Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita BisnisRights Isue Saham, Pengertian dan Pentingnya untuk Para Investor

Rights Isue Saham, Pengertian dan Pentingnya untuk Para Investor

Rights isue saham menjadi salah satu istilah yang familiar bagi para investor. Salah satu hal yang sudah tercatat pada Bursa Efek Indonesia yaitu menerbitkan right.

Dalam dunia investasi tentu banyak sekali istilah asing yang memiliki artian berbeda. Sehingga jika Anda sebagai investor pemula, kenali dulu apa saja istilah yang bisa Anda pahami dengan artinya.

Sebab istilah-istilah tersebut digunakan untuk pengembangan investasi dalam jangka panjang. Sehingga mempengaruhi perkembangan dalam dunia saham.

Baca Juga: Saham Tesla Anjlok Karena Cuitan Elon Musk di Twitter, Bagaimana Bisa?

Saat perusahaan sudah memunculkan saham pertamanya, tentu banyak pemegang saham yang ambil bagian. Bahkan karena faktor tersebut tidak menutup kemungkinan untuk menerbitkan saham baru.

Namun sebelum saham ditawarkan pada investor baru, biasanya diberikan pada investor lama terlebih dulu. Hal inilah yang disebut dengan rights isue.

Dengan cara ini, investor lama tetap bisa memutuskan apakah saham akan mereka beli atau tidak.

Meski, pemegang saham perseorangan memiliki hak terlebih dulu dalam memesan saham. Untuk itu, agar tidak bingung, cari tahu apa sih sebenarnya rights isue saham? Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Rights Isue Saham

Saat ini investasi banyak menjadi pilihan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang. Apabila juga menginginkan cara ini untuk pasar modal seperti saham, tentu sering mendengar rights isue.

Istilah ini memang sering muncul dalam dunia investasi. Agar lebih jelas, ada baiknya jika mengetahui arti dari rights isue.

Rights isue itu sendiri merupakan hak yang diberikan pada pemegang saham lama untuk membeli saham baru. Hal ini terjadi ketika sebuah perusahaan melakukan penawaran publik perdana tidak menutup kemungkinan jika ada saham baru yang masuk.

Namun beda jika perusahaan itu sendiri yang membutuhkan. Ketika saham baru akan hadir, tentu penawaran pertama pada pemegang saham lama yang kemudian penawaran pada investor baru. Dalam hal inilah investor lama akan mendapatkan rights isue.

Baca Juga: Saham Bank Mini Melesat, Tenggat OJK Hanya Tinggal Satu Bulan Lagi

Apa Rights Isue Saham Menguntungkan Invetor?

Bagi investor lama tentu rights isue memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungan yang bisa investor peroleh yaitu mudah membeli saham baru jika perbandingannya dengan investor baru.

Bahkan kelebihan lain yang bisa investor dapatkan dari harganya yang lebih murah. Karena haknya dalam pembelian saham baru tentu cukup menguntungkan.

Jika pihak investor lama tidak mau membeli saham, maka bisa menjual haknya pada Bursa Efek Indonesia. Karena cara ini sering membawa segi positif sehingga membuat harga saham semakin tinggi.

Baca Juga: Saham Top Gainer pada Pekan Ini, Berikut Sejumlah Rekomendasinya!

Meski demikian, masih banyak kekurangannya. Presentase kepemilikan dari investor lama akan mengalami penurunan. Hal ini akan terjadi jika investor lama tidak membeli saham baru.

Inilah mengapa pentingnya rights isue saham untuk investor lama. Sehingga memiliki keuntungan hingga kerugian bagi investor lama dalam dunia investasi saham. (R10/HR-Online)

- Advertisment -