Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Biosfer dan Contohnya: Pembahasan Secara Lengkap!

Pengertian Biosfer dan Contohnya: Pembahasan Secara Lengkap!

Pengertian biosfer dan contohnya tidak lain mencakup seluruh kehidupan yang ada di bumi. Hakikatnya, bumi terbentuk dalam beberapa lapisan, mulai dari inti bumi, selimut, mantel, hingga kerak bumi.

Di bagian kerak bumi bisa kita temukan unsur kehidupan yang terdapat berbagai makhluk hidup. Bahkan dari seluruh planet di jagad raya, hanya bumi saja yang menjadi lahan kehidupan.

Tentunya ada alasan mengapa bumi bisa menjadi satu-satunya planet yang mempunyai kehidupan. Tidak lain karena bumi mengandung oksigen serta air yang sangat mendukung unsur kehidupan.

Tanpa kedua zat tersebut, mustahil akan ada makhluk yang bertahan hidup. Kehidupan di muka bumi itulah yang dinamakan biosfer. Biosfer sendiri mempunyai beberapa permasalahan serta contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Pengertian Bioma dan Contohnya dengan Ciri-Ciri Lengkap, Apa Saja?

Pahami Pengertian Biosfer dan Contohnya

Berasal dari bahasa Yunani, ‘bios’ yang artinya kehidupan dan ‘sphaira’ berarti lingkungan atau lapisan. Maka dari itu, biosfer adalah lapisan dari bumi yang bisa dihuni oleh makhluk hidup.

Istilah lain menyebutkan bahwa definisi biosfer adalah semua lingkungan yang bisa ditinggali makhluk hidup untuk berjalan dan mempertahankan kehidupannya. Nantinya, setiap makhluk hidup mempunyai wilayah masing-masing untuk tinggal.

Disamping itu, mereka juga akan menggunakan cara masing-masing untuk kelangsungan hidupnya. Ada habitat yang merupakan tempat untuk makhluk hidup. Pada akhirnya, banyak yang mengatakan jika biosfer merupakan kumpulan beberapa bioma dan ekosistem.

Pengertian biosfer dan contohnya terbagi menjadi 3 jenis umum. Pertama adalah atmosfer yang merupakan lapisan terluar bumi dan berfungsi sebagai pelindung bumi dari benda angkasa.

Kedua adalah litosfer yang merupakan lapisan batuan dengan bentuk berbeda-beda. Litosfer terbentuk akibat lapisan gunung berapi, bisa juga berasal dari magma kering.

Terakhir adalah hidrosfer, lapisan air meliputi sungai, laut, dan samudra. Hidrosfer ini menempati sekitar 70 persen dari bumi.

Baca Juga: Reaksi Eksoterm dan Endoterm, Pengertian Beserta Contoh Penerapan

Contoh Biosfer

Secara umum, pengertian biosfer dan contohnya terdiri atas dua komponen, yakni biotik dan abiotik. Komponen biotik meliputi air, daratan, dan udara. Sedangkan abiotik meliputi makhluk hidup, sel, organisme, dan lainnya.

Protoplasma

Ini merupakan membran yang mengelilingi suatu sel. Protoplasma adalah tempat untuk bernaung sel dan berfungsi melindunginya.

Sel

Kumpulan materi sederhana yang menyusun makhluk hidup adalah fungsi dari sel. Semua makhluk hidup adalah organisme multiseluler yang kemudian menyatu dan menjalankan fungsinya masing-masing.

Jaringan

Merupakan kumpulan sel yang mengemban tugas dan peran sama. Jaringan bekerja sebagai pembentuk fisiologi dalam organ sehingga kelangsungan hidup organisme bisa berjalan.

Organ

Pengertian biosfer dan contohnya ada yang bernama organ. Singkatnya, organ merupakan mesin dalam makhluk hidup yang menjadi pengatur kehidupan makhluk hidup dan organisme tersebut.

Sistem Organ

Merupakan kolaborasi setiap organ untuk melaksanakan tanggapan tertentu. Contoh kolaborasi sistem organ adalah ketika mencerna makanan dimana organ mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus saling bekerja sama.

Populasi

Merupakan sekelompok individu makhluk hidup yang berkumpul pada satu kesatuan kecil. Contohnya adalah organisasi, kebun binatang, atau sawah.

Komunitas

Komunitas merupakan perkumpulan beberapa populasi yang tidak berlaku untuk manusia. Contoh komunitas adalah sekumpulan rusa atau banteng yang berkumpul mencari tempat tinggal di musim dingin.

Ekosistem

Tidak beda jauh dengan komunitas, pengertian biosfer dan contohnya yang satu ini merupakan perkumpulan populasi namun mengacu pada jumlah biosfernya. Contoh dari ekosistem flora tundra, fauna air tawar, dan sebagainya.

Habitat

Habitat merupakan tempat tinggal bagi organisme, baik dari populasi maupun ekosistem. Contoh dari habitat adalah padang pasir, gurun, sabana, dan lainnya.

Topografi

Merupakan unsur biotik yaitu daratan yang menampakkan bentuk dari muka bumi. Contohnya adalah dataran tinggi, bukit, atau dataran rendah.

Faktor yang Mempengaruhi Pengertian Biosfer dan Contohnya

Biosfer yang sedang kita pelajari kali ini sejatinya terpengaruh dari beberapa faktor. Faktor paling berpengaruh adalah iklim. Perbedaan suhu dan cuaca yang ada menjadikan beberapa biosfer mampu bertahan di semua iklim.

Sedangkan pengaruh kedua timbul dari geologi yang merupakan kondisi fisik lingkungan sekitar. Mencakup jenis perairan, keadaan lempeng, dan sebagainya.

Faktor selanjutnya adalah ketinggian tempat. Tentunya akan sangat jarang bahkan tidak ada pohon kelapa yang kita temukan di daerah dataran tinggi.

Pengertian biosfer dan contohnya ternyata juga mendapatkan pengaruh dari biotik yang memang menduduki posisi penting. Biotik adalah sumber rantai makanan dalam segi kehidupan di muka bumi. Di sisi lain, Anda juga tidak boleh melupakan habitat yang tetap mempunyai posisi berpengaruh dalam biosfer. (R10/HR Online)

- Advertisment -