Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Reaksi Redoks dalam Pembelajaran, Ini Penjelasannya

Pengertian Reaksi Redoks dalam Pembelajaran, Ini Penjelasannya

Pengertian reaksi redoks masuk dalam pembahasan yang sangat penting. Hal ini akan sering kita jumpai pada bidang farmasi, industri, biologi, metalurgi, dan pertanian.

Namun saat memasuki kelas X IPA, tentunya akan mulai berkenalan dan semakin hari justru akrab saja. Pembahasan hal ini juga memiliki sangkut paut terhadap besi yang mengalami karat. Lalu buah yang mengalami perubahan warna setelah dikupas.

Hal tersebut terjadi sebab mengalami oksidasi. Biasanya antara reaksi reduksi ini juga akan dibahas bersamaan dengan oksidasi dalam pelajaran sekolah. Namun apa makna yang sebenarnya dari reaksi redoks itu?

Baca Juga: Cara Menentukan Bilangan Oksidasi yang Mudah, Berikut Penjelasannya

Inilah Pengertian Reaksi Redoks

Nah, untuk Anda yang masih menerka-nerka, penting sekali menyimak penjelasan berikut ini. Meskipun Anda adalah anak sosial, namun mengerti akan ini semua tidak membuat Anda rugi. Justru untung, sebab Anda akan kaya tentang ilmu pengetahuan. Baik sosial maupun alam.

Dalam pembelajaran pengertian reaksi redoks juga kerap disebut dengan reduksi. Namun tahukah Anda bahwa reaksi redoks merupakan rangkaian reaksi reduksi-oksidasi yang terjadi bersamaan?

Pada intinya, pengertian reaksi redoks merupakan salah satu jenis reaksi kimia yang bisa menjadi penyebab terjadinya perubahan bilangan oksidasi. Baik itu pada suatu molekul atau unsur yang juga menyebabkan terjadinya perubahan (bisa penambahan atau pengurangan) senyawa yang terdapat dalam suatu molekul.

Jenis Reaksi Redoks

Dalam reaksi redoks itu sendiri juga terdapat dua jenis reaksi yang terjadi secara bersamaan, yakni reaksi reduksi dan oksidasi. Untuk reaksi reduksi adalah reaksi yang menyebabkan terjadinya penurunan bilangan oksidasi dari ion, atom, atau suatu molekul.

Hal ini dapat menjadi penyebab terjadinya penangkapan elektron atau bisa juga pelepasan oksigen. Sedangkan untuk spesi yang mengalami reduksi ini adalah oksidator.

Baca Juga: Jenis Mutasi Kromosom, Berikut Ini Penjelasannya

Alasannya, oksidasi adalah pasangan dari senyawa. Kemudian reaksi oksidasi merupakan reaksi yang terjadi selanjutnya. Lalu menjadi penyebab meningkatnya oksidasi pada satu ion.

Bisa juga pada atom karena pelepasan elektron atau terjadinya penambahan oksigen. Untuk spesi yang mengalami reaksi ini merupakan reduktor. Penyebabnya, reduksi tersebut merupakan pasangan dari senyawa.

Teori Penyetaraan Reaksi

Guna melakukan penyetaraan pada pengertian reaksi redoks ini, bisa menggunakan beberapa cara. Untuk cara yang pertama menggunakan metode pada perubahan biloks. Kemudian yang kedua adalah menggunakan metode dengan setengah reaksi.

Namun, dalam hal ini tidak bisa dengan mudah kita lakukan. Dalam artian, untuk menggunakan kedua cara tersebut juga terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan.

Baca Juga: Massa Atom Relatif, Berikut Penjelasan, Rumus, dan Cara Menghitungnya

Sel Elektrokimia

Selain harus mengetahui pengertian reaksi redoks, dalam reaksi yang satu ini juga terdapat istilah sel elektrokimia. Pasalnya, reaksi redoks ini merupakan proses transfer elektron dengan kontak langsung antar partikel atom, ion, atau molekul guna melakukan serah terima elektron.

Dengan alasan tersebut, transfer elektron terjadi melalui sirkuit luar yang kemudian akan dibaca dan menjadi gejala listrik. Dengan demikian, itu juga muncul disiplin ilmu elektrokimia yang akan mempelajari hal tersebut.

Selanjutnya pengertian dari sel elektrokimia ini adalah sebuah tempat yang aliran elektronnya terjadi. Hal tersebut bisa terjadi sebab adanya perubahan pada energi listrik menjadi energi kimia dan listrik. Dalam pengertian reaksi redoks ini juga, sel terbagi menjadi dua, yakni sel galvani dan elektrolisis. (R10/HR-Online)