Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Tangki Motor Berkarat, Bisa Mengakibatkan Kendaraan Mogok

Penyebab Tangki Motor Berkarat, Bisa Mengakibatkan Kendaraan Mogok

Penyebab tangki motor berkarat bisa dikarenakan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Seringkali pemilik sepeda motor tidak menyadari jika tangki BBM sudah mulai berkarat.

Padahal hal ini bisa mempengaruhi timbulnya masalah di jalan. Jika sudah terjadi hal ini, maka mengakibatkan mesin kendaraan susah nyala. Hal ini terjadi karena bahan bakar bensin bagian dalam sudah tercemar.

Bahkan ada berbagai akibat yang akan terjadi ketika tangki berkarat. Motor bisa saja mati total dimana maupun kapan saja.

Meski terlihat sepele, komponen tersebut justru memiliki peran cukup penting untuk kinerja bagian mesin kendaraan.

Fungsi dari tangki motor sendiri adalah menjadi tempat untuk bensin atau bahan bakar ditampung. Setiap tipe kendaraan memiliki kapasitas tangki yang tidak sama. Namun, semua jenis tangki tentu bisa timbul karat.

Jika sudah terjadi hal tersebut mengakibatkan aliran bensin menjadi tersendat. Masalah inilah yang bisa menjadi penyebab mengapa motor sulit hidup. Tangki yang berkarat juga dipengaruhi usia dari kendaraan itu sendiri.

Semakin tua umurnya maka mengakibatkan risiko munculnya karat juga kian besar. Meski demikian, ada beberapa faktor penyebab tangki motor berkarat.

Baca Juga : Perawatan Motor Setelah Turun Mesin Agar Kendaraan Kembali Prima

Sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya tahu apa penyebabnya sehingga bisa mengurangi risiko tersebut lebih awal.

Mengenali Apa Saja Penyebab Tangki Motor Berkarat

Tangki bensin tentu ada pada semua jenis kendaraan. Fungsinya untuk menampung bahan bakar, membuat Anda harus perhatikan dengan tepat. Salah satu kondisi yang bisa terjadi yaitu tangki berkarat.

Seiring pemakaiannya, tangki bisa mengalami karat. Padahal jika hal ini terjadi tentu mampu menimbulkan masalah baru. Meski demikian, ada beberapa alasan mengapa tangki motor bensin lebih cepat berkarat.

Timbulnya karat atau korosi pada tangki bensin mengakibatkan kendaraan sulit nyala. Bahkan jika kondisinya sudah parah, justru mengakibatkan motor mati total.

Jika hal ini Anda alami, maka mengakibatkan kebutuhan transportasi Anda menjadi bermasalah. Penyumbatan saluran aliran bensin ke ruang bahan bakar juga akan mengakibatkan motor sulit hidup.

Jika sudah terjadi hal seperti ini, sebaiknya Anda segera mengatasinya. Jangan abaikan masalah yang dianggap sepele. Padahal akibatnya cukup serius.

Baca Juga : Perawatan Motor Matik Saat Musim Hujan

Agar bisa mengatasinya dengan tepat, cari tahu apa saja penyebab tangki motor berkarat. Setidaknya ada dua penyebab yang bisa memudahkan karat muncul pada bagian tangki.

Tangki Kemasukan Air

Penyebab tangki motor berkarat yang pertama yaitu karena kemasukkan air. Selain karena usia kendaraan yang sudah tua, penyebab ini menjadi salah satu faktor yang bisa terjadi.

Kondisi ini bisa terjadi pada tangki motor yang posisinya berada di luar jok. Melalui celah tangki, air dapat dengan mudah masuk. Karena itulah, pastikan Anda menutup tangki dengan rapat.

Apalagi ketika musim hujan tiba. Jika tidak, pastikan Anda juga memperhatikan bagian tangki agar terkunci rapat saat mencuci motor. Semprotan yang terlalu keras juga bisa membuat air masuk dengan mudah.

Bensin Tidak Terisi Full

Penyebab tangki motor berkarat yang lainnya yaitu kurangnya mengisi bensin. Saat masih tersisa ruang pada tangki motor, tempat itulah rentan terkena karat.

Baca Juga : Ciri-ciri Radiator Motor Rusak, Efek Buruk dan Cara Perawatannya

Mengingat kapasitas tangki motor berbeda-beda sebaiknya Anda mengisi secara full. Cara ini bisa membantu mengurangi risiko tangki berkarat.

Apalagi bensin memiliki sifat menguap sehingga ketika ada ruangan yang kosong akan mengakibatkan timbulnya korosi.

Setidaknya Anda mengisinya secara full. Dengan begitu tangki tidak mudah berkarat dan kondisi motor bisa berjalan dengan lancar.

Memiliki kendaraan sepeda motor tentu membantu transportasi menjadi lebih mudah. Namun pastikan Anda memberikan perawatan secara tepat. Jika tidak, banyak masalah yang bisa timbul.

Salah satu penyebab masalah yang perlu Anda perhatikan yaitu tangki motor berkarat. Saat kondisi ini terjadi bisa mengakibatkan motor macet atau bahkan mati total. Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu perhatikan kondisinya.

Selain karena usia kendaraan, karat atau korosi bisa terjadi karena beberapa faktor. Agar masalah ini tidak Anda alami, sebaiknya cari tahu apa saja penyebab tangki motor berkarat.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu cek kondisi kendaraan secara rutin. Kendaraan akan selalu siap digunakan secara aman dan nyaman. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru