Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Rem Mobil Ngempos, Bisa Menimbulkan Masalah Baru

Penyebab Rem Mobil Ngempos, Bisa Menimbulkan Masalah Baru

Penyebab rem mobil ngempos atau blong sering memicu masalah baru. Karena itulah Anda harus lebih berhati-hati jika kondisi ini sedang dialami.

Banyak sekali komponen kendaraan yang perlu mendapat perawatan atau penggantian, jika sudah memiliki masa pakai terlalu lama. Bahkan masalah yang muncul bisa kapan dan di mana saja.

Agar Anda bisa terhindar dari berbagai masalah tentang kendaraan, sebaiknya rawat dengan baik. Jangan hanya asal memilikinya saja, akan tetapi berikan perawatan dengan tepat.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Keras, Kenali Segera Untuk Dapat Mengatasinya

Hal ini bertujuan agar komponen pada kendaraan bisa berfungsi secara baik. Bahkan mengurangi risiko timbulnya masalah saat perjalanan. Salah satu komponen keselamatan pada kendaraan yaitu pada bagian remnya.

Masalah rem ngempos bisa saja muncul sewaktu-waktu. Tanpa Anda sadari, masalah ini justru bisa berakibat fatal. Mengingat rem adalah komponen keselamatan yang cukup penting, sebaiknya selalu cek kondisinya. Namun jika ada masalah rem ngempos, segera cari tahu penyebabnya.

Dengan Anda tahu penyebab rem mobil ngempos, mengatasinya pun cukup mudah. Sebaiknya cari tahu apa saja penyebabnya dan Anda bisa melakukan penanganan dengan tepat.

Deretan Penyebab Rem Mobil Ngempos

Masalah gas ngempos mungkin sudah sering dialami para pemilik mobil. Apakah Anda salah satunya? Jika sampai masalah ini terjadi, maka akibatnya akan cukup fatal.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Ambles Beserta Cara Mengatasinya

Bahkan mengganggu sistem keamanan dalam berkendara. Banyak sekali faktor yang dapat menimbulkan masalah ini terjadi. Jika Anda mengalami masalah ini, tentu segeralah untuk mengatasinya.

Pastikan Anda cek kondisi mesin pada bengkel terpercaya. Jika masalah ini hanya dibiarkan saja, maka dapat mengakibatkan masalah baru terjadi.

Hal ini juga akan mempengaruhi komponen lain ikut bermasalah. Untuk itu, agar masalah ini bisa segera teratasi, pastikan dulu apa penyebabnya. Berikut ini ada beberapa penyebab rem mobil ngempos yang sering terjadi.

Busi Kotor

Penyebab yang pertama yaitu karena busi dalam kondisi kotor. Busi bisa mempengaruhi proses pembakaran mesin.

Ketika komponen ini kotor, secara otomatis proses pembakaran akan terganggu. Sehingga fungsinya tidak bisa seoptimal mungkin. Sebaiknya Anda bersihkan busi secara rutin. Kotoran muncul akibat kerak yang menjadi efek tidak pernah dibersihkan.

Kampas Rem Aus

Seiring pemakaiannya, kampas rem juga bisa menjadi penyebab rem mobil ngempos. Komponen yang satu ini berfungsi untuk menghentikan putaran roda secara langsung.

Jika komponen ini perlu Anda ganti, ada banyak cirinya. Salah satunya ketika mengerem langsung ngempos. Selain itu, munculnya suara berdecit dan rem akan bergetar ketika Anda injak.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Terlalu Dalam Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Jika masalah rem ngempos akibat ini, maka solusinya yaitu dengan mengganti yang baru. Sebaiknya lakukan penggantian rem jika kendaraan sudah mencapai jarak 10.000 km.

Master Rem Rusak

Banyak sekali penyebab rem mobil ngempos, termasuk komponen master rusak. Fungsi dari master rem itu sendiri adalah mengubah dorongan pedal yang terinjak menjadi tekanan hidrolik.

Jika komponen ini bermasalah, membuat tekanan hidrolik rendah. Cara kerja master rem yaitu memanfaatkan piston pada tabung silinder.

Saat rem diinjak, maka piston terdorong dan minyak rem mendapat tekanan hingga akhirnya naik.

Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor bisa menjadi penyebab rem mobil ngempos. Komponen yang satu ini memiliki peran penting untuk proses pembakaran.

Proses tersebut terjadi dalam mesin yang membutuhkan oksigen untuk proses kerjanya. Fungsi dari filter udara itu sendiri adalah menyaring berbagai kotoran, baik debu maupun yang lainnya. Sehingga akan mengakibatkan penghambatan udara yang masuk.

Klep Bocor

Sebenarnya jika komponen kendaraan diberikan perawatan berkala dengan tepat, maka risiko kerusakan akan kecil. Begitu juga jika Anda memastikan klep tidak bermasalah.

Saat ini sebagian besar kendaraan sudah memiliki sistem double katup. Ketika pemasangannya kurang tepat, mengakibatkan rem mobil ngempos.

Klep itu sendiri berfungsi untuk menjaga pintu masuk udara dan bensin. Bahkan klep juga menjadi pintu keluarnya gas knalpot. Itulah pentingnya komponen ini pada kendaraan.

Sebaiknya segera cari tahu penyebab rem mobil ngempos yang sedang terjadi. Sehingga Anda akan dengan mudah dan cepat dalam memperbaikinya. Pahami berbagai penyebab di atas. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto