Selasa, November 30, 2021
BerandaBerita JabarPuluhan Produk UMKM di Jabar Pakai Merek Ridwan Kamil

Puluhan Produk UMKM di Jabar Pakai Merek Ridwan Kamil

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengizinkan pelaku UMKM menggunakan namanya sebagai merek produk. Hal ini bertujuan untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan.

“Silahkan pakai nama saya kalau itu dapat meningkatkan bisnis UMKM,” ujar Ridwan Kamil di Anjungan Jabar TMII Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Ridwan Kamil menegaskan tidak ada royalti untuk memakai namanya. Tapi ada dua syarat dari Gubernur Jabar bagi UMKM yang akan memakai namanya untuk produknya. Yakni menyampaikan pemberitahuan dan bisnis tersebut harus sesuai etika syariah.

“Laporan dulu dan bisnisnya sesuai etika syariah. Jangan seperti karaoke plus Ridwan Kamil,” katanya.

Sejauh ini ada 25 UMKM Jabar yang telah melapor memakai namanya untuk produknya. Contohnya seperti Keripik Pedas Kang Emil, Tukang Cukur Kang Emil, Toko Galon Ridwan Kamil, sampai Cimol Kang Emil.

Baca Juga: UMKM Jabar yang Masuk Pasar Online Meningkat, Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Tidak hanya memakai nama saja, Ridwan Kamil pun turut membantu memasarkan produk tersebut lewat media sosial dengan pengikut belasan juta. Bahkan Ridwan Kamil juga mendesain sejumlah produk UMKM, dari sepatu, helm, celana jeans hingga jaket, gratis.

“Saya posting produknya ke Instagram yang pengikutnya 14 juta. Mendesain gratis produknya,” ujarnya.

Dukungan nyata Pemprov Jabar terhadap UMKM lainnya adalah memberikan bantuan anggaran. Salah satunya melalui program OPOP atau One Pesantren One Product. Saat ini sudah 2.000 pesantren telah memiliki usaha.

Bank Indonesia juga memberikan penghargaan kepada Jabar sebagai daerah terbaik dalam ekonomi digital. Sudah 2,6 juta UMKM Jabar telah terkoneksi secara digital. Ini merupakan yang terbanyak di Indonesia.

“Saya dukung kegiatan UMKM secara lahir batin karena dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan,” tegasnya. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -