Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita TerbaruSalat Malam Selain Tahajud, Mendatangkan Pahala Melimpah

Salat Malam Selain Tahajud, Mendatangkan Pahala Melimpah

Salat malam selain tahajud menjadi pembahasan yang sangat penting. Bagi kita yang umat Islam, pastinya pengetahuan tersebut akan sangat bermanfaat. Karena bukan tidak mungkin jika hal tersebut akan memberikan pengaruh dalam kehidupan kita.

Bagaimana maksudnya? Terkadang memang ada beberapa orang yang semangat untuk mendekatkan diri kepada Allah setelah mengetahui hal-hal atau ilmu baru.

Mungkin kebanyakan orang hanya memahami salat malam itu tidak ada kecuali tahajud. Padahal dalam Islam terdapat beberapa salat yang bisa kita kerjakan atau dianjurkan untuk dilakukan pada malam hari.

Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa salat merupakan salah satu amalan yang kelak akan dihisab pertama kali. Bisa juga kita katakan bahwa semua perbuatan kita semasa di dunia bergantung pada salat.

Seperti halnya, salat merupakan tiang agama. Coba saja kita ibaratkan dengan bangunan. Bagaimana kalau tiangnya saja tidak menggunakan bahan yang berkualitas. Apakah tidak mungkin jika semua bangunan tersebut akan roboh.

baca juga: Waktu Terbaik Shalat Tahajud dalam Islam Agar Do’a Terkabul

Deretan Salat Malam Selain Tahajud dalam Ajaran Islam

Karena dalam agama kita mengajarkan bahwa bukan hanya salat tahajud saja yang baik untuk kita lakukan pada malam hari, maka sudah menjadi kewajiban kita juga mengetahui dan sebisa mungkin melaksanakannya. Walaupun itu merupakan salat sunnah.

Bagaimana hukum sunnah itu? Jika kita mengerjakan, maka kita akan mendapatkan pahala. Tetapi jika tidak mengerjakan, maka tidak jadi mengapa atau tak akan menambah dosa.

Tarawih dan Witir

Untuk salat malam selain tahajud ini mungkin sudah tidak asing lagi. Pasalnya, dalam setiap tahunnya kita pasti melakukannya. Lebih tepatnya adalah ketika bulan Ramadhan.

Bisa juga kita katakan bahwa salat ini menjadi ciri khas Ramadhan. Perlu Anda ketahui juga bahwa salat ini merupakan salat yang istimewa.

Mengapa ini termasuk salat malam? Secara logikanya saja begini, pada bulan Ramadhan, pernahkah Anda melaksanakan salat tersebut pada siang hari? Setelah salat zuhur, Ashar, atau subuh misalnya?

Hal yang demikian ini juga berkaitan dengan hadis riwayat Muslim, Dari Aisyah istri Nabi Muhammad, Rasulullah sudah melakukan salat setelah isya sampai datangnya waktu fajar sebanyak 11 rakaat, mengucapkan salam setiap dua rakaatnya, serta menambah witir satu rakaat.

Jadi, dengan mengacu ke hadis tersebut, kita akan mendapatkan penjelasan yang jelas. Apalagi, hal yang demikian itu juga sudah Nabi Muhammad lakukan.

Setelah mengerjakan salat sebanyak 11 rakaat (tarawih), kemudian salat witir, setelah masuk waktu isya sampai sebelum datangnya waktu subuh.

baca juga: Syarat Menjadi Imam dalam Islam yang Menyempurnakan Pahala Shalat

Tahiyatul Masjid

Berbicara tentang tahiyatul masjid, sudah pasti kita pernah melakukannya. Apa itu salat tahiyatul masjid? Ini merupakan salat atau amalan yang bertujuan untuk menghormati masjid?

Masjid menjadi rumah yang sangat istimewa atau rumah Allah. Untuk itu, salat adalah cara kita menghormati tempat istimewa tersebut.

Kenapa tahiyatul masjid termasuk dalam salat malam selain tahajud? Alasannya, kapan saja kita setelah sampai masjid, boleh untuk melakukan amalan sunnah tersebut.

Misalnya saja, kita sampai masjid itu jam 8 malam. Sebab perjalanan jauh, berhenti di masjid untuk istirahat sejenak. Apakah setelah wudhu kemudian kita berniat untuk melaksanakan salat sunnah tersebut tidak diperbolehkan?

Boleh-boleh saja bukan? Memang waktu afdhalnya itu adalah setelah kita memasuki rumah Allah tersebut. Dengan demikian, hal tersebut adalah sah-sah saja.

baca juga: Menangis Saat Shalat Ternyata Berbahaya, Simak Penjelasannya

Taubat

Kemudian ada salat tobat yang juga termasuk dalam salah satu bagian salat malam selain tahajud. Bisa kita lihat dari namanya saja sudah sangat tampak.

Memang salat ini mempunyai tujuan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya. Sebagai manusia yang tidak sempurna, pastinya kita juga mempunyai banyak dosa.

Lebih banyak orang juga yang menyarankan untuk melakukannya pada bulan Ramadhan. Sebab, Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan ampunan.

Lebih baik lagi jika kita lakukan pada malam hari, ba’da salat witir. Salat hajat juga masuk dalam kategori salat malam selain tahajud.

Biasanya mereka yang melakukan tersebut, tujuannya adalah semoga Allah SWT mengabulkan apa yang sudah dicita-citakan dan usahakan dengan maksimal. Kemudian untuk salat ba’diyah dan qobliyah juga merupakan salat malam selain tahajud. (Muhafid/R6/HR-Online/Editor Muhafid)