Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruSakit Jantung Pada Usia Muda, Kenali Pemicu dan Penyebabnya

Sakit Jantung Pada Usia Muda, Kenali Pemicu dan Penyebabnya

Sakit jantung pada usia muda belakangan ini semakin banyak saja jumlah kasusnya. Ada beberapa faktor pemicu dan penyebab gangguan pada jantung ini. Seperti gaya hidup yang tidak sehat dengan sering mengonsumsi makanan instan.

Sakit jantung merupakan sebuah jenis penyakit yang menakutkan dengan risiko kematian tertinggi setelah kanker. Gangguan ini merupakan salah satu pembunuh nomor satu di dunia.

Jenis penyakit ini merupakan penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah dan tentunya jantung manusia.

Penyakit ini dapat terjadi terutama karena pola hidup yang tidak sehat, sering mengonsumsi kolesterol tinggi, maupun karena berbagai komplikasi lainnya.

Terjadinya serangan pada organ jantung ini sangat membutuhkan pertolongan pertama yang sangat cepat dan tepat kambuh. Jika tidak, maka penderitanya sangat berisiko meninggal pada saat itu.

Pemicu Sakit Jantung Pada Usia Muda

Anda dapat mengenali berbagai faktor penyebab terjadinya gangguan jantung. Ini sangat penting agar membantu Anda untuk menerapkan pola hidup yang sehat dan nantinya dapat terhindar dari penyakit ini.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Jantung dengan Bahan Herbal Alami

Berikut ini beberapa faktor pemicu maupun penyebab terjadinya sakit jantung pada usia muda yang sebaiknya Anda kenali dan waspadai.

Pola Hidup yang Buruk

Faktor yang pertama perlu Anda kenali adalah gaya hidup yang buruk. Pola hidup yang buruk dan tidak sehat bahkan merupakan salah satu faktor utama pemicu terjadinya serangan jantung.

Kurangnya berolahraga hingga terlalu sering mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi dapat memicu gangguan pada organ jantung.

Makanan yang berlemak tinggi akan menyebabkan penimbunan lemak dan kolesterol tinggi pada pembuluh darah.

Ini tentunya akan bisa menyebabkan terganggunya peredaran darah yang menuju ke jantung. Hal tersebut dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Tingginya Kolesterol

Faktor yang kedua adalah tingginya kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah merupakan salah satu pemicu utama terjadinya sakit jantung pada usia muda.

Baca Juga : Penyebab Sakit Dada Tapi Bukan Gejala Serangan Jantung, Apa Saja?

Kolesterol jahat menggumpal serta menempel dengan membentuk plak pada pembuluh darah. Kondisi ini akan memicu adanya aterosklerosis yang menyebabkan tekanan darah tinggi hingga risiko serangan jantung.

Anda dapat mengontrol dan melakukan pengecekan kolesterol secara rutin. Ini penting agar mengetahui kadar kolesterol pada tubuh Anda.

Perlu Anda ketahui pula bahwa kadar kolesterol yang normal sebaiknya selalu kita jaga agar berada kurang dari 100 mg/dl.

Diabetes

Faktor pemicu gangguan jantung lainnya adalah diabetes. Ini merupakan salah satu penyakit yang bisa memicu resiko serangan jantung.

Diabetes sendiri akan menyebabkan penebalan pada pembuluh darah. Sehingga kondisi tersebut akan menyebabkan lambatnya aliran darah ke jantung.

Dengan menjaga kadar gula darah, Anda dapat mencoba untuk terhindar dari risiko diabetes yang dapat memicu resiko terjadinya serangan jantung.

Baca Juga : Gangguan Sistem Peredaran Darah, dari Tensi, Jantung, hingga Stroke

Hipertensi

Faktor yang lain terjadinya sakit jantung pada usia muda adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi merupakan salah satu faktor pemicu serangan jantung yang sebaiknya Anda waspadai.

Hipertensi ternyata tak hanya menimpa kalangan orang tua dan lanjut usia. Bahkan saat ini semakin banyak juga orang yang masih berusia muda terkena penyakit ini.

Jika Anda menderita hipertensi, maka Anda harus lebih berhati hati. Utamanya dalam menjaga menjaga pola makan serta gaya hidup sehat.

Pasalnya, tekanan darah tinggi akan menjadikan jantung bekerja lebih keras. Hal ini tentunya akan lebih membebani pembuluh darah, sehingga risiko terjadinya serangan jantung juga semakin tinggi.

Obesitas

Faktor pemicu sakit jantung pada usia muda yang juga sering terjadi adalah obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan faktor yang dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Pasalnya, penderita obesitas akan mengalami kelebihan lemak jahat yang menggumpal. Lemak ini nantinya dapat menggumpal dan menumpuk pada pembuluh darah.

Kondisi inilah yang bisa menyebabkan tersumbatnya aliran darah ke jantung. Penyakit ini dapat memicu serangan jantung lebih cepat ketimbang beberapa penyakit lainnya.

Anda dapat membantu mencegah terjadinya serangan jantung dengan mengurangi obesitas atau berat badan. Utamanya lagi dengan melakukan diet dan menjaga pola makan yang sehat.

Itulah beberapa faktor pemicu sakit jantung pada usia muda yang perlu kita waspadai. Dengan mengetahui beberapa faktor penyebab penyakit jantung tersebut mendorong kita untuk menjaga gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -