Rabu, Januari 26, 2022
BerandaTeknologiAplikasiPreview Instagram di Twitter Kembali Lagi, Memudahkan Pengguna!

Preview Instagram di Twitter Kembali Lagi, Memudahkan Pengguna!

Preview Instagram di Twitter kini kembali lagi setelah sebelumnya pernah dihapus sejak tahun 2012 yang lalu. Pasalnya dengan fitur tersebut, mampu membantu para penggunanya untuk melakukan pratinjau tautan Instagram sebelum akan mengaksesnya.

Sebenarnya fitur Preview (Pratinjau) ini sudah ada sejak tahun 2010 ketika aplikasi Instagram baru saja meluncur atau rilis. Akan tetapi, ketika Instagram dibeli oleh Facebook (Meta) sejak 2012, hubungan Instagram dan Twitter semakin memanas.

Baca Juga: Link Stiker Instagram Story untuk Semua Pengguna, Simak Cara Kerjanya!

Fitur Preview Instagram di Twitter Kembali Hadir

Sepertinya ada kabar bahagia, platform Instagram berhasil mengumumkan informasi kepada para pengguna Twitter. Bagaimana tidak, sebab saat ini link postingan Instagram yang dibagikan ke aplikasi Twitter sudah kembali tampil lagi.

Tentunya kehadiran preview ini sangat bermanfaat. Para pengguna Twitter dapat melihat preview dari konten yang mereka unggah. Seperti pembahasan sebelumnya bahwa sejak satu dekade lalu Instagram sendiri telah menghadirkan fitur tersebut, hanya saja terhenti.

Ketika preview Instagram di Twitter tengah berseteru, maka Twitter pun membatasi API mereka yang membuat Instagram tidak mampu menggunakannya. Termasuk untuk mencari para pengguna Instagram lain berdasarkan pada following di Twitter dan menghapus fitur Preview.

Namun sepertinya itu telah menjadi salah satu bagian dari perusahaan Meta (Facebook) untuk bisa mengubah pandangan orang kepada mereka. Namun sebelumnya Meta sendiri juga akan menghapus fitur berupa Facial Recognition miliknya.

Baca Juga: Fitur Baru Instagram Live, Bisa Buat Jadwal Siaran dan Sesi Latihan

Fitur Hadir untuk Pengguna Semua Platform

Kehadiran Preview Instagram di Twitter yang awalnya sempat menghilang, kini kembali hadir tepat pada awal bulan November 2021. Seperti halnya sebuah tautan milik @instagram sejak Kamis, 4 November 2021 mengumumkan fitur tersebut kembali.

Selain itu, fitur tersebut muncul di Twitter, baik untuk para pengguna iOS, Android, maupun Twitter di PC atau laptop. Kemungkinan besar pula bahwa fitur tersebut hadir lagi, namun secara bertahap untuk semua pengguna.

Instagram sebelumnya juga meluncurkan fitur posting video dan foto di browser desktop maupun PC. Hingga fitur yang sudah ada sejak 21 Oktober lalu, kini berhasil menjawab semua kebutuhan para penggunanya.

Tidak hanya itu, melainkan Instagram juga telah merilis sebuah fitur beberapa waktu yang lalu, yakni fitur Collabs. Fitur tersebut juga memungkinkan sesama pengguna agar bisa membuat konten Reels dan Feed bersama hanya dalam satu postingan.

Melihat dari Timeline

Adanya Preview Instagram, maka para pengguna di aplikasi Twitter dapat melihat pratinjau postingan dari timeline. Bahkan tidak harus mengklik link pula.

Sementara untuk ukuran preview ini memang tidak begitu besar dan hampir sama seperti pratinjau link video YouTube. Para pengguna pun harus mengklik dulu link untuk bisa melihat dalam versi sepenuhnya.

Bagi para pengguna Instagram maupun Twitter, tentunya sudah familiar atau tidak saing dengan fitur tersebut. Sebab ketika Instagram belum populer, para pengguna Twitter dapat mengunggah link postingan secara penuh pada cuitannya.

Namun sayangnya, fitur itu hilang dan pendiri Instagram yakni Kevin Systrom mengungkapkan bahwa perusahaan ingin supaya konten bisa dilihat secara penuh.

Bahkan Twitter sebelumnya juga memandu acara di percakapan Twitter Spaces, merekam, serta membagikan siaran. Fitur itu mulai ada dan cukup terbatas di iOS.

Baca Juga: Hapus Follower Twitter Tanpa Blokir Anti Ketahuan, Ini Caranya

Lebih Memudahkan Para Pengguna

Kembali hadirnya preview Instagram di Twitter, maka para pengguna tidak harus mengetuk tautan dengan tujuan untuk bisa melihat gambar unggahan mereka.

Memang tidak begitu jelas mengapa Instagram justru mengembalikan pratinjau itu sekarang. Namun nyatanya, perusahaan malah mengatakan bahwa Preview Twitter Card akan mulai meluncur secara bertahap.

Lebih lanjut lagi, para pengguna juga bisa melihat bahwa pratinjau kartu Twitter akan berbeda dari penyematan foto penuh. Sekarang tautan Instagram mampu menampilkan pratinjau tautan layaknya tautan YouTube yang muncul di Twitter.

Selain fitur tersebut, tampaknya Instagram juga akan memperkenalkan dua efek lainnya di Reels, yakni Dynamic Lyrics dan Superbeat. Fitur Preview Instagram di Twitter ini sendiri kini sudah tersedia untuk pengguna Android, iOS, dan web. (R10/HR-Online)

- Advertisment -