Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruSabuk Pengaman Mobil, Kenali Fungsi Hingga Bagian-bagiannya

Sabuk Pengaman Mobil, Kenali Fungsi Hingga Bagian-bagiannya

Sabuk pengaman mobil merupakan salah satu piranti kelengkapan saat berkendara. Bahkan pihak pemerintah sendiri juga sudah membuat peraturan untuk penggunaannya.

Pemerintah memberikan aturan pemakaian sabuk pengaman guna menjaga keselamatan pengendara. Sabuk pengaman berfungsi untuk melindungi agar semua yang berada di dalam mobil tetap terlindungi jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.

Saat ini hampir semua jenis mobil dengan berbagai tipe sudah memiliki fitur lengkap. Semua perusahaan juga memberikan fitur keselamatan sabuk pengaman pada produksinya.

Mengingat fungsinya yang cukup penting, naka Anda harus mengenakannya ketika berkendara.

Sabuk pengaman sengaja dirancang untuk bisa melindungi para pengendara mobil. Banyaknya korban kecelakaan membuat fitur keselamatan yang satu ini penting adanya.

Saat mobil mengalami kecelakaan maupun benturan, penumpang dan pengemudi biasanya akan terlempar atau membentur bagian depan tanpa menggunakan sabuk pengaman. Hal inilah yang dapat menimbulkan risiko kematian akibat kecelakaan.

Sabuk pengaman atau safety belt memang merupakan alat yang digunakan untuk menahan penumpang tetap dalam posisi duduknya. Agar lebih jelas, sebaiknya Anda simak ulasanya berikut ini.

Baca Juga : Komponen Transmisi Otomatis pada Mobil Matic dan Fungsinya

Fungsi Sabuk Pengaman Mobil

Seatbelt atau biasa disebut dengan sabuk pengaman memiliki fungsi yang cukup penting. Sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan yang enggan untuk menggunakannya.

Bahkan beberapa orang hanya menggunakannya ketika ada razia dari pihak kepolisian saja. Padahal fungi dari seatbelt itu sendiri menunjang keselamatan pengemudi dan penumpang.

Cara pemakaiannya yaitu dengan mengikat penumpang yang duduk pada kursi tersebut. Bahannya yang elastis mampu meningkatkan kenyamanan pada penggunaannya.

Ada banyak fungsi yang bisa Anda dapatkan dengan penggunaan sabuk pengaman. Fungsi tersebut antara lain:

Meningkatkan Rasa Nyaman saat Berkendara

Fungsi utama dari sabuk pengaman mobil yaitu memberikan kenyamanan. Dengan memakainya, penumpang akan memiliki posisi duduk yang nyaman dan tenang. Bahkan tidak hanya pada posisi darurat saja.

Baca Juga : Komponen Kopling Mobil Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Kerjanya

Pada kondisi apapun Anda akan tetap merasa aman meski saat mengantuk. Mengingat fungsinya mampu menahan keberadaan penumpang duduk pada posisi yang sama. Anda wajib memakainya meski tidak ada razia sekalipun.

Menahan Penumpang Tetap Dalam Posisi yang Sama

Ada banyak fungsi yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan seatbelt. Seperti yang sudah jelas sebelumnya, fungsi utamanya sebagai penahan penumpang agar tetap pada tempat duduknya.

Sehingga ketika terjadi benturan keras atau kecelakaan dan pengereman mendadak, Anda tidak akan terlempar. Hal ini karena sabuk pengaman mampu menahan tubuh.

Jika benturan cukup keras, kemungkinan besar penumpang akan terlempar keluar mobil cukup jauh. Kondisi inilah yang membahayakan keselamatan penumpang.

Melindungi Bagian Terpenting Badan

Ketika mobil melakukan pengereman mendadak, sudah pasti tubuh akan ikut terdorong ke depan. Dengan adanya sabuk pengaman mobil, kondisi ini bisa terhindari.

Baca Juga : Semir Ban Mobil dan Dampak Buruknya Jika Terlalu Sering

Risiko terkena benturan pada bagian terpenting tubuh akan berkurang. Misalnya pada area wajah dan kepala yang dapat terbentur benda keras bagian depan. Selain mampu melindungi bagian kepala bagian depan, tubuh pun juga akan aman.

Hal ini karena sabuk pengaman diaplikasikan untuk melindungi sebagian tubuh. Jika bagian depan tubuh atau kepala terbentur, akibatnya cukup fatal. Bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Bagian-bagian dari Sabuk Pengaman

Agar Anda merasa yakin jika seatbelt penting, berikut ini adalah bagian-bagiannya. Adapun bagian dari sabuk pengaman mobil yaitu pita atau webbing yang berfungsi sebagai tali pengikat.

Sehingga posisi Anda tetap pada kondisi seperti awal. Ada juga bagian pengait yang berfungsi untuk mengaitkan antar webbing dengan locking retractors.

Kemudian ada pula bagian komponen lain pada sabuk pengaman, yaitu locking retrato. Berfungsi untuk mengunci bagian ujung webbing ke pengunci agar ngelock.

Dengan mengetahui bagian-bagian dan fungsinya, tentu Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya. Bahkan dengan menggunakan justru mampu meningkatkan rasa aman dan nyaman saat berkendara.

Tidak hanya itu, saat terjadi kecelakaan dan benturan keras, risiko terlempar yang mengakibatkan kematian pun akan berkurang. Pentingnya sabuk pengaman mobil ikut mengambil peran dalam keselamatan berkendara.

Melihat banyaknya fungsi sabuk pengaman mobil, sudah menjadi keharusan untuk mengenakannya saat berkendara. Hal ini penting demi keselamatan diri sendiri. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru