Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film Kadet 1947: Hari Ini atau Tidak Sama Sekali

Sinopsis Film Kadet 1947: Hari Ini atau Tidak Sama Sekali

Indonesia baru saja merdeka, proklamasi berdengung di seluruh penjuru negeri sejak tahun 1945. Tapi rakyat Indonesia tidak begitu saja lepas dari penjajahan selama ratusan tahun. Belanda ingin kembali menguasai Indonesia. Itulah yang menjadi latar dari sinopsis film Kadet 1947: Hari Ini atau Tidak Sama Sekali.

Film ini sempat tertunda penayangannya karena pandemi Covid-19, namun akhirnya tayang di seluruh bioskop Indonesia sejak Kamis, 25 November 2021.

Baca Juga: Sinopsis Love Hard, Kisah Wanita Ditipu Kencan Online

Bagi Anda yang berencana menonton film karya sutradara Rahabi Mandra ini, simak dulu sinopsisnya berikut ini.

Simak Perjuangan 7 Calon Perwira dalam Sinopsis Film Kadet 1947

Fokus cerita dalam film Kadet 1947 adalah tujuh orang calon perwira alias kadet saat operasi pengeboman di tiga kota.

Ketujuh kadet ini menampilkan aksi heroik saat pengeboman di kota Semarang, Salatiga dan Ambarawa.

Pemeran ketujuh kadet dalam film ini adalah para aktor ganteng yang idola remaja saat ini. Salah satunya adalah Baskara Mahendra yang berperan sebagai Sutardjo Sigit, satu dari tujuh kadet dalam sinopsis film Kadet 1947 ini.

Baskara Mahendra merupakan suami dari Sherina Munaf. Ia terkenal sebagai model dan juga aktor yang mumpuni.

Dalam film Kader 1947, Baskara juga akan beradu akting dengan Kevin Julio yang berperan sebagai Mulyono.

Selain Baskara Mahendra dan Kevin Julio, ada juga aktor lainnya yang berperan sebagai kadet dalam film ini.

Mereka adalah Ajil Ditto sebagai Suharnoko Harbani, Samo Rafael sebagai Bambang Satoadji, Wafda Saifan sebagai Sutardjo, Fajar Nugra sebagai Kapoet, dan Chicco Kurniawan sebagai Dulrachman.

Kembali ke sinopsis film Kadet 1947, Perang Dunia II sudah berakhir, Indonesia pun lepas dari penjajahan Belanda dan Jepang.

Sayangnya Belanda kembali untuk merebut kekuasaan. Mereka mulai melakukan pengeboman di tiga kota yang sebelumnya menjadi markas Belanda.

Tahun 1947, sarana publik milik Indonesia dijatuhi bom oleh Belanda. Tak mau tinggal diam, TNI AU mulai membalas.

Serangan balasan pun dilancarkan di Semarang, Salatiga dan Ambarawa dengan bom seberat 300 Kg.

Baca Juga: Sinopsis The Unforgivable, Sandra Bullock Eks Napi yang Tak Termaafkan

Selanjutnya dalam sinopsis film Kadet 1947, Sutardjo Sigit, Mulyono, Bambang Satoadji dan Suharnoko yang masih menjadi seorang kadet ingin ikut mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan terjun ke pertempuran.

Usia mereka masih muda, namun meraka sudah ikut berjuang bersama tentara yang lainnya.

Awalnya mereka mendapat pertentangan dari petinggi TNI AU. Mike Lucock yang berperan sebagai KASAU Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma menentang ambisi mereka untuk ikut berjuang.

Alasannya para kadet ini masih belajar di sekolah penerbang Angkatan Udara Maguwo. Mereka tidak mendapat izin untuk mengangkat senjata apalagi menerbangkan pesawat.

Para Petinggi TNI AU Menentang Ambisi Para Kadet

Selain Mike Lucock, dalam sinopsis film Kadet 1947 ada juga aktor yang memerankan petinggi TNI AU lainnya.

Mereka adalah Andri Mashadi sebagai Adisujipto, Ramadhan Al Rasyid sebagai Abdulrachman Saleh, dan Ibnu Jamil sebagai Halim Perdanakusuma.

Jika Anda jeli, nama-nama diperankan para aktor tersebut kini menjadi nama bandara di Indonesia. Bandara Adisucipto di Yogyakarta, Bandara Abdulrachman Saleh di Malang, dan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Baca Juga: Sinopsis Teka Teki Tika, Film Ernest Prakasa Bernuansa Knives Out?

Sementara itu, para kadet yang ingin ikut mengusir Belanda meminta bantuan sersan udara Tardjo (Wafda Saifan). Selain itu ada juga penembak udara bernama Dul yang diperankan oleh Chicco Kurniawan, dan Kapoet diperankan Fajar Nugra.

Jadilah ketujuh orang kadet tersebut terjun ke peperangan melawan Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia. Akankah mereka berhasil atau gugur dalam pertempuran? Anda sudah bisa menontonnya langsung di bioskop.

Latar Belakang Sejarah Film Kadet 1947

Setelah mengetahui sinopsis singkat film Kadet 1947, Anda juga perlu mengetahui latar belakang sejarah dalam film ini.

Pada tahun 1947, perjanjian Linggarjati ditandatangani oleh Indonesia dan Belanda. Salah satu isinya, Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia dan harus angkat kaki.

Namun Belanda yang masih tidak rela melepas Indonesia melanggar Perjanjian Linggarjati dan kembali ke Indonesia dengan menyerang sejumlah wilayah di Jawa dan Sumatera.

Peristiwa penyerangan Belanda pasca proklamasi Kemerdekaan ini terkenal dengan nama Agresi Militer Belanda 1.

Film Kadet 1947: Hari Ini atau Tidak Sama Sekali memang bertema sejarah, namun film ini memiliki unsur cerita lain yang relevan dengan anak muda. Selah perjuangan mempertahankan kemerdekaan, ada juga sisi komedi dan konflik yang biasa terjadi pada seorang anak muda.

Sinopsis film Kadet 1947 dan latar belakang sejarah di balik cerita dalam film ini sudah dikupas tuntas, kini tinggal Anda langsung menontonnya di Bioskop. Jangan lupa pakai masker dan vaksin dulu ya. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -