Jumat, November 26, 2021
BerandaBerita TerbaruSepatu Nyaman untuk Lansia Mengurangi Risiko Cedera Saat Beraktivitas

Sepatu Nyaman untuk Lansia Mengurangi Risiko Cedera Saat Beraktivitas

Sepatu nyaman untuk lansia wajib diperhatikan dalam pemilihannya. Apalagi mengingat lansia banyak yang mengalami perubahan bentuk kaki. Sehingga membuat tips pemilihan menjadi jalan terbaik untuk membuatnya tetap merasa nyaman.

Selain bentuk kaki yang berubah seiring usianya, tentu banyak faktor yang mempengaruhi. Apalagi mengingat sepatu menjadi salah satu item yang memiliki fungsi cukup penting.

Selain untuk membuat kaki lebih nyaman dan terlindungi, dengan penggunaan sepatu membantu tampilan semakin menarik. Hal ini juga masih berlaku untuk lansia.

Justru karena usianya yang sudah lanjut, membuat penggunaan sepatu menjadi salah satu yang berperan penting. Maka dari itulah, ada baiknya jika menggunakan tips tepat untuk mendapatkan sepatu nyaman bagi lansia.

Baca Juga: Cara Mencuci Sepatu Tanpa Air, Mudah, Efektif, dan Anti Ribet

Cara Memilih Sepatu Nyaman untuk Lansia

Pemilihan sepatu yang tepat akan membantu mengurangi risiko cedera pada semua orang, termasuk lansia. Seiring bertambahnya usia, tentu bentuk kaki juga bisa mengalami perubahan.

Sehingga butuh cara tepat mendapatkan sepatu yang nyaman untuk beraktivitas. Bahkan banyak keluhan yang lansia derita sehingga perlu waspada dalam pemilihan sepatu.

Agar tidak salah pilih, berikut ini ada beberapa cara tepat yang bisa Anda lakukan sebelum menentukan sepatu. Sehingga risiko cedera atau kurangnya kenyamanan pada lansia bisa teratasi.

Bantalan Memadai

Cara menentukan sepatu nyaman untuk lansia yaitu dari segi bantalannya. Sebaiknya pilih sepatu dengan bantalan yang lunak. Sehingga mampu mengurangi efek benturan pada bagian punggung dan pinggul kaki.

Hal ini akan terasa kenyamanannya ketika sepatu Anda gunakan untuk berjalan atau saat terkena benturan keras.

Baca Juga: Sepatu Teplek Karet, Tampil Fashionable Sesuai dengan Bentuk Kaki

Penutup dengan Velcro

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih sepatu, terutama untuk lansia. Anda bisa pastikan kenyamanannya tinggi sehingga akan membantu aktivitas lebih baik.

Lansia perlu mengikat sepatu yang berfungsi agar tidak mudah lepas. Pilih pengikat dengan velcro agar tidak terlalu kencang dan mudah dibuka.

Sol Anti Slip

Hal penting lainnya yang bisa Anda perhatikan ketika memilih sepatu nyaman untuk lansia yaitu dari bagian solnya. Bagian ini menjadi salah satu hal penting untuk menjaga stabilitas sehingga mengurangi risiko lansia terjatuh.

Hak Rendah

Menentukan hak untuk lansia tentu harus yang rendah. Hal ini mengurangi risiko kaki sakit. Hak yang lebar dan agak terangkat dapat membantu mengurangi ketegangan tungkai dan kaki.

Baca Juga: Cara Mencuci Sepatu Vans Sendiri dengan Bahan Sederhana

Sol Dalam yang Dapat Dilepas

Tingkat kenyamanan seseorang saat memakai sepatu bisa dari beberapa faktor. Namun untuk lansia, sebaiknya memilih sol bagian dalam sepatu yang bisa kita lepas. Sehingga membuat rasa nyaman tetap terjaga meski beraktivitas dalam waktu lama.

Memilih sepatu nyaman untuk lansia tentu tidak bisa sembarangan. Pastikan Anda menggunakan tips tepat agar risiko cedera atau kurang nyaman bisa terhindari. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru