggorokan.

Itulah beberapa pilihan obat radang tenggorokan alami yang bisa Anda coba gunakan. Bahan alami sudah menjadi pengobatan tradisional yang cukup efektif sebagai penanganan darurat. Namun jika kondisi tidak membaik sebaiknya periksakan ke dokter. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru