Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruRecovery Mode di iPhone, Apa dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Recovery Mode di iPhone, Apa dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Recovery mode di iPhone itu apa dan bagaimana melakukannya? Mungkin untuk sebagian pengguna perangkat iOS masih terasa asing dengan istilah recovery mode.

Perlu Anda ketahui, untuk beberapa kesempatan, mungkin Anda perlu melakukan recovery mode sebagai langkah untuk restore perangkat yang Anda gunakan.

Recovery mode diperlukan pada situasi tertentu. Seperti pada saat layar hanya menampilkan untuk terhubung ke iTunes atau ketika layar terdapat logo Apple saja. Namun sebelum melakukannya, tidak ada salahnya Anda memahami istilah satu ini.

Baca Juga: iPhone Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk, Ini Cara Mengatasinya

Apa Itu Recovery Mode pada iPhone?

Perangkat iOS seperti iPad iPhone atau iPad Touch sangat populer mempunyai kualitas yang baik. Tidak heran jika produk-produk Apple ini sangat jarang mengalami error, terutama yang berhubungan dengan sistem operasi iOS.

Namun bukan berarti perangkat iPhone tidak dapat rusak sama sekali. Perangkat ini tetap dapat mengalami kesalahan sistem yang mengharuskannya untuk segera diatasi. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini muncul yakni mengharuskan perangkat untuk masuk ke dalam recovery mode.

Recovery mode adalah failsafe pada iBoot yang bermanfaat untuk menghidupkan kembali perangkat iPhone dengan versi baru dari iOS Hal ini biasanya digunakan pada saat iOS mengalami kerusakan atau upgrade melalui iTunes.

Baca Juga: Instal CWM Recovery Android Semua Jenis Tanpa PC

Kapan Harus Melakukan Recovery Mode di iPhone?

Recovery mode pada perangkat sebaiknya dilakukan pada saat:

  • Upgrade iOS dari versi beta ke versi Global
  • Gagal melakukan restore perangkat dari iTunes atau iTunes tidak bisa mendeteksi perangkat iPhone saat Anda hubungkan.
  • Proses update iOS mengalami kegagalan yang menyebabkan iPhone mengalami restart secara terus-menerus atau crash
  • Recovery mode di iPhone terjadi ketika kondisi baterai lemah, akan tetapi Anda memaksakan untuk melakukan update iOS
  • Bisa juga dengan munculnya icon Connect to iTunes atau logo Apple pada layar selama beberapa menit tanpa adanya suatu perubahan

Biasanya recovery mode dengan tujuan untuk memperbaiki perangkat yang mengalami bootloop karena adanya error pada sistem. Bisa juga pada saat perangkat ini tidak dapat masuk ke home screen.

Baca Juga: Viral Ajakan Hapus Google Chrome di Smartphone, Ini Tanggapan Google!

Cara Melakukan Recovery Mode di iPhone dengan Menggunakan iTunes

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan recovery mode pada perangkat iPhone:

  1. Langkah pertama, perbaharui versi iTunes pada laptop atau komputer. Pastikan Anda telah menggunakan versi terbaru iTunes. Untuk menggunakan iTunes, Anda tidak harus menggunakan MacBook. Pasalnya aplikasi iTunes dapat Anda gunakan pada laptop Windows.
  2. Langkah berikutnya hubungkan iPhone ke iTunes. Apabila aplikasi iTunes pada perangkat PC telah terbuka, maka tutup aplikasinya terlebih dahulu. Selanjutnya Anda dapat menghubungkan perangkat dan buka kembali aplikasi iTunes. Lalu Anda dapat lakukan verifikasi dengan tekan tombolnya “trust this computer” untuk memasukkan kode akses gadget yang Anda gunakan.
  3. Pada saat perangkat iPhone Anda telah terhubung, maka hidupkan ulang dengan tekan tombol serta tahan hingga Anda dapat melihat tombol Apple. Tunggu beberapa saat hingga layar yang terhubung ke iTunes dapat menampilkan indikator bahwa langkah ini berhasil.
  4. Langkah berikutnya untuk dapat recovery mode di iPhone, Anda tekan dan tahan tombol home serta tombol volume secara bersamaan. Namun pada langkah ini, masing-masing seri ponsel iPhone seringkali terdapat perbedaan. Masing-masing versi memiliki pengaturan tersendiri dalam hal ini. Anda dapat menyesuaikan dengan versi iPhone yang Anda gunakan.
  5. Langkah berikutnya untuk melakukan recovery mode di iPhone adalah dengan melakukan instalasi ulang iOS tanpa harus menghapus data. Pada saat Anda melihat pilihan restore atau update, maka pilih update agar aplikasi iTunes dapat menginstall ulang iOS tanpa harus menghapus data yang Anda miliki. Tunggu hingga iTunes berhasil mengunduh software pada perangkat iOS.

Tunggu waktu pengunduhan dalam beberapa saat hingga layar iTunes keluar secara otomatis. Setelah proses update selesai, maka perangkat iOS telah berhasil Anda pulihkan dengan langkah aman tanpa harus kehilangan data-data penting yang Anda miliki melalui recovery mode di iPhone. (R10/HR-Online)