Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita PangandaranPemdes di Pangandaran Gelar Festival Pasar Sawah Mega Terasering

Pemdes di Pangandaran Gelar Festival Pasar Sawah Mega Terasering

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamulya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menggelar festival seni budaya di lokasi Sawah Mega Terasering, Minggu (31/10/2021)

Tema yang diusung dalam pagelaran ini yaitu Gotong Royong dan Hajat Lembur Warisan Indonesia.

Kepala Desa Sukamulya Herdi Bagja mengatakan, festival tersebut melibatkan ratusan seniman dari beberapa daerah di Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga: BUMDes di Pangandaran Sulap Lokasi Dianggap Angker Jadi Wisata Favorit

“Hal ini bertujuan untuk mengembangkan dan mempertontonkan budaya yang ada di Desa Sukamulya, sekaligus mengembangkan potensi budaya khususnya di wilayah Kecamatan Langkaplancar,” katanya, Minggu (31/10/2021).

Sementara salah seorang pegiat budaya Kabupaten Pangandaran Dede Arip mengatakan, festival seni budaya adalah merupakan warisan Indonesia yang harus dipertahankan.

“Seiring dengan kemajuan zaman, konsepnya kita kemas secara kekinian dengan dasar gotong royong dan hajat lembur,” katanya.

“Festival ini dikemas semenarik mungkin, hali ini diharapkan agar bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” imbuhnya.

Festival ini bukan hanya menampilkan kreasi panggung seni dan budaya saja. Namun sekaligus mempromosikan potensi keindahan alam Sawah Mega Terasering yang ada di wilayah Desa Sukamulya.

“Ingat menjaga dan melestarikan budaya itu bukan hanya tanggung jawab pelaku atau pecinta seni dan budaya saja. Namun merupakan tanggung jawab kita semua,” pungkasnya. (Ceng/R7/HR-Online/Editor-Ndu)