Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruStang Motor Miring Ke Kanan, Ini Dia Cara Mengatasinya dengan Mudah

Stang Motor Miring Ke Kanan, Ini Dia Cara Mengatasinya dengan Mudah

Stang motor miring ke kanan merupakan masalah yang cukup berakibat fatal. Dalam hal ini, perlu adanya tindakan memperbaiki stang motor. Anda bisa meluruskannya dengan berbagai cara yang mudah.

Pecinta kendaraan roda dua pasti sudah paham mengenai cara yang dilakukan. Bagi Anda yang belum mengetahui, bisa mencari tahu cara terbaik meluruskan stang motor.

Pengendara akan merasa kurang nyaman saat membelokkan motor, baik ke kiri maupun belok ke kanan.

Akhirnya pengendara tidak stabil dan bisa menyebabkan kecelakaan. Tak heran jika banyak orang yang segera memperbaiki kendaraan mereka.

Cara Mengatasi Stang Motor Miring ke Kanan

Memiliki kendaraan roda dua adalah suatu kebutuhan tersendiri. Namun, banyak orang yang tidak menyangka bahwa kendaraan bermotor sering mengalami masalah pada stang.

Keadaan stang yang bengkok menyebabkan kondisi berkendara semakin terganggu. Berikut adalah cara untuk meluruskan stang yang bengkok.

Baca Juga : Akibat Spul Motor Rusak, Pengertian, Komponen, dan Ciri Ciri Kerusakan

Memastikan Segitiga dalam Posisi Sejajar

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dengan memastikan posisi stang agar sejajar. Stang yang bengkok biasanya diakibatkan karena dudukan stang tidak sejajar antara suspensi kiri dan kanan.

Ketika berkendara, maka stang berbelok dengan sendirinya. Sebenarnya Anda bisa melakukannya dengan mandiri untuk memperbaiki stang motor.

Namun, jika tidak berani atau tidak mampu mengerjakannya, Anda bisa pergi ke bengkel. Dalam hal ini, hanya perlu meluruskan kembali kedua garpu kiri dan kanan.

Usahakan posisi garpu tersebut bisa sejajar dan rata. Biasanya perbaikan terhadap stang bisa menggunakan fuller untuk mengatasinya.

Poros Kemudi Tidak Diikat Terlalu Kencang

Mengatasi stang motor miring ke kanan bisa dengan mengikat poros kemudi, namun tidak terlalu kencang. Ketika Anda mengikatnya terlalu kencang, maka poros akan terasa lebih berat.

Baca Juga : Fungsi CDI Motor pada Sistem Pengapian Lengkap dengan Komponennya

Hal ini mengakibatkan kondisi stang tidak stabil dan terlihat bengkok. Perkara ini bisa Anda rasakan ketika berkendara atau mencoba motor tersebut.

Agar bisa mengatasi posisi stang kembali normal, maka perlu membenahi posisi ikatan. Dalam hal ini, Anda perlu mengikatnya dengan kekuatan standar.

Anda bisa melihat materinya pada buku panduan. Secara perlahan Anda akan memahami materi tersebut dengan mudah.

Dengan begitu, motor bisa kembali sempurna dan dapat dibawa berkendara menembus berbagai perjalanan.

Memastikan Komstir Sepeda Motor Tidak Rusak

Penyebab stang motor miring ke kanan bisa karena kompstir mengalami kerusakan. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Sehingga mengetahui masalah apa yang terjadi dan menyebabkan stang miring.

Apabila komstir mengalami masalah, maka saat berkendara akan terasa tidak nyaman. Hal ini menandakan stang sudah mulai bengkok.

Baca Juga : Komponen Roda Belakang Sepeda Motor, Kenali Bagian dan Fungsinya

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus memastikan komstir tidak rusak. Posisi komstir harus pada tempatnya agar berkendara menjadi lebih stabil. Anda juga tidak mengalami berbagai masalah baru seperti sesuatu yang tidak diinginkan.

Selain kompstir, penyebab stang motor miring ke kanan adalah kondisi gas hidrogen pada ban yang tidak stabil. Anda perlu menambah gas hidrogen ke bengkel terdekat agar isiannya sesuai kebutuhan.

Memeriksa Kondisi Pelek

Stang motor yang bengkok bisa Anda cek dengan memeriksa kondisi pelek. Proses pemeriksaan ini cukup dengan membawanya ke bengkel.

Sebenarnya Anda cukup menggunakan standar dua. Kemudian putar ban dan lihat gerakan roda tersebut.

Apabila bagian roda pelek ada yang bengkok, berarti stang juga bermasalah. Ketika ada bagian retak, lebih baik segera mengganti pelek dengan yang baru.

Memeriksa Bearing Roda

Stang motor miring ke kanan biasanya karena bearing roda bermasalah. Letak dari bearing roda berada di tengah dan berhubungan langsung dengan roda.

Anda perlu memeriksa bearing roda apa ada bantal pelurunya yang pecah. Jika rusak, maka perlu menggantinya dengan yang baru.

Cara memeriksanya dengan goyangkan roda ke kiri serta kanan. Jika oblak, segera cari bearing roda yang baru dan memasangnya dengan benar.

Carilah bearing roda yang sesuai dengan jenis motor. Pastikan kualitas komponen tersebut baik dan mampu memenuhi kebutuhan perbaikan stang.

Stang motor miring ke kanan masih bisa diatasi dengan berbagai cara sederhana. Anda tidak perlu membawanya ke bengkel selagi memiliki peralatan yang lengkap. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -