Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Shock Depan Bocor Mulai dari Usia Sil Hingga Kondisinya Kotor

Penyebab Shock Depan Bocor Mulai dari Usia Sil Hingga Kondisinya Kotor

Penyebab shock depan bocor bisa karena beberapa faktor. Jika tidak segera Anda cari tahu, tentu akan berakibat fatal. Saat terlihat rembesan oli pada salah satu shock bagian depan, hal itu memberikan pertanda jika terjadi suatu masalah.

Anda pun harus segera melakukan pengecekan pada kondisi tersebut. Sebenarnya perawatan kendaraan roda dua ini cukup mudah. Bahkan jika Anda melakukannya secara berkala, maka kerusakan atau masalah bisa teratasi sejak awal.

Setiap komponen sepeda motor memiliki fungsi yang cukup penting. Namun agar komponen bisa bekerja dengan optimal harus diberikan perawatan.

Sebaiknya Anda berikan perawatan yang tepat agar tidak menimbulkan masalah baru. Sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan yang kurang memperhatikan komponen shockbreaker.

Padahal komponen tersebut memiliki fungsi yang cukup penting. Sehingga Anda harus memberikan perhatian lebih guna mendapatkan kinerja komponen semakin bagus.

Jangan sampai Anda lupa melakukan pengecekan jika service sepeda motor ke bengkel. Selalu cek kondisi shockbreaker depan yang sering terlupakan. Salah satu masalah yang sering terjadi pada komponen tersebut yaitu mengalami kebocoran.

Ada banyak sekali faktor penyebab shock depan bocor. Jika kondisinya sudah seperti ini tentu akan mempengaruhi kinerja komponen lain.

Baca Juga : Komponen Chasis Sepeda Motor Mulai dari Bagian Hingga Fungsinya

Sebaiknya segera mengetahui penyebabnya. Karena jika kebocoran terus terjadi akan mengganggu dan membahayakan pengendara. Karena alasan inilah, Anda perlu tahu penyebab hingga cara untuk mengatasinya.

Mengetahui Penyebab Shock Depan Bocor Agar Bisa Teratasi

Seperti yang sudah banyak diketahui jika shockbreaker menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan. Sehingga ketika mengalami masalah, tentu akan berpengaruh pada performanya.

Salah satu masalah yang sering dialami para pemilik sepeda motor yaitu shock depan bocor. Jika sudah mengalami hal ini, pastikan Anda tahu bagaimana cara untuk mengatasinya.

Bocornya shock bagian depan pada umumnya terjadi pada salah satu sisi saja. Penyebabnya bisa karena beberapa faktor. Mungkin bisa karena adanya kotoran yang menempel.

Bisa juga hal ini terjadi ketika musim hujan. Sehingga air dan kotoran mengakibatkan seal cepat bocor. Hal ini bisa karena air pasir yang berbentuk tajam akan membuat penyebab shock depan bocor.

Bagi Anda yang masih belum tahu tentang penyebab lainnya, bisa simak ulasan berikut ini:

Baca Juga : Stang Motor Terasa Goyang, Cek Enam Komponen Ini!

Usia Pemakaian Sil Shockbreaker

Penyebab shock depan bocor yang pertama bisa karena usia pemakaian sil sudah terlalu lama. Jika usianya sudah usang, tentu membuatnya mudah getas. Karet dengan kondisi ini mengakibatkan oli mudah merembes.

Jika penyebab ini yang menjadi masalah Anda, solusi tepatnya yaitu melakukan penggantian sil lengkap dengan oli soknya. Jika tidak Anda atasi, akan mengakibatkan bahaya ketika berkendara.

Jarang Dibersihkan

Selain pemakaian sil sudah lama, ada masalah lain yang bisa menjadi penyebab shock depan bocor. Usia sil akan mudah rusak jika Anda tidak melakukan perawatan pada kendaraan, khususnya shock bagian depan.

Kotoran yang menempel dan tidak segera Anda bersihkan akan mengakibatkan area sekitar batang as maupun shockbreaker depan mudah rusak.

Dengan menumpuknya kotoran pada area tersebut, kinerjanya akan bertambah berat. Hal ini karena pergerakan shock bagian depan menjadi terhambat.

Baca Juga : Penyebab Motor Injeksi Brebet saat Digas, Kenali Lebih Awal Gejalanya

Pemasangan Shock Kurang Tepat

Tidak sedikit masalah yang bisa terjadi akibat kesalahan sendiri. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada shock depan yaitu pemasangan kurang tepat. Jika sebelumnya shock depan sudah pernah dibongkar, bisa jadi masalah timbul karena kurang tepat pemasangannya.

Untuk itu, ketika melakukan pembongkaran shock, sebaiknya perhatikan secara teliti. Bukan berarti dengan memasangnya sembarangan, semua akan baik-baik saja.

Sebagian besar orang mengira jika penggunaan sepeda motor yang ugal-ugalan pun juga bisa menjadi penyebab shock depan bocor maupun mengalami masalah lainnya.

Namun kenyataannya, hal tersebut tidak mempengaruhi kebocoran shock. Agar kondisinya selalu dalam keadaan prima, sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala ketika Anda melakukan service.

Hal ini bertujuan jika terjadi kebocoran, Anda akan dengan mudah untuk mengatasinya. Sebagai pemilik kendaraan, jangan hanya melakukan pada perawatan mesin saja. Anda juga perlu tahu apa saja penyebab shock depan bocor. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru