Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisRisa Setyawati, Atlet Terbang Layang Asal Ciamis Raih Emas untuk Papua

Risa Setyawati, Atlet Terbang Layang Asal Ciamis Raih Emas untuk Papua

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Risa Setyawati (20) anak dari pasangan suami istri Jaka dan Rosih warga Kampung Gudang, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat merupakan atlet terbang layang yang meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021.

Risa memang tidak mewakili provinsi Jawa Barat, lantaran ia mewakili kontingen Provinsi Papua dari cabang olahraga terbang layang. 

Menurut Risa, meraih prestasi hingga bisa menyabet medali emas tidaklah semudah seperti membalikkan telapak tangan. 

“Faktor yang bisa membuahkan hasil hingga meraih medali emas, melalui proses dan perjuangan keras. Baik selama pembinaan maupun dalam berlatih secara yang dilakukan dengan maksimal,” katanya, Sabtu (6/11/2021). 

Baca Juga: Atlet Pulang Naik Bus, Anggota DPRD: ke Mana KONI Ciamis?

Atlet terbang layang asal Ciamis ini menjelaskan, dirinya masuk menjadi kontingen atlet terbang layang dari Provinsi Papua. Hal itu karena Risa tidak tahu ada seleksi di Jawa Barat.

“Selain itu juga, Provinsi Papua sedang membutuhkan atlet terbang layang perempuan. Pada saat itu saya ikut seleksi di Jakarta. Alhamdulillah lolos sehingga terpilih menjadi salah satu atlet terbang layang kontingen Provinsi Papua,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan beberapa medali emas yang disabet oleh para atlet, kontingen Provinsi Papua tampil sebagai juara umum pada cabor air sport disiplin terbang layang PON XX. 

Provinsi Papua meraih lima medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu. Salah satu medali emas yang diraih Papua disumbangkan Risa Setyawati. 

Sementara untuk provinsi Jawa Barat pada cabor terbang layang di PON Papua hanya mendapat dua medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu. (Edji/R7/HR-Online)