Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPantangan Makanan saat Sakit Maag Bagi yang Mau Berpuasa

Pantangan Makanan saat Sakit Maag Bagi yang Mau Berpuasa

Pantangan makanan saat sakit maag memang ada banyak jenisnya. Baik dari makanan asam, pedas, hingga yang tajam untuk lambung. Terlebih untuk penderita maag yang ingin berpuasa perlu lebih selektif memilih menu berbuka dan sahurnya.

Maag atau ulkus peptikum merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup sering terjadi dan banyak orang yang menderitanya.

Penyakit ini berupa gangguan pada sistem pencernaan, khususnya pada bagian lambung.

Perlu Anda ketahui bahwa lambung merupakan tempat mencerna makanan tahap kedua, setelah sebelumnya makanan mengalami proses pencernaan dalam mulut.

Seseorang yang menderita sakit maag menandakan bahwa orang tersebut memiliki luka atau peradangan pada bagian lambungnya.

Kondisi ini juga bisa terjadi akibat tekanan stres ataupun karena mengonsumsi makanan tertentu. Makanan sendiri merupakan salah satu pemicu utama dari sakit maag.

Terutama jenis makanan tertentu yang bersifat panas, dingin, atau pedas. Oleh karena itulah Anda harus selalu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Baca Juga : Manfaat Kunyit Untuk Sakit Maag dan Pengolahannya

Terlebih bagi penderita sakit maag yang akan atau ingin menjalankan ibadah puasa. Anda harus lebih jeli dan teliti dalam memilih makanan. Ini penting agar ibadah tidak terganggu dan puasa Anda bisa penuh hingga 30 hari.

Sebab, pada saat puasa Anda tidak boleh mengonsumsi makanan sejak terbit hingga terbenamnya matahari. Apalagi untuk puasa Ramadhan yang kita lakukan selama satu bulan penuh.

Ragam Pantangan Makanan saat Sakit Maag

Apabila Anda merupakan penderita maag, maka Anda sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk tubuh Anda. Terlebih jika Anda ingin menjalankan ibadah puasa.

Nah, pada kesempatan kali ini akan kita ulas jenis pantangan makanan saat sakit maag yang tidak boleh menjadi konsumsi bagi penderita maag, khususnya saat menjalankan ibadah puasa.

Cokelat

Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh para penderita sakit maag pada saat menjalankan puasa.

Baca Juga : Cukup Minum Air Madu Hangat, Sakit Maag Bukan Lagi Kendala Jalani Puasa

Perlu Anda ketahui bahwa meskipun memiliki rasa yang enak namun ternyata cokelat bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung.

Hal ini karena cokelat mengandung kafein dan juga stimulan yang bisa menimbulkan rasa perih pada lambung. Karena itu makanan ini juga perlu Anda hindari agar terhindar dari maag saat berpuasa

Soda

Bagi para penderita sakit maag yang sedang menjalankan ibadah puasa, maka alangkah baiknya apabila Anda tidak mengkonsumsi soda, baik pada saat sahur maupun berbuka.

Minuman yang termasuk dalam pantangan makanan saat sakit maag ini justru akan membuat kondisi Anda bisa kambuh. Apalagi asupan ini kurang memberikan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Hal tersebut sangat perlu Anda perhatikan karena makanan dan minuman bersoda mengandung gelembung. Minuman ini akan bisa terjebak dalam perut sehingga menjadi pemicu naiknya asam lambung.

Gorengan

Hampir semua orang dan masyarakat kita sangat menyukai gorengan. Namun ternyata jenis makanan yang satu ini harus Anda hindari, khususnya para penderita sakit maag.

Sebab gorengan merupakan jenis makanan yang banyak mengandung lemak. Jika kita mengonsumsi secara berlebihan akan bisa meningkatkan asam lambung. Oleh karena itu Anda harus membatasi konsumsi gorengan.

Susu

Jika Anda menderita sakit maag maka alangkah baiknya Anda menghindari susu ataupun makanan olahan dari susu lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa susu memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Baca Juga : Obat Maag Alami Paling Efektif Mulai dari Daun Jambu Hingga Kunyit

Unsur lemak inilah yang akan mampu menjadi pemicu naiknya asam lambung yang menyebabkan rasa perih pada lambung.

Oleh karena itu, para penderita maag sebaiknya juga membatasi atau menghindari konsumsi pantangan makanan saat sakit maag ini.

Daging Tinggi Lemak

Daging yang memiliki kandungan lemak tinggi juga merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dihindari oleh para penderita maag pada saat menjalankan ibadah puasa.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa kandungan lemak yang tinggi pada daging akan mampu memicu kenaikan asam lambung.

Alangkah baiknya jika Anda membatasi konsumsi daging berlemak pada saat menjalankan puasa.

Demikian berbagai pantangan makanan saat sakit maag, terlebih untuk Anda yang ingin menjalankan ibadah puasa.

Agar ibadah bisa berjalan lancar, sebaiknya pilihan makanan sehat yang memang baik untuk maag dan kesehatan tubuh. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -