Minggu, Desember 5, 2021
BerandaBerita TerbaruPeta Bawah Tanah Mars, Inovasi Pertama Kali Dalam Sejarah

Peta Bawah Tanah Mars, Inovasi Pertama Kali Dalam Sejarah

Peta bawah tanah Mars curi perhatian. NASA untuk pertama kalinya merancang pengembangan teknik. Sepanjang sejarah jadi penelitian pertama mengenai permukaan bawah planet kering yang satu ini.

Anda pasti sudah tidak asing mengenai berbagai penelitian planet yang letaknya tidak jauh dari Bumi ini. Warna dan kondisi dari planet ini juga sudah masuk dalam data para astronom.

Sehingga fakta mengenai planet ini rasanya sudah familiar. Namun fakta terbaru mengenai penelitian ini cukup jadi perhatian. Pasalnya, menjadi yang pertama sepanjang sejarah.

Baca Juga: Ciri Planet Mars, Lengkap dengan Fakta Menariknya

Pembuatan Peta Bawah Tanah di Mars

Ahli geofisika asal Swiss memimpin penelitian kali ini. Pengembangan teknik baru dan dengan penyempurnaannya ini menjadi pertama kali sepanjang sejarah.

Mereka bekerja sama dalam memungkinkan instrumen pendarat untuk melihat secara langsung bagaimana bagian permukaan bawah planet Mars. Kondisi kering ini memiliki kedalaman mencapai 660 kaki atau sekitar 200 meter dari keraknya.

Sehingga nantinya akan ada data yang bisa mengkonfirmasi mengenai tempat yang memungkinkan risiko gempa bumi. Selain itu, pengembangannya akan membantu kita dalam mempelajari struktur permukaannya dengan lebih baik lagi.

Cedric Schmelzbach yang merupakan akhir dari geofisika, berasal dari Institut Teknologi Federal Swiss di Zurich. Mereka bersama beberapa rekan penulis jurnal terbaru, Space melansirnya.

Baca Juga: Penampakan Peta Geologis Bulan, Mampu Bantu Misi Masa Depan

Teknik Dari Getaran

Peta bawah tanah Mars menggunakan sebuah teknik yang berasal dari getaran. Sehingga lautan dan angin akan membuat tanahnya bergetar pada sepanjang waktu.

Dari sinilah kita bisa melakukan pengukuran sampai pada titik tertentu. Selain itu, akan ada data yang membantu dalam menilik jejak bawah permukaannya tersebut.

Setiap keributan dari permukaan tersebut tentu akan membuat tanah mengalami getaran. Sekecil apapun getarannya, akan berangsur dan tertangkap dalam instrumen sensitifnya,

Sehingga mereka memperkirakan bahwa planet yang satu ini memiliki kondisi lebih tenang daripada Bumi. Hal ini dikarenakan beberapa hal berikut ini.

Mars Lebih Tenang Dari Bumi

Pertama, kenapa kondisi planet ini cenderung lebih tenang daripada planet yang kita huni? Tentu karena Mars tidak memiliki lautan yang bisa mengakibatkan terjadinya getaran.

Selanjutnya pada atmosfernya yang jauh lebih tipis tersebut, maka anginnya sangat lemah. Lalu planet Mars hanya memiliki satu pendarat InSight.

Tentu berbeda jauh daripada Bumi yang memiliki stasiun dengan jumlah tidak terhitung. Hal seperti ini yang membuatnya lebih tenang daripada dengan kondisi Bumi.

Baca Juga: Danau Cair di Kutub Selatan Mars, Endapan Tanah Liat Beku

Hasil Dari Peta Mars

Astronom mengungkap bahwa pada struktur bawah permukaan secara detail sangat menakjubkan. Mereka bahkan bisa mengungkap lapisan sedimen juga beberapa lapisan yang masih mereka kerjakan.

Selain itu, planet ini mengembangkan lautan air yang melimpah pada bagian atmosfernya yang kaya tersebut. Peneliti mengungkapkan bahwa evolusinya akan berpengaruh menjadi planet yang tidak lagi bersahabat kedepannya.

Peta bawah tanah Mars menjadi pertama dan menarik. Data yang hadir perlu penafsiran dalam jangka waktu kedepannya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -