Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita PangandaranSitus Batu Kalde di Pangandaran Bakal Jadi Wisata Edukasi

Situs Batu Kalde di Pangandaran Bakal Jadi Wisata Edukasi

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Situs Batu Kalde yang berada di kawasan Cagar Alam Pangandaran, Jawa Barat, rencananya bakal dijadikan wisata edukasi oleh Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Pangandaran.

Saat ini tim peneliti dari Pusat Riset Geoteknologi BRIN dan Balai Arkeologi Jawa Barat sedang melakukan penelitian terhadap situs yang mengandung nilai sejarah tinggi itu.

Dari hasil temuan dan penelitian, Situs Batu Kalde yang berada dalam kawasan cagar alam itu akurat. Sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Hal tersebut disampaikan Kadis Pariwisata dan Budaya Kabupaten Pangandaran, Tonton Guntari kepada HR Online, Kamis (11/11/2021).

“Berdasarkan penelitian tim peneliti, sisa-sisa reruntuhan situs tersebut dapat direkonstruksi. Bangunan situsnya berupa sebuah joglo peninggalan jaman kerajaan,” terangnya.

Baca Juga : Pemandu Wisata Pangandaran Diberi Pembekalan Soal Cagar Budaya

Dalam riset tersebut tim peneliti menemukan batu-batu berbentuk bulat atau batu umpak. Jumlahnya ada 12 buah dan tersebar membentuk persegi panjang yang merupakan pilar-pilar dari joglo.

Selain itu, lanjut Tonton, hal lain yang menarik adalah batu-batu bulat yang tersebar membentuk persegi panjang. Jika ditarik garis diagonalnya maka garis lurus pada bagian tengahnya membentuk sudut 90 derajat, tepatnya ke arah Utara.

“Penelitian yang akurat dari para ahli maka kami berencana untuk membuat replika Situs Batu Kalde tersebut. Kami berharap kedepan situs ini bisa menjadi obyek wisata edukasi,” katanya.

Sehingga para wisatawan yang datang ke Pangandaran tidak hanya menikmati indahnya objek wisata pantai. Namun mereka juga bisa menambah wawasan dengan mengunjungi joglo atau Situs Batu Kalde.

Untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya akan bekerjasama dengan yang ahli di bidang pariwisata dan kebudayaan. Tujuannya agar pada saat wisatawan datang dan mengunjungi joglo Batu Kalde tidak salah informasi.

“Karena yang menyampaikan informasi tentang situs tersebut orang yang sudah ahli pada bidangnya. Tentunya orang tersebut yang kami tunjuk dan kami percaya,” pungkas Tonton. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva