Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita CiamisTerinspirasi Guru Honorer di Ciamis, ACT Beri Kado Istimewa

Terinspirasi Guru Honorer di Ciamis, ACT Beri Kado Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Terinspirasi perjuangan guru honorer di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Aksi Cepat Tanggap (ACT) beri kado istimewa pada Hari Guru Nasional (HGN), Kamis (25/11/2021).

Ahmad Sofari, salah seorang guru honorer yang ditemui ACT di salah satu MTS di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, mengaku mendapat gaji minim, yakni Rp 500 ribu per bulan. Padahal Ahmad Sofari sudah mengabdi sebagai guru selama kurang lebih 30 tahun.

Karena gaji minim tersebut, guru lainnya Ipin yang juga seorang honorer di salah satu sekolah di Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis bekerja sampingan sebagai pengayuh odong-odong untuk menghidupi dua orang anaknya yang masih sekolah.

Keduanya mendapat kado istimewa dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Ciamis pada Hari Guru Nasional (HGN), Kamis (25/11/2021).

Herdiana sebagai Branch Manager ACT Ciamis mengungkapkan tim ACT mengunjungi beberapa sekolah yang berada di pelosok Ciamis. Dari sanalah ACT menemukan sosok guru inspiratif seperti Ahmad Sofari dan Ipin.  

“Saat menyambangi beberapa sekolah salah satunya kita bertemu dengan 

Bapak Ahmad Sofari yang saat ini mengajar di MTs Adawiyyah Al Mubarok Banjarsari,” katanya, Jumat (26/11/2021).

Menurut Herdiana, guru honorer tersebut sudah mengabdikan dirinya untuk mengajar selama 30 tahun. “Itu dengan gaji per bulannya hanya Rp 500 ribu,” katanya.

Selain itu, lanjut Herdiana, tim ACT Ciamis juga bertemu dengan Ipin guru honorer di salah satu sekolah di Kecamatan Cisaga.

“Bapak Ipin mengajar di MI Cisaga 2, ia bekerja sampingan sebagai pengayuh odong-odong sepeda hiburan anak untuk menghidupi dua buah hatinya yang masih usia sekolah,” lanjut Herdiana.

Herdiana mengaku terinspirasi dengan perjuangan dua orang guru honorer tersebut. “Meskipun beliau-beliau ini guru honor tapi tidak mengurangi semangatnya untuk mengajar. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang harus mengajar secara daring maupun luring,” katanya.

Baca Juga: Kesal Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Ciamis Cor Jalan dengan Swadaya

Menurut Herdiana, saat momen Hari Guru Nasional, ia mendapati para siswa sekolah dan walinya memberikan kado istimewa kepada para guru.

“Kita juga ketika ke sekolah para murid sangat antusias memberikan bingkisan bagi para guru itu,” katanya.

Andra salah seorang tim program ACT mengungkapkan, Global Zakat ACT memiliki program Sahabat Guru Indonesia. Penerima manfaatnya salah satunya adalah para guru di berbagai sekolah di Ciamis.

“Program Sahabat Guru Indonesia telah berjalan. Sudah ada ribuan guru honorer dan prasejahtera sebagai penerima manfaat, termasuk guru-guru di wilayah Jawa Barat,” ungkapnya.

Andra menerangkan, program tersebut merupakan wujud nyata ikhtiar Global Zakat bersama para dermawan untuk menyejahterakan para guru, baik di Ciamis maupun di Jawa Barat.

“Program Global Zakat ini senantiasa mengajak publik untuk ikut andil sebagai bagian dalam menyejahterakan para guru melalui ACT Cabang Ciamis,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online/Editor-Ndu) 

- Advertisment -