Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita BisnisPenyebab Harga Saham Turun yang Wajib Investor Ketahui

Penyebab Harga Saham Turun yang Wajib Investor Ketahui

Harga saham turun bisa terjadi karena berbagai penyebab. Sebenarnya dalam dunia saham, naik dan turun itu sudah hal yang biasa. Apalagi banyaknya jenis saham membuat para investor menentukan yang terbaik.

Jika analisa dan bisa memanfaatkan waktu yang tepat, tentu akan mendapatkan keuntungan besar. Namun berbeda jika Anda salah menyusun strategi terbaru, justru akan mengalami kerugian.

Karena alasan inilah Anda harus tahu kapan harga saham naik dan turun. Sama seperti harga barang, saham pun bisa mengalami naik turun dalam hitungan detik.

Baca Juga: Saham untuk Trading Harian yang Bagus dan Meningkatkan Profit

Ini Dia Penyebab Harga Saham Turun yang Perlu Anda Tahu

Sebenarnya apa sih yang mempengaruhi harga saham turun? Sebagai seorang investor atau trader, tentu hal ini perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam melakukan jual beli.

Naik turunnya harga saham memang dipengaruhi oleh kekuatan penawaran dan permintaan. Ketika permintaan tinggi, tentu harganya akan mengalami kenaikan. Begitu juga sebaliknya jika penawaran tinggi, harga akan turun.

Meski demikian, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi turunnya harga saham. Bagi Anda trader pemula, hendaknya tahu apa saja yang dapat berpengaruh pada turunnya harga saham.

1. Faktor Panik

Penyebab harga saham turun bisa dikarenakan ada faktor panik. Ketika ada berita yang muncul tentu menjadi pemicu kepanikan dalam salah satu bursa atau saham.

Adanya kepanikan inilah yang bisa memicu investor untuk menjual sahamnya. Kondisi ini juga kembali pada hukum permintaan dan penawaran. Jika kondisi ini Anda alami, tentu mau tidak mau membuat harga saham turun.

Baca Juga: Cara Beli Saham di Stockbit dengan Mudah Menggunakan 4 Metode

Penyebab ini menjadi pemicu munculnya emosi dan ketakutan para investor untuk segera menjual sahamnya yang merah. Hal ini dipengaruhi adanya ketakutan jika harga saham akan terus anjlok.

Untuk bisa mengatasinya, sebaiknya analisis melalui fundamentalnya. Apakah saham Anda tersebut masih bisa bertahan atau tidak.

2. Kondisi Fundamental Perusahaan

Ada banyak faktor penyebab harga saham turun, termasuk kondisi fundamental perusahaan. Kondisi tersebut bisa terlihat melalui beberapa aksi, mulai dari merger, akuisisi, dan divestasi.

Jika laporan keuangan perusahaan membaik, maka permintaan harga saham juga akan naik. Namun jika laporan keuangan memburuk, maka membuat permintaan terhadap saham menjadi menurun. Untuk itu, selalu jaga fundamental perusahaan agar tetap dalam kondisi baik.

Baca Juga: Cara Membuat Rekening Saham dengan Persyaratan yang Ditentukan

3. Manipulasi Pasar

Faktor turunnya harga saham juga bisa terpengaruh akan manipulasi pasar. Manipulasi ini bisa muncul dari para investor yang sudah berpengalaman dan memiliki modal besar.

Untuk memanipulasi pasar, biasanya terjadi dengan memanfaatkan media massa.Tujuannya untuk bisa meningkatkan maupun menurunkan harga saham. Dalam dunia saham biasa terkenal dengan istilah rumor.

Sebagai investor pemula, tentu harus bisa menganalisa naik turunnya harga saham. Bahkan juga mengetahui apa saja penyebab harga saham turun secara cepat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -