Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruTanda-tanda Kulit Alergi Pakaian dan Penyebabnya

Tanda-tanda Kulit Alergi Pakaian dan Penyebabnya

Tanda-tanda kulit alergi pakaian bisa dilihat dari adanya perubahan pada kondisi kulit ketika menggunakan pakaian dengan jenis bahan tertentu. Salah satunya kulit kemerahan dan terasa gatal.

Alergi pakaian ini dikenal dengan sebutan dermatitis kontak tekstil, dan yang menjadi penyebabnya adalah kontak langsung antara kulit dengan sesuatu zat akibat alergi.

Melansir dari ekspress, dokter kulit, Ophelia Veraitch mengatakan, pakaian serta jenis kain tertentu bisa membuat kulit Anda menjadi gatal yang meradang.

Alergi pakaian biasanya sering terjadi saat musim dingin. Karena, pada musim dingin bahan pakaian dengan bahan seperti wol dan kain sintetis sering digunakan.

Kenali Tanda-tanda Kulit Alergi Pakaian dan Faktor Penyebabnya

Baca Juga : Alergi Kulit pada Bayi dan Anak serta Cara Alami Mengatasinya

Reaksi Kekebalan yang Tertunda

Ophelia juga menyebutkan, ada dua penyebab yang menunjukkan munculnya tanda-tanda kulit alergi pakaian, yaitu reaksi kekebalan yang tertunda dan reaksi iritasi.

Adanya penambahan zat kimia selama memproduksi kain menjadi penyebab munculnya reaksi terhadap kekebalan atau alergi kontak.

Alergi kontak terjadi akibat penggunaan beberapa bahan kimia dalam industri pakaian saat proses finishing kain. Termasuk penggunaan resin finishing formaldehida, pewarna seperti para-phenylenediamine dan penghambat api.

Penambahan bahan-bahan tersebut saat finishing tujuannya agar kain untuk bahan pakaian ini bisa tahan terhadap air, serta tahan susut dan kerutan.

Baca Juga : Pertolongan Pertama Pada Alergi Kosmetik Menggunakan Bahan Alami

Reaksi Iritasi

Penyebab lain munculnya tanda-tanda kulit alergi pakaian yaitu reaksi iritasi. Ini biasanya lebih sering terjadi jika Anda menggunakan bahan pakaian dari jenis kain sintetis. Seperti poliester, nilon dan spandex ketimbang kain katun, linen dan sutra yang berbahan serat alami.

Selain kedua penyebab tersebut, Ophelia juga memperingatkan penyebab lain yang dapat menyebabkan kulit mengalami alergi, yaitu dari deterjen yang Anda gunakan.

Cara Mengenali Alergi Pakaian

Untuk bisa mengenali tanda-tanda kulit alergi pakaian, dokter menunjukkan adanya gatal, ruam merah, dan kulit bersisik. Kondisi ini sebagai gejala utama yang membuat Anda merasa tidak nyaman karena sangat mengganggu.

Baca Juga : Penyebab Gatal Pada Kulit yang Sering Terjadi dan Tak Disadari

Berikut ini tanda-tanda kulit Anda alergi pakaian;

1. Kulit kemerahan

2. Ruam pada kulit

3. Kulit terasa gatal

4. Pilek

5. Mata berair.

Area yang Terdampak

Namun terkadang gejala tersebut muncul setelah beberapa jam kulit bersentuhan dengan pakaian. Bahkan, bisa juga memakan waktu sampai berhari-hari atau hingga berminggu-minggu.

Bagian yang paling memungkinkan terkena dampaknya adalah area kulit yang paling dekat dengan pakaian, sehingga kain bergesekan langsung dengan kulit. Area tersebut meliputi bagian ketiak, belakang lutut, bokong dan selangkangan.

Dalam beberapa kasus, rasa gatal secara terus-menerus akibat kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi kulit.

Bahkan selain tanda-tanda kulit alergi pakaian, bisa juga kondisi tersebut menjadi tanda adanya gangguan kesehatan lainnya pada kulit. (R3/HR-Online)

Editor : Eva