Kamis, November 25, 2021
BerandaBerita TerbaruPantangan Makanan Penyakit Hipertensi, Ini Daftarnya!

Pantangan Makanan Penyakit Hipertensi, Ini Daftarnya!

Menjaga pantangan makanan penyakit hipertensi penting untuk kita perhatikan. Apalagi tidak sedikit jenis makanan ini yang termasuk enak dan lezat. Sehingga tak mengherankan jika banyak orang yang sering melanggarnya.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit serius yang harus segera mendapat penanganan. Penyakit ini akan menyebabkan kinerja jantung akan bekerja lebih cepat dan tidak beraturan.

Mengutip dari laman Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan, hipertensi terjadi saat terjadi peningkatan pada tekanan darahnya.

Untuk sistolik akan menjadi lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Tidak sedikit penelitian yang menemukan kaitan erat hipertensi dengan beberapa penyakit berbahaya.

Seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Makin tinggi tekanan darahnya maka akan semakin tinggi pula risiko terserang ketiga penyakit berbahaya tersebut.

Data dari Badan Kesehatan Sedunia (WHO) menemukan bahwa sebagian besar kasus serangan jantung justru terjadi akibat hipertensi.

Tekanan darah yang naik secara terus menerus bisa membentuk plak yang akan membuat pembuluh darah koroner menyempit.

Baca Juga : Makanan Pantangan Darah Tinggi yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Hal inilah yang akan menyebabkan terganggunya pasokan oksigen dan zat-zat penting untuk jantung.

Jika kondisi tersebut tidak tertangani maka akan memicu timbulnya penyakit jantung dan serangan jantung.

Karena itulah penderita hipertensi memiliki risiko dua kali lebih besar untuk menderita gangguan jantung koroner.

Pantangan Makanan Penyakit Hipertensi

Untuk anda yang menderita tekanan darah tinggi, anda harus benar benar menjaga pola makannya. Selain mengonsumsi makanan sehat, ada sejumalah makanan yang sebaiknya Anda jauhi.

Hal ini karena ada beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari. Ini penting agar makanan tersebut tidak malah akan membuat penyakit darah tinggi anda menjadi semakin parah saja.

Nah, berikut ini pantangan makanan penyakit hipertensi yang sebaiknya Anda perhatikan. Menghindari makanan ini akan mencegah penderita hipertensi dari risiko yang berbahaya.

Baca Juga : Obat Alami Darah Tinggi dan Pantangannya yang Wajib Anda Tahu!

Makanan Daging Olahan

Beberapa jenis makanan yang berasal dari daging olahan sangat tidak menjadi anjuran bagi penderita darah tinggi.

Apalagi cara olahan daging adalah dengan pengasapan, pengawetan dengan bahan kimia, hingga cara pengasinan. Pemprosesan makanan semacam ini justru buruk untuk penderita hipertensi.

Beberapa makanan yang merupakan jenis daging olahan antara lain sosis, makanan kalengan, ham, dendeng dan masih banyak lagi lainnya.

Kenapa makanan daging olahan tersebut tidak boleh menjadi menu konsumsi bagi penderita darah tinggi?

Jawabannya adalah karena daging olahan mengandung kadar atau kandungan natrium yang sangat tinggi. Bahkan mencapai 1200 mg dalam satu porsi.

Saus Tomat

Saus tomat juga termasuk dalam jajaran pantangan makanan penyakit hipertensi yang tidak boleh Anda konsumsi, khususnya yang menderita hipertensi. Apalagi tidak sedikit jenis saus yang proses pembuatannya juga tidak higienis.

Baca Juga : Jenis Makanan untuk Diet Ini Bisa Mencegah Penyakit Stroke

Dalam makanan saus tomat ini terdapat 680 miligram sodium. Jika terus menerus Anda konsumsi dalam waktu lama akan semakin memperparah dan membahayakan penderita penyakit hipertensi.

Kafein

Kafein yang terkandung dalam kopi ternyata juga berbahaya apabila menjadi konsumsi bagi penderita darah tinggi.

Kandungan kafein ini akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah yang membuat penyakit ini semakin parah.

Sebenarnya kafein bukan hanya terdapat pada kopi saja. Kafein juga bisa kita temukan pada coklat dan beberapa jenis makanan lainnya.

Jadi untuk anda yang menderita hipertensi, berusahalah mulai dari sekarang untuk menjauhi minuman kopi dan coklat. Termasuk menjauhi makanan atau minuman yang mengandung kafein lainnya.

Makanan dan Minuman Gula Tinggi

Pantangan makanan penyakit hipertensi lainnya adalah dari jenis makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. Hindarilah makanan dan minuman manis yang justru akan membuat kondisi Anda semakin parah.

Kadar gula yang tinggi dalam makanan yang anda konsumsi akan berpengaruh dan membuat kadar gula dalam darah anda meningkat pula.

Karena itu penting untuk segera berhenti mengonsumsi makanan manis yang mengandung gula yang berlebih.

Makanan Berlemak Tinggi

Makanan yang mengandung banyak lemak memang tidak bisa ditolelir bagi penderita darah tinggi. Kelebihan lemak dalam tubuh akan berpengaruh bagi kesehatan tubuh anda.

Banyaknya lemak akan menyebabkan obesitas dan komplikasi berbagai jenis penyakit lainnya. Ini juga akan menurunkan kinerja jantung sehingga akan semakin memperparah keadaan tubuh anda.

Nah, itulah beberapa jenis pantangan makanan penyakit hipertensi yang harus Anda hindari. Dengan menghindari makanan tersebut maka dapat mencegah tensi darah naik secara tiba-tiba. Ini tentunya akan menghindarkan anda dari bahaya hipertensi. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru