Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita CiamisPelaku Penipuan Modus Pinjam Sepeda Motor Diamankan Polres Ciamis

Pelaku Penipuan Modus Pinjam Sepeda Motor Diamankan Polres Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Polres Ciamis berhasil mengamankan satu orang pelaku tindak pidana penipuan atau penggelapan di wilayah Kabupaten Ciamis.

Sasaran pelaku adalah anak kecil yang berusia 12 sampai 13 tahun yang membawa sepeda motor.

Kapolres Ciamis, AKBP. Wahyu Broto NA menjelaskan, pelaku penipuan atau penggelapan sepeda motor tersebut yakni N (60).

Pelaku ini telah melancarkan aksinya beberapa kali dengan modus yang sama yaitu meminjam kendaraan sepeda motor yang dikendarai oleh anak-anak dengan jaminan amplop kosong dan uang 1 lembar Rp 10.000.

“Pelaku penipuan ini meminjam motor ke korban itu dengan alasan ingin menjemput istrinya yang sedang hamil,” jelasnya, saat Konferensi Pers di Mapolres Ciamis, Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Hendak Makamkan Tetangganya, Warga Ciamis Sampai 3 Kali Gali Kubur

Kemudian, pelaku juga menunjuk salah satu rumah. Bahwa itu merupakan rumahnya kepada korban, namun saat korban mendatangi rumah pelaku. Ternyata itu bukan rumahnya.

“Karena motornya belum juga kembali, korban mendatangi rumah yang ditunjuk pelaku. Ternyata itu bukan rumah pelaku,” ucapnya.

Wahyu menuturkan, pelaku N ini ternyata sudah melancarkan aksi penipuan dan penggelapan di sebelas TKP, yakni Kalipucang, Banjarsari, Cijeungjing, Ciamis dan Cihaurbeuti serta korbannya anak-anak yang berusia dibawah 15 tahun.

Pelaku berhasil diamankan dengan barang bukti 5 unit sepeda motor yang merupakan hasil penggelapan di beberapa TKP di wilayah hukum Polres Ciamis.

“Pelaku merupakan residivis kasus penganiayaan tiga tahun lalu, dan untuk kasus ini pelaku dikenakan pasal 372 KUHPidana dan 378 KUHPidana dengan ancaman pidana 4 tahun penjara,” tuturnya.

Wahyu mengimbau kepada masyarakat agar tidak meminjamkan kendaraannya kepada anak.

Kalau perlu antar saja anaknya, jangan sampai berkendara sepeda motor sendiri.

Selain untuk menjaga keselamatan anaknya juga mengantisipasi terjadinya pencurian dan penipuan di Ciamis.

“Saya imbau kepada para orang tua agar tidak lagi mengizinkan anak-anaknya menggunakan sepeda motor, lebih baik diantar saja. Karena anak-anak rentan akan tipu daya orang lain dan ini kejadian dalam kasus ini,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -