Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita BisnisPengertian Dividen Interim dan Beberapa Perusahaan yang Melakukannya

Pengertian Dividen Interim dan Beberapa Perusahaan yang Melakukannya

Pengertian dividen interim menjadi salah satu hal yang wajib para investor ketahui. Seperti yang sudah banyak Anda ketahui jika kini investasi saham semakin populer.

Bahkan kaum milenial memilih melakukan investasi untuk bisa mendapatkan keuntungan. Keuntungan dari investasi saham adalah dividen.

Dividen menjadi salah satu keuntungan dari investasi saham selain capital gain. Ada beberapa jenis dividen dalam dunia saham. Salah satunya yaitu dividen interim.

Sebagai investor, tentu Anda perlu tahu istilah yang satu ini. Dengan mengetahui istilah dalam dunia saham, Anda pun bisa menjalankannya jauh lebih mudah. Sehingga keuntungan bisa Anda dapatkan dengan cepat.

Baca Juga: Pembagian Dividen Saham untuk Investor Pemula, Jenis dan Definisinya

Mengenal Pengertian Dividen Interim dalam Investasi Saham

Sudah jelas sejak awal jika dividen merupakan istilah keuntungan yang bisa investor dapatkan dalam dunia investasi saham. Salah satu yang bisa Anda dapatkan yaitu dividen interim.

Dividen jenis yang satu ini sifatnya sementara. Laba milik perusahaan akan menjadi milik pemegang saham. Namun hal ini terjadi sebelum perusahaan menentukan keuntungan satu tahun penuh.

Pada umumnya, keuntungan tersebut diberikan secara triwulan atau bahkan setengah tahun selama tahun perjalanan. Direksi menjadi tanggung jawab penetapan dividen.

Direksi bisa menentukan jumlah dividen interim dalam jumlah kecil. Keluar sebelum laporan tahunan keuangan. Sehingga tidak akan mengganggu operasi perusahaan meski lebih rendah dari yang perusahaan inginkan.

Baca Juga: Istilah Dalam Trading Saham yang Wajib Diketahui Para Investor

Beberapa Perusahaan yang Membagikan Dividen Interim

Setelah Anda tahu pengertian dividen interim, saatnya kenali perusahaan apa saja yang membagikannya. Sebab, tidak semua perusahaan memberikan keuntungan sementara.

Namun untuk perusahaan yang sudah membagikan dividen interim, tidak membagikan dividen final atau dalam satu tahun saat dimulai investasi. Adapun beberapa perusahaan yang membagikan dividen interim antara lain:

PT United Tractor Tbk (UNTR)

Seperti yang udah Anda tahu tentang pengertian dividen interim. Perusahaan yang satu ini juga pernah melakukannya di tahun 2020 sebesar Rp 171/lembar. Cum date 06/10/2020, ex date 07/10/2020, recording date 08/10/2020, dan payment date 21/10/2020.

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)

Sedangkan untuk tahun yang sama, BCA juga membagikan dividen interim sebesar Rp 98 lembar. Cum date 07/12/2020, ex date 08/12/2020, recording date 10/12/2020, sedangkan untuk payment date 22/12/2020.

Baca Juga: Investasi Aset Digital Pilihan Terbaik Bagi Investor, Berikut Keunggulannya!

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

Sebelum PT BBCA melakukan pembagian dividen interim, ternyata perusahaan Unilever juga sudah melakukannya. Besarnya dividen yang diberikan yaitu Rp 87/lembar. Jadwal untuk cum date 30/11/2020, ex date 01/12/2020, recording date 02/12/2020, dan payment date 17/12/2020.

Tidak semua perusahaan mengeluarkan dividen interim untuk para investor. Untuk itu, sebagai investor pemula perlu tahu pengertian dividen interim dan perusahaan yang cocok dengan keinginan investasi saham Anda sendiri. (R10/HR-Online)

- Advertisment -