Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruSifat Bayangan Lensa Cembung pada Pembiasan, Apa Saja?

Sifat Bayangan Lensa Cembung pada Pembiasan, Apa Saja?

Sifat bayangan lensa cembung menjadi salah satu pembahasan yang penting tentang pembiasan cahaya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya penggunaan lensa cembung dalam kehidupan sehari-hari sangatlah beragam.

Hanya saja, sebagian orang mungkin tidak menyadari akan hal tersebut. Anda pernah menggunakan kacamata, teropong, lup, dan kamera? Nah, dalam kehidupan sehari-hari tentunya benda-benda tersebut sangat sering kita jumpai.

Perlu Anda ketahui bahwa benda-benda tersebutlah yang menjadi pengguna dari lensa cembung. Tahukah Anda apa itu lensa cembung? Mungkin dahulu kita pertama kali mendengar pembahasan mengenai lensa cembung ini saat duduk di bangku SD.

Baca Juga: Fungsi Lensa Okuler dalam Mikroskop, Termasuk Bagian Optik

Mengenal Sifat Bayangan Lensa Cembung dalam Pembiasan

Sebelum kita review sifat dari lensa cembung, harus mengetahui bagaimana pengertian serta karakteristik atau hal-hal yang berkaitan dengan lensa cembung.

Perlu Anda garis bawahi bahwasanya lensa cembung merupakan salah satu jenis lensa yang banyak terpakai dalam kehidupan manusia.

Lensa cembung merupakan benda bening yang tembus cahaya, tetapi bagian tengahnya lebih tebal daripada tepi. Untuk penggunaannya sendiri, seperti yang sudah tertuang bagian sebelumnya bahwa terdapat pada kacamata, kamera, dan lup.

Selain itu, lensa yang satu ini juga mempunyai beberapa jenis. Ada bikonveks atau lensa yang terlihat cembung-cembung.

Kemudian ada juga plankonveks atau lensa yang terlihat cembung-datar. Terakhir adalah konkaf-konveks. Jenis yang satu ini merupakan lensa yang tampak cembung-cekung.

Sedangkan untuk sifat lensa cembung adalah, konvergen atau mengumpulkan. Selanjutnya, kita akan membahas tentang sifat bayangan lensa cembung. Untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana sifat bayangan dari lensa yang satu ini, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Mudah, Simak Penjelasan Ini

Benda di Ruang 1 (Antara O dan F2)

Apabila benda Anda letakkan antara titik fokus F2 dan pusat optik lensa, menggunakan sinar istimewa pertama juga ketiga, maka sifat bayangan lensa cembung yang akan Anda dapatkan adalah maya, tegak, serta diperbesar. Tetapi letak bayangannya berada di depan lensa ruang 4.

F2 dan P2

Akan berbeda lagi jika Anda meletakkan benda di antara F2 dan P2. Dengan penggunaan sinar istimewa pertama dan kedua, maka sifat bayangan yang akan Anda dapatkan adalah nyata, perbesar, dan terbalik.

Berada di Titik Fokus Depan Lensa (F2)

Sifat bayangan tersebut akan berbeda lagi apabila benda Anda letakkan tepat pada titik fokus depan lensa F2. Dalam hal ini, Anda menggunakan sinar istimewa pertama dan ketiga, maka hasilnya adalah tidak akan terlihat. Hal ini terjadi karena sifat bayangannya adalah maya, tegak, juga diperbesar tak terhingga.

Baca Juga: Pengertian Usaha dalam Fisika, Ini Penjelasan, Rumus, dan Kaitannya

Titik Pusat Kelengkungan Kedua Lensa

Sedangkan jika benda tersebut Anda letakkan pada titik pusat kelengkungan kedua lensa atau P2. Dengan penggunaan sinar istimewa kedua dan ketiga, sifat bayangan dari lensa tersebut adalah terbalik, nyata, dan sama besar.

Akan berbeda lagi jika benda Anda letakkan berada di antara P2 dan ruang 3, sifat bayangan lensa cembung adalah diperkecil, terbalik, dan nyata. (R10/HR-Online)

- Advertisment -