Jumat, Desember 3, 2021
BerandaBerita TerbaruPersamaan Reaksi Kimia dalam Pembelajaran dan Kehidupan

Persamaan Reaksi Kimia dalam Pembelajaran dan Kehidupan

Persamaan reaksi kimia menjadi salah satu hal yang penting untuk kita pelajari. Reaksi kimia merupakan proses mengubah suatu zat menjadi zat berbeda. Perlu Anda ketahui bahwa dalam kehidupan sehari-hari, reaksi kimia ini sangat sering terjadi.

Misalnya saja adalah saat kita membakar kertas atau benda lainnya. Proses pembakaran tersebutlah yang dinamakan dengan reaksi kimia.

Ketika kita membuka buah apel dan membiarkannya untuk tetap berada di udara terbuka, sudah pasti akan terjadi perubahan pada permukaan buah tersebut.

Buah tersebut juga akan menjadi coklat. Perubahan inilah yang terkenal dengan reaksi kimia. Contoh tersebut termasuk dari reaksi kimia jenis oksidasi.

Baca Juga: Contoh Campuran Homogen Ilmu Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pahami Persamaan Reaksi Kimia dalam Kehidupan

Perlu Anda ketahui bahwa persamaan reaksi kimia nantinya akan membantu untuk menentukan zat-zat apa saja yang terlibat pada suatu reaksi. Selain itu, juga untuk menentukan kemungkinan zat yang akan dihasilkan oleh reaksi tersebut.

Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail, simak ulasan berikut ini. Persamaan reaksi kimia merupakan suatu pernyataan yang menggambarkan reaksi kimia dengan menggunakan rumus kimia serta lambang-lambang lainnya.

Untuk semua zat yang terlibat dalam reaksi ini, maka jumlahnya berkurang setelah reaksi. Hal ini juga yang terkenal dengan pereaksi atau reaktan. Tempatnya berada di sebelah kiri tanda panah serta mengarah ke kanan.

Sedangkan pada sebelah kanan terdapat tanda panah yang berupa hasil reaksi atau produk. Reaksi atau produk itu sendiri merupakan semua zat yang dihasilkan oleh reaksi.

Baca Juga: Pengertian Reaksi Redoks dalam Pembelajaran, Ini Penjelasannya

Rumus Reaksi Kimia

Dalam pembahasan ini juga terdapat persamaan laju reaksi kimia dan menunjukkan wujud zat yang terdapat dalam reaksi. Perlu Anda catat, untuk simbol S merupakan zat padat atau solid, l sebagai liquid atau zat cair, aq adalah larutan dalam air, dan G ialah gas.

Contoh dalam Kehidupan

Seperti penjelasan pada bagian sebelumnya yang menyatakan bahwasanya persamaan reaksi kimia itu terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya saja, terjadinya pembakaran arang yang menghasilkan karbondioksida. Persamaan reaksi tersebut bertuliskan C(s) + O2(g) –> CO2(g).

Untuk karbon sendiri lambangnya sebagai wujud solid. Kemudian peristiwa tersebut memicu terjadinya reaksi dengan gas oksigen lantas menghasilkan karbondioksida yang berwujud gas.

Contoh persamaan kimia yang lainnya adalah penguraian gas uap amonium klorida yang dapat menghasilkan gas amonia serta gas hidrogen klorida. NH4CI(g) –>NH3(g) + HCL(g).

Baca Juga: Cara Menentukan Bilangan Oksidasi yang Mudah, Berikut Penjelasannya

Lalu bagaimana dengan penyetaraan dan persamaan reaksi kimia? Pada teori atom Dalton, menyatakan bahwasanya atom-atom yang terjadi ketika reaksi kimia itu tidak akan pernah hilang.

Namun peristiwa tersebut hanya menyebabkan berubahnya susunan. Artinya adalah penulisan dari reaksi kimia ini tidak boleh hilang atau menambahkan atom.

Atom-atom yang terdapat pada reaksi baik yang terdapat di sebelah kanan maupun kiri, itu harus sama jumlahnya. Sehingga penyetaraan persamaan reaksi kimia itu memang penting. (R10/HR-Online)

- Advertisment -