Jumat, Desember 3, 2021
BerandaBerita TerbaruSedekah untuk Orang yang Sudah Meninggal dengan Beberapa Amalan

Sedekah untuk Orang yang Sudah Meninggal dengan Beberapa Amalan

Sedekah untuk orang yang sudah meninggal, sebenarnya perlu atau tidak? Tapi, apakah orang tersebut masih bisa menerima pahalanya? Apakah Allah SWT juga masih menerimanya?

Mengenai pertanyaan tersebut, sampai sekarang ini masih menghiasi kepala. Terkadang kita juga berpikir apa yang bisa kita lakukan untuk mereka yang sudah meninggal, kecuali mendoakannya?

Ya, mungkin salah satu tujuan terhadap apa yang kita lakukan tersebut adalah untuk membantu meluaskan kubur dan meringankan siksa kuburnya. Tapi, bagaimana bisa?

Lagi-lagi keraguan yang terus menghantui. Tetapi, ketahuilah bahwa dalam ajaran Islam itu memang terdapat ajaran melakukan sedekah untuk mereka yang sudah meninggal. Akan tetapi, juga harus kita lakukan dengan cara tertentu. Hal ini supaya apa yang menjadi tujuan kita juga bisa terwujud.

baca juga: Sedekah Harta yang Paling Dicintai dalam Agama Islam

Amalan Sedekah untuk Orang yang Sudah Meninggal dalam Islam

Perlu Anda ketahui, sedekah atau amal itu terdapat dua jenis. Pertama adalah sedekah yang pahalanya sekali dan akan berhenti. Kedua adalah pahala yang tidak akan putus atau terus mengalir. Amalan yang pahalanya terus mengalir itu dalam ajaran Islam adalah amal jariyah.

Jadi, alangkah lebih baiknya apabila kita ingin bersedekah untuk mereka yang sudah meninggal. Lebih baik yang memiliki pahala tidak terhenti atau amal jariyyah. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk beramal jariyyah.

baca juga: Tata Cara Sedekah Subuh Mempermudah Anda dalam Menyalurkannya

Hadis Riwayat Imam Muslim

Dari Abu Hurairah ra, ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasul, “Sesungguhnya ayahku telah meninggal dan tak meninggalkan pesan. Apa bermanfaat baginya bila aku bersedekah ?” Rasul menjawab “Ya.”

Selanjutnya dari Sa’ad ra, sesungguhnya ia bertanya kepada Rasul, “Ya Nabi Allah, sesungguhnya ibuku sudah meninggal dunia, dan aku tahu andai ia hidup maka pasti bersedekah.

Apakah jika aku bersedekah berguna untuknya?” Rasul menjawab “Ya.” Kemudian ia tanya kepada Rasul, “Sedekah apa yang paling bermanfaat?” Rasul bersabda, “Air”. Lalu ia membuat sumur, dan Rasul bersabda “Ini untuk ibu Sa’ad”.

Kenapa menggali sumur menjadi sedekah untuk orang yang sudah meninggal? Karena, air yang sudah dimanfaatkan oleh banyak orang akan menjadi amal jariyah.

Sudah berapa banyak orang yang memanfaatkan air dari sumur tersebut? Apakah mereka terbantu dengan adanya sumur tersebut? Tentu saja, apalagi saat musim kemarau tiba.

Selain itu, Indonesia atau lingkungan sekitar kita masih terdapat warga yang kekurangan sumber air bersih. Maka dari itu, kita penting sekali membaca keadaan. Jika terdapat peluang untuk melakukan sedekah, lakukan saja.

Tidak perlu berpikir dua kali. Mungkin berdasarkan hitungan manusia, harta kita akan berkurang dalam melakukan sedekah untuk orang yang sudah meninggal. Tetapi, Allah akan melipatgandakan.

baca juga: Perbedaan Sedekah, Hibah dan Hadiah, Apa Saja? Jangan Sampai Salah

Hadis Ibnu Majah

Dalam hadis riwayat Ibnu Majah menjelaskan bahwa terdapat amal kebaikan yang kedahsyatannya bisa menyusul mereka yang sudah meninggal. Salah satunya adalah ilmu yang disebarkan.

Bagaimana maksudnya? Jika kita memiliki ilmu, maka alangkah lebih baiknya mengamalkan dan menyebarkannya. Jadi, apabila kita kelak meninggal, pahala dari amalan tersebut masih akan kita terima.

Sedekah untuk orang yang sudah meninggal lainnya yaitu anak sholeh, mushaf Al-Qur’an yang sudah ia wariskan, masjid yang ia bangun, rumah untuk perantau, sungai irigasi, dan sedekah harta ketika ia masih hidup.

Jadi, apabila seseorang belum meninggal dan melakukan salah satu amalan tersebut, maka pahalanya tetap akan ia dapatkan meskipun sudah tiada nantinya.

Dengan demikian, apabila kita ingin bersedekah untuk orang yang sudah meninggal, kita bisa memilih salah satu di antara beberapa amalan tersebut. Bisa membangun masjid, membuat sumur, mewariskan Al-Qur’an, dan yang lainnya.

Jika kita amati lebih jauh lagi, Indonesia ternyata juga masih terdapat banyak masjid yang mengalami kerusakan parah. Bahkan, masih banyak muslim Indonesia yang belum memiliki tempat ibadah layak. Anda juga bisa memberikan sedekah tersebut di lingkungan sekitar kita.

Oleh sebab itu, untuk menjawab pertanyaan apakah masih bisa bersedekah untuk mereka yang sudah meninggal? Jawabannya adalah tentu saja bisa.

Apalagi, kematian itu adalah hal pasti dan akan menghampiri setiap yang bernyawa. Hendaknya kita juga tetap mendoakan serta melakukan sedekah untuk orang yang sudah meninggal tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -