Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruSifat Lensa Cekung dalam Pembelajaran dengan Penjelasan Detail

Sifat Lensa Cekung dalam Pembelajaran dengan Penjelasan Detail

Sifat lensa cekung menjadi salah satu pembahasan penting dalam pembiasan. Pemanfaatan dari jenis lensa yang satu ini seringkali kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah, memiliki peranan untuk membantu mereka yang menderita rabun jauh atau miopi supaya bisa normal kembali.

Jika kita melihat peranan dari lensa tersebut, memang sangatlah besar. Hal yang demikian itu, pastinya juga tidak bisa terlepas dari bagaimana sifat lensa. Sehingga, kehadirannya mempunyai peranan yang besar dalam kehidupan manusia.

Jadi tidak hanya lensa cembung saja yang mempunyai manfaat dalam kehidupan sehari-hari kita. Lensa cekung juga tidak boleh kita lupakan jasanya.

Baca Juga: Sifat Bayangan Lensa Cembung pada Pembiasan, Apa Saja?

Mengenal Sifat Lensa Cekung dalam Pembelajaran

Jika kita tiba-tiba membahas tentang bagaimana sifat dari lensa cekung, rasa-rasanya seperti ada yang kurang. Nah, supaya ilmu yang kita dapatkan itu lengkap membahas tentang seluruh yang berkaitan dengan lensa cekung, lebih baik kita ketahui terlebih dahulu bagaimana pengertiannya.

Perlu Anda ketahui bahwa lensa cekung merupakan lensa yang bagian permukaan itu lengkung menghadap ke dalam. Lensa yang satu ini mempunyai karakteristik utama yakni pada bagian tengahnya itu tipis daripada bagian tepi.

Umumnya juga lensa ini berbentuk lingkaran. Meskipun ada juga yang cekung tidak seperti lingkaran. Sama seperti halnya dengan lensa cembung, cekung ini terbuat dari kaca atau bisa juga plastik.

Dengan demikian, lensa ini mempunyai indeks bias lebih besar daripada indeks bias udara. Disebabkan mempunyai indeks bias yang lebih besar daripada udara saat ada seberkas sinar yang datang melewati permukaan lensa, maka terjadi peristiwa pembiasan cahaya.

Kemudian sifat lensa cekung adalah divergen atau menyebarkan sinar. Alasannya adalah sinar-sinar yang datang sejajar pada sumbu utama nantinya dibiaskan secara menyebar ke segala arah juga secara teratur.

Baca Juga: Fungsi Lensa Okuler dalam Mikroskop, Termasuk Bagian Optik

Jenis Lensa Cekung

Kurang afdol jika kita sudah mengetahui bagaimana sifat lensa cekung, akan tetapi kita tidak mengetahui apa saja jenisnya. Perlu Anda catat bahwa lensa ini terdiri dari bikonkaf atau cekung-cekung, cekung-datar atau pelakonkaf, dan cembung-cekung atau konveks-konkaf.

Dalam lensa cekung ini juga terdapat dua titik fokus. Titik fokus yang pertama atau aktif sama dengan F1, letaknya berada di depan lensa. Sedangkan F2 berada di belakang lensa.

Dengan alasan mempunyai fokus aktif yang berada di depan, maka fokus aktif dari lensa cekung adalah fokus maya serta jarak fokus lensa cekung memiliki tanda negatif. Oleh karena itu, lensa ini juga sering disebut dengan lensa negatif.

Baca Juga: Pembiasan Cahaya dan Sejarah Penemuannya

Sinar Istimewa

Sifat lensa cekung ternyata juga menjadi penyebab adanya sinar istimewa pada lensa tersebut. Lensa saja mempunyai sesuatu hal yang sifatnya istimewa. Penasaran bukan dengan bagaimana sinar istimewa pada lensa tersebut?

Pertama adalah sinar yang datang itu sejajar dengan sumbu utama. Kemudian akan terbiaskan dengan seolah-olah berasal dari titik fokus. Kedua adalah sinar yang datang itu seolah-olah menuju titik fokus lensa pertama atau F1.

Sehingga nantinya akan terbiaskan sejajar dengan sumbu utama. Terakhir adalah sinar yang datang itu melewati pusat optik lensa atau O juga tidak bisa untuk dibiaskan.

Jadi, apabila terdapat pertanyaan bagaimana sifat lensa cekung itu? Maka dengan memahami penjelasan ini, Anda akan mudah menjawab pertanyaan tersebut. (R10/HR-Online)

- Advertisment -