Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariCara Pemdes Kutawaringin Ciamis Tingkatkan Ekonomi Masyarakatnya

Cara Pemdes Kutawaringin Ciamis Tingkatkan Ekonomi Masyarakatnya

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Untuk tingkatkan ekonomi masyarakat di masa pandemi, Pemerintah Desa (Pemdes) Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, lakukan pemberdayaan melalui penyertaan BUMDes.

Seperti halnya saat ini, pihak desa melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan cara pengembangan peternakan. Pemdes Kutawaringin melibatkan karang taruna setempat dan Rumah Tangga Miskin (RTM).

Kepala Desa Kutawaringin, Kartim mengatakan, kegiatan pemberdayaan masyarakat bidang peternakan tersebut tujuannya untuk tingkatkan ekonomi masyarakat saat masa pandemi Covid-19.

“Kita mencoba melakukan inovasi pada bidang peternakan. Saat ini kita akan kembangkan pembesaran serta ternak kambing,” katanya kepada HR Online, Selasa (9/11/2021).

Sementara dalam pengembangan ternak kambing ini, pihaknya langsung melibatkan karang taruna serta masyarakat tingkat ekonomi lemah.

Selain mengadakan bibit kambing unggulan, Pemdes Kutawaringin juga melakukan pembinaan. Mulai dari tata cara beternak dengan baik, hingga sampai membuat lahan kebun rumput.

Jadi, nantinya ketersediaan pakan akan bisa stabil meski memasuki musim kemarau.

“Alhamdulillah antusias warga pun sangat respon. Sehingga kami percaya, pengembangan ekonomi ini akan tercapai,” ucapnya.

Kartim juga berharap, dengan adanya program pengembangan ternak, segi ekonomi masyarakat di desanya akan lebih meningkat.

Sehingga nantinya, masyarakat Desa Kutawaringin, Kabupaten Ciamis, bisa lebih mapan, serta bertanggung jawab dan semangat untuk merubah pola hidup kedepan dengan lebih maju lagi.

“Kami juga akan terus memantau dan memberikan pembinaan khusus di bidang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Kutawaringin, Lili Sadeli mengatakan, dengan hadirnya program tersebut ia berharap bisa tingkatkan ekonomi masyarakat Desa Kutawaringin.

“Secara bertahap ekonomi RTM insya Allah akan meningkat. Karena program ini bidikannya adalah para RTM, yang sudah siap untuk menerima pembinaan,” singkatnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto