Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita CiamisSi Keren Hallo Cinta, Upaya Pembinaan Kesehatan Remaja di Ciamis

Si Keren Hallo Cinta, Upaya Pembinaan Kesehatan Remaja di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebagai upaya perluasan dan efektifitas pembinaan kesehatan pada usia remaja, Dinas Kesehatan Ciamis mengembangkan sebuah sistem informasi kesehatan remaja hallo cinta atau Si KeRen Hallo Cinta.

Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Ciamis, Eni Rochaeni menjelaskan, Si KeRen Hallo Cinta atau kontak informasi tangani kesehatan ini merupakan wahana interaksi remaja dan para pembina kesehatan remaja. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan remaja.

“Kemudian self assesment kesehatan remaja dan skrining atau deteksi dini kesehatan pada usia remaja,” jelasnya, Selasa (9/11/2021) setelah kegiatan FGD bersama SKPD terkait dan organisasi kepemudaan Ciamis, di Aula Dinkes Ciamis.

Baca Juga: Dinas Pertanian Ciamis Perkenalkan Metode Bak Tanaman

Menurutnya, permasalahan kesehatan yang muncul saat ini perlu diintervensi sejak awal. Eni menyebut permasalahan tersebut seperti stunting, penyakit menular, penyakit tidak menular, kesehatan lingkungan dan lainnya.

“Intervensi yang dilakukan di antaranya pembinaan kesehatan pada masyarakat dengan usia anak-anak remaja,” tuturnya.

Eni mengatakan, Si KeRen Hallo Cinta sendiri mempunyai visi mewujudkan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat dimulai sejak usia remaja.

Selain itu misinya adalah meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mewujudkan kesehatan diri dan keluarga sejak usia remaja.

“Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja juga pembina UKS atau pembina unit dalam bidang kesehatan. Selanjutnya mewujudkan penanggulangan masalah-masalah kesehatan yang terpadu dan bermutu tinggi sejak usia remaja,” ucapnya.

Eni berharap dengan adanya sistem informasi Si KeRen Hallo Cinta ini bisa menjaga kesehatan pada usia anak-anak dan remaja. (Ferry/R7/HR-Online/Editor-Ndu)