Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruSuka Memukul dan Menendang saat Tidur Ternyata Ini Penyebabnya

Suka Memukul dan Menendang saat Tidur Ternyata Ini Penyebabnya

Suka memukul dan menendang saat tidur cenderung dialami oleh beberapa orang. Bahkan gerakannya tidak dapat terkendali. Ketika tidur, tingkah polah seseorang memang berbeda-beda. Ada pula orang yang bisa tidur dengan kondisi diam.

Merangkum dari berbagai sumber, orang yang tidurnya melakukan pergerakan liar dan cenderung kasar mungkin ada sekitar 1,7 sampai 2 persen.

Penyebab Suka Memukul dan Menendang saat Tidur

Mengalami Fase Tidur REM

Seseorang yang tidurnya dengan melakukan tindakan kasar seperti memukul atau menendang bisa jadi penyebabnya karena mimpi yang mereka alami. Bahkan mereka bisa sampai berteriak saat tidur.

Baca Juga : Efek Negatif Kurang Tidur, Kenali Akibatnya Pada Kulit Wajah

Mimpi yang seperti ini masuk kedalam fase tidur REM (Rapid Eye Movement) dan menjadi masalah perilaku. Bahkan ada sejumlah kasus kriminal yang berkaitan dengan fenomena tersebut.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan di Kanada mencari tahu mengenai penyebab yang membuat seseorang suka memukul dan menendang saat tidur atau mengalami fase tidur REM.

Dalam penelitian itu menganalisis data 30 ribu partisipan. Dari data partisipan sebanyak itu ada beberapa faktor yang dapat teridentifikasi.

Konsumsi Obat Tertentu dan Alkohol

Peneliti dari McGill University, Ronald Postuma menjelaskan, walaupun masih banyak yang belum diketahui tentang masalah perilaku fase tidur REM. Namun bisa juga yang menjadi penyebab dalam masalah ini salah satunya konsumsi obat tertentu dan alkohol.

Baca Juga : Wanita Harus Biasakan Melakukan Ini Sebelum Tidur Malam

Dampak dari perilaku tersebut bisa menjadi sebagai tanda awal dari masalah saraf lainnya seperti demensia, multiple system atrophy, atau parkinson.

Bahkan dalam penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa, 38 persennya orang mengalami masalah tersebut dan kemudian harinya mengalami parkinson.

Biasanya seseorang mengalami parkinson antara 12-13 tahun setelah menampakan perilaku kekerasan ketika tidur, seperti suka memukul dan menendang.

Rentan Terjadi pada Orang Dewasa dan Lansia

Dalam penelitian ini terungkap bahwa orang dewasa dan lansia rentan mengalami masalah perilaku fase tidur REM, seperti suka memukul dan menendang saat tidur.

Baca Juga : Kebiasaan Tidur Telungkup Berbahaya Bagi Kesehatan, Jangan Lakukan!

Orang-orang yang mempunyai masalah perilaku tersebut saat tidur cenderung mereka itu mengalami tekanan psikologis, stres pasca trauma. Atau adanya gangguan kesehatan mental lainnya.

Konsumsi obat-obatan dan alkohol juga bisa meningkatkan risiko seseorang memiliki perilaku tindak kekerasan, seperti halnya suka memukul dan menendang saat tidur.

Ronald Postuma juga menjelaskan, mengidentifikasi faktor risiko dan gaya hidup seseorang dari gangguan fase tidur REM dapat berujung terhadap berkurangnya risiko orang tersebut mengidap gangguan masalah ini.

Orang dengan usia dewasa pertengahan dan lansia akan lebih rentan mengalami masalah tersebut. Tercatat pria lebih banyak mengalami masalah ini daripada wanita. (R3/HR-Online)

Editor : Eva