Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita CiamisSungai Cikara Meluap, 1 Rumah di Cipaku Ciamis Terendam Banjir

Sungai Cikara Meluap, 1 Rumah di Cipaku Ciamis Terendam Banjir

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sungai Cikara meluap akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Cipaku, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Minggu (14/11/2021).

Luapan air dari sungai tersebut membanjiri rumah Endon, warga RT 02/01, Desa Cipaku, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Ketinggian air yang masuk ke dalam rumahnya mencapai kurang lebih 60 centimeter.

Kasi Pemerintahan Desa Cipaku, Endang mengatakan, hujan deras yang mengguyur dari petang hingga malam itu menyebabkan Sungai Cikara meluap. Meski tidak menimbulkan kerusakan yang berarti, namun seluruh isi rumah terendam banjir.

Baca Juga : Ketua PPDI Cipaku Ciamis Minta Maaf Saat Rapat LPJ, Kenapa?

“Keberadaan rumah Bapak Endon berada di pinggir sungai dan letak rumahnya lebih rendah dari jalan raya. Jadi selain luapan air dari Sungai Cikara, air yang membanjiri badan jalan juga masuk ke rumahnya,” terang Endang.

Atas kejadian tersebut, Pemerintah Desa Cipaku menginstruksikan agar pemilik rumah beserta keluarganya untuk sementara pindah ke tempat yang lebih aman.

Sebab dikhawatirkan tebing Sungai Cikara tiba-tiba longsor. Karena tidak menutup kemungkinan konstruksi tanah tebing sungai tersebut menjadi labil.

“Sebagai antisipasi untuk menghindari terjadinya hal yang tidak kita harapkan, maka untuk sementara waktu harus pindah ke tempat yang aman. Terlebih luapan air terus semakin membesar,” kata Endang. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva