Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita BanjarRumah Semi Permanen di Banjar Hangus Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Rumah Semi Permanen di Banjar Hangus Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebuah rumah semi permanen milik Sanusi (56), warga Lingkungan Panatasan, RT 3 RW 19, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, hangus terbakar.

Peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 06.30 WIB ketika pemilik rumah sedang berada di luar.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar Kusnadi mengatakan, peristiwa kebakaran itu pertama kali yang mengetahuinya warga yang sedang berada di sawah. Lokasinya tak jauh dari TKP.

Kemudian, warga tersebut memanggil yang lainnya untuk mendekat ke lokasi dan memadamkan api yang sudah mulai merambat ke bagian rumah yang lainnya.

“Kejadian itu sekitar 06.30 WIB. Kita mendapatkan laporan dari warga itu pukul 07.30 WIB dan langsung meluncur ke lokasi,” kata Kusnadi, Kamis (18/11/2021).

baca juga: Takut Rumah Ambruk, Bagio Warga Kota Banjar Tak Bisa Tidur Nyenyak

Kusnadi menjelaskan, kobaran api yang menghanguskan isi rumah semi permanen itu bisa padam pukul 08.00 WIB WIB setelah warga bergotong royong dengan menggunakan alat seadanya.

“Akan tetapi, petugas pemadam ketika datang ke lokasi tetap melakukan pendingin, karena khawatir masih ada sumber api yang belum padam,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Kusnadi, faktor penyebab kebakaran tersebut diduga akibat korsleting arus listrik.

“Karena ada steker atau colokan di situ terhubung dengan magicom, kulkas, handphone, dan TV. Sehingga itu menjadi dugaan sementara kami yang menyebabkan kebakaran,” ungkapnya.

Oleh karena itu, rumah semi permanen itu hampir 70 persen hangus terbakar oleh si jago merah.

“Hampir 70 persen isi rumah tersebut hangus terbakar. Dengan demikian, kita juga sudah mendistribusikan logistik kepada korban,” tandas Kusnadi.

Dari peristiwa kebakaran itu pemilik rumah mengalami kerugian sekitar mencapai Rp 40 juta dan aset terselamatkan sekitar Rp 20 juta. (Sandi/R6/HR-Online/Editor Muhafid)

- Advertisment -