Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita CiamisTebing Longsor Timbun Sawah saat Hujan Deras di Pamarican Ciamis

Tebing Longsor Timbun Sawah saat Hujan Deras di Pamarican Ciamis

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Sebuah tebing longsor timbun sejumlah petak sawah saat hujan deras di Desa Margajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (3/11/2021).

Kepala Desa Margajaya Koswara membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya longsor tersebut terjadi karena intensitas curah hujan yang sangat deras menguyur hampir setiap hari.

“Kejadian saat hujan turun pada hari Rabu kemarin,” katanya kepada Harapan Rakyat, Kamis (04/11/2021).

Koswara menjelaskan akibat tebing longsor yang timbun sawah, aktivitas pertanian menjadi terganggu. Para petani tidak bisa menggarap lahannya karena tertutup tanah.

Menurutnya, longsor ini berawal dari sebuah kolam ikan yang jebol karena tak kuat menampung air yang meluber. Kolam ikan itu berada sebelah atas sawah.

“Jadi begitu kolam ikan jebol, air kolam ikan ini langsung mengalir ke bawah. Sehingga kondisi ini menjadikan sebuah tebing longsor yang masuk ke area sawah. Untuk luas sawah yang tertimbun longsor ini kami belum bisa memperkirakan ada berapa hektar,” terangnya.

Mengingat cuaca memasuki musim penghujan. Koswara juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada. Ketika kondisi hujan dan berpotensi bencana, masyarakat sebaiknya mengungsi sementara ke tempat aman, untuk mengantisipasi adanya korban dan hal yang buruk lainnya.

“Mengingat Desa Margajaya merupakan kebanyakan lokasinya pegunungan, maka kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Intensitas hujan yang sangat tinggi saat ini bisa mengakibatkan banyak terjadi bencana seperti longsor dan banjir,” ujarnya. (Suherman/R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -