Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Usaha dalam Fisika, Ini Penjelasan, Rumus, dan Kaitannya

Pengertian Usaha dalam Fisika, Ini Penjelasan, Rumus, dan Kaitannya

Pengertian usaha dalam fisika apakah sama dengan pemahaman usaha yang kita ketahui selama ini? Nah, untuk mendapatkan jawaban atas hal tersebut, maka penting sekali kita mempelajarinya.

Mungkin selama ini kita mendefinisikan usaha itu merupakan suatu kegiatan untuk mencapai cita-cita atau mewujudkan suatu hal.

Tetapi, apakah dalam ilmu fisika juga demikian? Dahulu, kita mengenal ilmu fisika pertama kali adalah saat menginjakkan pendidikan pada SMP.

Sedangkan untuk pengertian usaha berdasarkan KBBI adalah kegiatan yang mengerahkan pikiran, tenaga, maupun badan guna mencapai suatu maksud.

Baca Juga: Contoh Gelombang Longitudinal, Pengertian, dan Rumusnya

Ketahui Pengertian Usaha dalam Fisika

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa sebenarnya pengertian dari usaha dalam ilmu fisika, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Perlu Anda ketahui bahwa ilmu fisika khusus pada materi mekanika yang terdapat usaha. Pengertiannya adalah besarnya suatu energi atau gaya yang diberikan guna memindahkan maupun menggerakkan suatu objek.

Dalam ilmu fisika, suatu objek bisa kita katakan sudah bekerja apabila bertindak, terdapat pergerakan titik penerapan menuju ke arah arah gaya tersebut.

Jammer mengatakan bahwa pengertian usaha dalam ilmu fisika juga hadir pada tahun 1826 dari seorang ahli Matematika Perancis yakni Gaspard-Gustave Coriolis.

Dalam hal ini, matematikawan tersebut mengatakan bahwa usaha merupakan berat yang diangkat dengan ketinggian. Sedangkan untuk satuannya sendiri untuk mengukur usaha tersebut adalah Joule (J).

Mengenai hal tersebut, Joule memiliki arti sebagai usaha yang sudah terjadi oleh gaya satu Newton dengan perpindahan satu meter. Usaha juga tak selalu membentuk mekanis.

Ada yang berupa usaha listrik. Hal itu juga menjadi kasus yang sifatnya khusus serta berasal dari prinsip. Dalam kasus listrik, usaha yang terjadi pada partikel yang bermuatan serta bergerak melalui sebuah medium.

Baca Juga: Contoh Gelombang Transversal dalam Kehidupan, Berikut Penjelasannya

Rumus untuk Usaha

Selain harus mengerti apa itu pengertian usaha dalam fisika, sudah menjadi tugas kita pula untuk tahu bagaimana rumus menentukan suatu usaha. Dalam ilmu fisika, usaha itu memiliki lambang W yang artinya adalah Work dengan satuannya Joule.

Cara supaya kita mendapatkan besaran usaha adalah dengan mengalikan jarak dan gaya. Gaya memiliki notasi F, artinya adalah Force. Satuannya adalah Newton. Lalu, jarak mempunyai lamabang s (Space). Satuannya adalah meter. Rumus untuk usaha adalah, W = F.s.

Untuk gaya dan jarak sendiri merupakan besaran vektor. Menggunakan aturan yang sudah berlaku, jika perkalian dot antara vektor akan menghasilkan besaran skalar. Oleh sebab itu, usaha merupakan besaran skalar.

Baca Juga: Contoh Besaran Vektor dalam Ilmu Fisika, Berikut Ini Penjelasannya

Hubungan Usaha

Selain memakai rumus tersebut untuk menentukan usaha dalam fisika, Anda juga bisa menggunakan besaran perubahan energi. Bisa berupa energi potensial maupun kinetik.

Jika Anda menggunakan usaha dengan energi potensial, maka besaran usaha yang terjadi adalah senilai perubahan energi potensial tersebut.

Jadi, apabila Anda menemukan soal perihal pengertian usaha dalam fisika, Anda bisa menggunakan rumus tersebut untuk mendapatkan jawabannya. (R10/HR-Online)