Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Spul Motor Rusak Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Penyebab Spul Motor Rusak Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Penyebab spul motor rusak bisa karena berbagai faktor. Hal ini menandakan jika komponen pada kendaraan harus melakukan yang namanya pengecekan dan perawatan.

Hal ini bertujuan agar performa kendaraan dalam keadaan prima. Kendaraan hadir dengan berbagai komponen yang memiliki fungsi berbeda.

Sebagai pemilik kendaraan, Anda harus tahu ciri-ciri komponen perlu diganti dan kapan waktu yang pas. Apalagi dalam sistem kelistrikan yang satu ini.

Peran yang bisa Anda lakukan cukup penting dalam merawatnya. Misal pada bagian lampu motor dan komponen kelistrikan lainnya.

Misalnya jika lampu sudah diganti, namun masih tidak mau menyala, pastikan dua hal yang harus Anda cek. Pengisian aki atau justru dari komponen spulnya.

Pahami Penyebab Spul Motor Rusak

Sebagai pemilik kendaraan, pastikan Anda lebih tahu komponen di dalamnya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa melakukan pengecekan dengan tepat pada setiap komponen.

Banyak sekali komponen sepeda motor yang memiliki beragam fungsi berbeda. Anda perlu tahu apa jenis dan fungsinya. Pastikan juga Anda memberikan perawatan yang tepat pada setiap komponen.

Baca juga: Rem Cakram Terlalu Dalam, Lakukan Penanganan Sendiri di Rumah

Salah satu yang memiliki peran penting dalam sistem kelistrikan sepeda motor yaitu spul. Ada banyak penyebab spul motor rusak. Namun sebelum mengetahuinya, ada baiknya jika Anda tahu apa itu spul pada sepeda motor.

Spul motor itu sendiri adalah salah satu komponen vital pada sistem kelistrikan. Fungsi dari komponen yang satu ini yaitu sebagai sumber listrik untuk dapat mencakup kebutuhan elektrikal.

Ketika komponen ini rusak, maka banyak hal yang bisa terjadi. Hal ini terjadi karena suplai daya listrik pada sepeda motor akan terhenti. Spul menyediakan sumber tegangan bolak-balik AC.

Jika spul rusak, bisa saja motor mogok di tengah jalan. Agar bisa mengantisipasi hal ini, sebaiknya cari tahu juga penyebabnya. Ada beberapa penyebab yang bisa terjadi, antara lain:

  1. Timbulnya lonjakan tegangan yang muncul.
  2. Sambungan atau socket pada sistem kelistrikan sudah aus.
  3. Munculnya panas berlebih pada bagian putaran dinamo.
  4. Adanya kotoran yang menempel pada area spul.
  5. Spul memiliki usia tua seiring pemakaiannya yang sudah lama.

Cara Mengatasi Spul Motor Bermasalah

Setelah Anda tahu apa saja penyebab spul motor rusak, saatnya tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu membukanya terlebih dulu.

Jangan sampai lupa untuk mengembalikannya menjadi semula. Sehingga saat membuka, perhatikan posisi baut dan komponen lainnya.

Lakukan Proses Pelilitan

Ada cara lain untuk mengatasi penyebab spul motor rusak. Cara yang dimaksud yaitu lakukan proses pelilitan. Sebaiknya siapkan alat seperti kawat, pulpen bekas, dan lem besi.

Setelah peralatan siap,, segera lakukan proses pelilitan. Ada yang perlu Anda perhatikan yaitu pastikan ukuran kawat sesuai dengan aslinya.

Membersihkan Area Spul dan Kumparan

Setelah penyebab spul motor rusak Anda ketahui, segeralah untuk mengatasinya. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika penyebabnya cukup beragam.

Baca juga: Cara Mengatasi Karburator Banjir Tanpa Bongkar dengan 3 Langkah

Salah satu cara untuk mengatasinya, yaitu bersihkan area kumparan dan spulnya. Jika kedua area tersebut memiliki banyak kotoran, maka mengakibatkan spul bermasalah. Untuk itulah mengapa Anda perlu membersihkan kedua bagian tersebut.

Berikan Tambahan Lem

Memiliki sepeda motor memang harus tahu berbagai komponen dan fungsinya. Sehingga ketika terjadi masalah, akan mudah untuk Anda perbaiki sendiri. Seperti halnya ketika spul bermasalah.

Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya setelah mengetahui penyebab spul motor rusak. Setelah membersihkan area spul dan melakukan pelilitan, Anda bisa tambahkan lem besi.

Berikan lem besi di dalamnya untuk merekatkan komponen kelistrikan agar semakin kuat. Sehingga tidak akan mudah lepas kembali.

Lakukan Pengecekan

Memperbaiki spul yang bermasalah bisa Anda lakukan sendiri. Sebenarnya cara yang bisa Anda lakukan tidaklah rumit. Tidak membutuhkan peralatan khusus.

Baca juga: Cara Menetralkan Rem Kopling yang Mudah, Berikut Tutorialnya

Cukup membuka dan melakukan pengecekan terlebih dulu. Sebaiknya setelah Anda melakukan perbaikan, cek kembali posisi dan kondisi spul.

Pastikan spul berfungsi kembali. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan AVO meter untuk mendeteksi ada kelistrikan atau tidak.

Jika semuanya sudah terhubung secara otomatis, maka perbaikan yang Anda lakukan berhasil. Itulah mengapa pentingnya Anda tahu penyebab spul motor rusak. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru